PUDING TAPE PANGGANG



Haloo....kali ini aku posting tentang salah satu dessert yang enaak banget, terutama bagi penggemar tape nih, yaitu puding tape panggang. Sebenarnya sih, tadinya males banget mau posting resep ini karena fotonya jelek  euy huhuhu. Tapi karena resepnya oke punya, jadi tetap aku posting deh. Resepnya kan lebih penting dibandingkan fotonya. Abaikan fotonya ya, tapi cobain deh resepnya  hihihi. 

Sebenarnya sudah lama pengen bikin puding tape panggang, tapi ternyata gak kesampaian karena asyik mencoba resep yang lain. Aku memang suka sekali dengan puding bakar, karena teksturnya yang lembut. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, Mbak Hesti posting tentang puding tape panggang ini di blognya. Ahaa...langsung keingetan deh akan "proyek lama" yang terus tertunda. Diniatin banget hunting tape yang enak dan manis dan segera dieksekusi. Kalau gak gitu bisa-bisa malesnya keburu dateng dan entah kapan lagi bikinnya hehehe.




Berikut resep yang aku lihat dari blog mbak Hesti. Terima kasih sharingnya ya mbak

PUDING TAPE PANGGANG

Bahan : 
250 gr tape singkong (pilih yang manis ya)
220 gr gula pasir
625 ml santan
10 sdm tepung terigu serbaguna (agak munjung)
3 butir telur, kocok lepas
3 sdm susu bubuk
1/2 sdt vanilli bubuk
100 gr margarin, lelehkan

Olesan :
1 butir kuning telur kocok lepas
keju cheddar parut secukupnya
kismis (aku pakai kurma yang dicincang)

Cara Membuat :
- Campurkan tape dan gula pasir, aduk hingga tercampur rata.
- Masukkan telur dan margarin leleh. Aduk rata menggunakan hand whisk.
- Masukkan terigu, susu dan vanilli bubuk. Aduk rata kemudian masukkan santan. Aduk hingga tercampur rata. Adonan akan terasa cair ya, pastikan adonan dan tape tercampur dengan rata.
- Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialas kertas roti (aku pakai loyang 20x20x4 cm).
- Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 40 menit atau hingga permukaannya set. Keluarkan dari oven, oles dengan kuning telur, taburi keju cheddar dan kismis (kurma).
- Panggang lagi selama 15 menit atau hingga matang.
- Keluarkan dari oven, biarkan dahulu di dalam loyang dan setelah agak hangat bisa dikeluarkan. Hati-hati ketika mengeluarkan dari loyang karena teksturnya sangat lembut.
- Sajikan dingin.






Aku buat puding tape ini malam-malam. Setelah dingin aku masukkan ke lemari es dan siap dinikmati keesokan harinya. Naah...besoknya aku lupa kalau punya puding tape di kulkas, jadi gak ingat deh mau foto-foto. Sampai akhirnya ada keluarga datang, baru inget kalau punya puding di kulkas, diserbu lah puding tape ini hihihi. Jadi hanya tersisa beberapa potong aja yang sempat kefoto hehehe. Alhamdulillah ya kalau pudingnya laris manis. 
Untuk penggemar tape, puding panggang ini recomended banget untuk dicoba. Enaak deh, kerasa banget tapenya.

Happy baking...selamat mencoba ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==