LONTONG SAYUR LABU SIAM






Bismillahirrohmanirrohim
Yippiie...kali ini aku mau posting tentang salah satu menu favoritku, yaitu lontong sayur labu siam. Biar kata favorit, tapi gak boleh sering-sering makan ini ya, kolesterol tinggi hehehe. Maklum aja, selain memakai santan, sayur labu siamnya memakai udang dan telur puyuh yang memang sumber kolesterol. Jadi sesekali makan, gak apa ya....buat tombo pengen aja. Sebenarnya kalau sayur labu siam sih tetap enak walau tanpa udang dan telur puyuh, biasanya cuma dicampur tahu atau tempe aja. Naah...kalau dikasih tambahan udang dan telur puyuh itu karena nyontek adek iparku yang kalau masak sayur ini enaknya kebangetan hahaha. Biasanya kalau dia datang dari Malang dan bawa sayur ini, aku tinggal beli lontong aja ke pasar, tambahin bubuk kedelai, nikmat deh makan rame-rame. Kemarin entah kenapa jadi kangen menu ini, tapi karena adekku lagi gak pulang, jadinya harus bikin sendiri .




Aku cuma bikin sayurnya aja sih, kalau lontongnya beli hehehe. Aku belum pernah bikin lontong atau ketupat sendiri. Maklum kalau lebaran kan mesti nebeng masakan Mama. Bubuk kedelainya juga ini minta dari Mama, jadi memang cuma modal sayur labu siamnya aja. Lebih enak bikin sayurnya yang super pedes, tapi karena anak-anakku doyan juga jadi aku gak bisa bikin yang pedes. Sebagai gantinya cabe rawitnya aku utuhin aja di kuah sayurnya. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.

LONTONG SAYUR LABU SIAM 

Bahan :
lontong atau ketupat
2 buah labu siam, potong korek api
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit
1 blok tempe, potong dadu , goreng sebentar 
100 gr udang kecil, buang kulitnya
15 butir telur puyuh rebus
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
15 cabe rawit 
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 buah cabe merah besar (aku buang bijinya)
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
3 sdt garam (atau sesuai selera)
1-2 sdt gula pasir

Pelengkap :
bubuk kedelai
bawang goreng
kerupuk

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam dan serai. Aduk rata.
- Masukkan udang, masak hingga berubah warna.
- Tuang santan, masukkan tahu, tempe dan telur puyuh. Masak hingga mendidih sambil diaduk.
- Masukkan labu siam dan cabe rawit bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga matang.
- Angkat dan siap disajikan dengan lontong dan pelengkapnya.






Alhamdulillah...benar-benar jadi menu "tombo pengen" jadi terasa nikmat banget. Eh ya kalau lebaran, Mama biasanya juga masak sayur labu siam ini, tapi tanpa udang dan telur puyuh tentunya. Biasanya menu Lebaran di rumah Mama terdiri dari rendang, sayur labu siam, opor ayam, sambel goreng ati, telur masak petis dan yang gak boleh ketinggalan adalah mendoan serta krupuk udang. Tuh... jadi inget Lebaran deh ya. 

Selamat mencoba & Happy Cooking
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==