PUDING EMAS





Bismillahirohmanirrohim
Pastinya pada geli ya kalau baca postingan ini, secara judulnya gaya banget gitu, puding emas hihihi. Padahal aslinya ini hanya puding santan gula merah biasa. Biasanya kalau bikin puding santan gula merah, aku pasti cari gula merah yang warnanya coklat tua, jadi warna pudingnya juga eksotis gitu. Kebetulan liat gula merah yang warnanya coklat muda bersih, jadi kepikiran kalau dibuat puding, warnanya seperti apa ya. Karena bikin puding itu cepat dan mudah, jadi diniatin lah pagi-pagi bikin puding. Apalagi puding santan gula merah ini adalah puding favorit keluarga. Yang kebayang adalah siang-siang begitu sampai di rumah bisa langsung menikmati puding dingin. Yummy....

Suka banget lihat hasil jadinya, karena warnanya cantik. Anak-anak bilang warna pudingnya emas, jadi deh kunamakan aja ini puding emas hehehe. Seperti yang sudah disebutkan tadi, untuk mendapatkan warna puding seperti ini, gunakan gula merah / gula jawa yang berwarna coklat muda. Resepnya bisa menggunakan resep andalan masing-masing ya. Aku masih tetap memakai resep yang biasa kupakai kalau membuat puding karang. Kutuliskan lagi disini ya.






PUDING EMAS

Bahan :
1 (7 gr) bungkus agar-agar bubuk plain 
850 santan (aku pakai 120 ml santan instan ditambahkan air hingga 850 ml)
180 gr gula merah yang berwarna coklat muda bersih, sisir halus
35 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
1 butir kelapa muda, keruk memanjang
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Campurkan gula merah, daun pandan dan santan, masak hingga gula larut. Angkat dan saring.
- Dalam sebuah panci, campur agar-agar bubuk, gula pasir dan garam. Tuang larutan santan. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan api.
- Ambil 2 sendok sayur larutan agar-agar, tuang ke dalam kocokan telur. Aduk rata,
- Tuang kembali ke larutan agar-agar, aduk cepat hingga berserabut dan masak kembali hingga mendidih.
- Masukkan kelapa muda, aduk dan matikan api.
- Tuang agar-agar ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air.
- Biarkan dingin.




Alhamdulillah...ternyata keluarga tidak pernah bosan dengan puding yang satu ini. Jadi walau sering bikinnya, tapi selalu cepat ludes. Kalau ingin membuat motif karang, gunakan santan yang lebih encer ya, sehingga terlihat motifnya. Sama enaknya kok.
Enjoy your day with pudding ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
Monday, 12 May 2014 at 23:49:00 GMT+7 delete

Aku belum pernah bikin puding gula merah, lihat ini jadi pengeen mencoba mbak :)

Reply
avatar
Tuesday, 13 May 2014 at 09:04:00 GMT+7 delete

monggo dicobain mbak Ivonie, menurutku sedaap banget ini puding hehehe

Reply
avatar
Thursday, 15 May 2014 at 15:35:00 GMT+7 delete

Bunda Nina udah coba ini kemarin,alhamdulillah sulungku seneng banget ♥ ♏ªτůя:);)ΠůώůΠ♥ mba resepe

Reply
avatar
Monday, 19 May 2014 at 10:11:00 GMT+7 delete

Alhamdulillah..terima kasih reviewnya mbak, seneng banget kalau sesuai selera keluarga mbak

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 24 June 2014 at 12:41:00 GMT+7 delete

Makasih resepnya mbak Nina, aku baru buat kemarin, enak pudingnya, tapi kenapa puding yang aku buat agak berair ya mbak, mohon pencerahan nya, makasih :)

Reply
avatar
Friday, 27 June 2014 at 03:43:00 GMT+7 delete

memasaknya sudah benar-benar sampai mendidih kan mbak? harusnya dengan resep ini takaran airnya sudah pas menurut saya. Bisa juga kurang bisa set karena belum benar-benar mendidih. CMIIW

Reply
avatar
Tuesday, 30 September 2014 at 18:04:00 GMT+7 delete

Mbak, aku coba 2x kok gak bisa misah ya? Rasanya sih enak

Reply
avatar
Tuesday, 30 September 2014 at 23:21:00 GMT+7 delete

kalau tidak misah berarti santannya terlalu kental

Reply
avatar