LBT #32 PUMPKIN SOFT PRETZEL



Bismillahirrohmanirrohim
LBT #32 ini temanya adalah pretzel bread. Sebenarnya sudah setor di grup sejak minggu lalu, ternyata belum sempat diposting di blog.
Pretzel bread adalah merupakan sejenis roti yang berasal dari Eropa dan mempunyai bentuk unik berupa simpul yang terikat unik. Pretzel dikenal juga sebagai "brezel", di Jerman disebut juga brezn atau breze. Pretzel umum ditemui di Jerman bagian selatan dan Swiss. Pretzel juga sangat populer di Amerika, khususnya Pennsylvania yang merupakan pusat dari sejarah dan produsen pretzel di Amerika. Pretzel umumnya bercita rasa asin, walau ada pula pretzel yang manis. Teksturnya juga ada yang lunak dan keras. Pretzel bisa disajikan dengan dilapisi coklat, madu, selai, mentega ataupun mustard. Ada pula yang pretzel yang disajikan dengan saos sosis putih. Di Hungaria pretzel dengan jenis tersebut disebut perec


Selain bentuknya yang khas, hal unik yang bisa kita temui di pretzel bread adalah permukaannya yang berwarna gelap kecoklatan dan mengkilat sedangkan bagian dalamnya masih lembut dan empuk. Tampilan dan tekstur tersebut bisa didapatkan  dengan mencelupkan adonan pretzel yang telah dibentuk ke dalam larutan lye. Penggunaan larutan lye ini harus dengan sangat hati-hati karena sifatnya korosif dan cukup berbahaya. Untuk membuat pretzel bread ini kita tidak perlu pusing mencari larutan lye, tapi cukup menggantinyanya dengan baking soda. Baking soda merupakan salah satu bahan yang mengandung lye tetapi mempunyai pH yang lebih rendah. Karena baking soda mempunyai kandungan alkali yang lemah maka disarankan untuk mencampurkannya dengan air mendidih sehingga kemampuannya meningkat. Itulah mengapa dalam pembuatan pretzel bread ada proses mencelupkan adonan ke dalam baking soda yang sudah dicampurkan dengan air mendidih.






Untuk LBT kali ini aku membuat pumpkin soft pretzel. Kebetulan masih ada sisa sedikit pure pumpkin di freezer, jadi dipakai aja. Pikirku dengan memakai labu maka tekstur pretzel akan lebih lembut.
Resepnya aku modifikasi dari resep Alton Brown yang kulihat di Just Try & Taste

PUMPKIN SOFT PRETZEL

Bahan :
4 sdm mentega / margarin, lelehkan
375  air hangat (jangan pakai air panas ya)
1 sdm gula pasir
2 sdt garam
2 1/2 sdt ragi instan
550 gr tepung terigu serbaguna
125 gr pure labu

Glaze :
1 buah kuning telur + 1 sdm susu cair
garam untuk taburan

Topping : 
wijen hitam
(bisa juga pakai wijen putih, sunflower seed atau poppy seed)

Bahan Pencelup :
1 liter air
20 gr baking soda

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campurkan tepung dan garam. Aduk hingga rata.
- Siapkan bowl mixer (bila akan diuleni menggunakan mixer atau bisa pakai bowl biasa kalau akan diuleni manual). Masukkan air hangat dan ragi instan. Diamkan selama 5 menit atau hingga larutan mulai mengeluarkan busa atau gelembung.
-Masukkan tepung ke dalam larutan ragi, tambahkan pure labu dan mentega leleh. Mixer atau uleni hingga kalis dan elastis. Karena menggunakan labu, awalnya adonan akan terasa lengket, teruskan menguleni hingga kalis, elastis dan tidak lengket, bisa ditambahkan terigu secukupnya (jangan kebanyakan ya).
- Bulatkan adonan, tutup bowl dengan kain bersih dan fermentasikan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang 2x lipat.
- Panaskan oven 170'C, olesi loyang dengan margarin tipis atau bisa dialasi silpat atau kertas roti.
- Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian sama besar (aku timbang @75 gr dan jadinya cukup besar).
- Ambil 1 bagian adonan bentuk memanjang dengan menggunakan telapak tangan . Bentuk pretzel dengan cara mengambil satu ujung adonan dan tarik ke bagian tengah hingga membentuk lengkungan. Tarik ujung yang lain hingga ke tengah juga hingga melekat ke lengkungan pertama tadi. Lakukan hingga adonan habis.
- Tata adonan di loyang, taburi permukaannya dengan garam dan panggang selama kurang lebih 10-15 menit atau hingga pretzel mengembang dan permukaannya sedikit kecoklatan. Angkat dan keluarkan dari oven.
- Siapkan panci, masukkan air dan baking soda. Rebus hingga air mendidih. Masukkan pretzel dan celupkan selama kurang lebih 30 detik sambil dibolak balikkan. Tiriskan dan dinginkan. Lakukan hingga habis.
- Setelah dingin, olesi permukaan pretzel dengan campuran kuning telur dan susu cair kemudian taburi dengan wijen hitam atau topping lainnya. 
- Oven kembali selama 30-35 menit atau hingga permukaannya mulai kecoklatan dan mengkilat.
- Angkat dan siap disajikan.

Panjang ya cara pembuatannya. Benar-benar pengalaman pertamaku bikin pretzel. Gak heran ya kalau bentuknya jadi aneh gini huhuhu. Masih belum puas banget akan penampilannya, karena menurutku belum mirip pretzel. Smoga lain kali ada kesempatan untuk belajar bikin pretzel lagi. Kalau tekstur dan rasanya sudah oke menurutku, tambah lembut karena ada pemakaian labu, walau warna kuning labunya kurang jelas ya. Disajikan dengan dikucuri madu...enaak deh. 




Tuuh...warna labunya gak begitu keliatan ya, masih kurang kuning. Mungkin juga tergantung jenis labunya.
Thanks LBT, bertambah lagi pengetahuanku tentang berbagai jenis roti. Salam LBT ^_^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »