SIMPLE BANANA CUP CAKE



Bismillah...
Postingan tentang banana cake lagi ya...tapi kali ini dalam bentuk cup cake. Kebetulan dapat kiriman pisang raja yang enak banget, udah diolah menjadi kolak yang memang menu wajib kesukaan suami dan juga sudah dibagi sama Mama. Ada sisa 4 buah yang sudah matang dan tentunya manis sekali. Tadinya pingin banget bikin roti pisang, tapi kayanya sudah terlalu lembek teksturnya. Akhirnya balik lagi kan bikin banana cake hehehe. Biar beda, kali ini dibuat cup cake aja. Kebetulan ada cup case merah yang kayanya bolak balik dipakai tapi gak habis-habis juga, pengen beli warna lain tapi kok ya masih ada aja stok yang merah ini hihihi. Jadi deh dihabisin aja cup case-nya untuk banana cup case ini.

Dinamakan simple banana cup cake, karena memang selain cara pembuatannya yang cukup mudah, juga karena bahan-bahannya yang sederhana. Maksud hati sih pengen dikasih keju, kismis atau chocochips, tapi entah kenapa kayanya pikiran udah blank aja. Kismis udah disiapin, ternyata lupa gak dimasukin hiiks. Ya udah deh gak apa-apa, cocok juga kan ama judulnya, jadi banana cup cake-nya benar-benar simple. Biar dinamakan simple, tapi rasanya enak lho. Harumnya ketika masih di oven udah kemana-mana ^^




Resepnya asli bisa milik Mbak Rachmah yang diposting di event NCC Banana Week. Berikut resep yang sudah kumodifikasi ya

SIMPLE BANANA CUP CAKE

Bahan :
75 gr butter
75 gr margarin (boleh juga pakai full butter atau full margarin)
150 gr gula halus
1/2 sdt vanilla bubuk
3 butir telur
4 buah pisang, lumatkan (aku pakai pisang raja)
230 gr tepung terigu
10 gr maizena
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C. Siapkan cup case
- Campur dan ayak, tepung terigu, maizena dan baking powder. Sisihkan.
- Kocok butter, margarin, gula halus dan vanilla bubuk hingga lembut.
- Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga mengembang dan tercampur rata.
- Masukkan pisang yang sudah dilumatkan, kocok hingga rata. Matikan mixer.
- Masukkan campuran tepung, aduk balik hingga tercampur rata. Do not overmix ya.
- Tuang ke dalam cup case hingga 3/4 tinggi cup. Oven hingga matang.
- Angkat dan biarkan dingin.

Beneran deh...ketika masih dipanggang, cup cake ini sukses bikin suamiku penasaran dan intip-intip oven hehehe. Saking harumnya aroma cup cake-nya. Kalau ingin yang lebih spesial, bisa ditambahkan topping prunes seperti yang dibuat mbak Rachmah. Enak juga jika dipadukan dengan gula palem atau kayu manis bubuk. Wuiih...pasti aromanya lebih menggoda.






Akhirnya....cup case merah-ku habis juga hihihi. Tinggal ngabisin stok cup case silver dan gold baru ntar hunting cup case baru >_<  
Happy baking banana cup cakes.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
Anonymous
Tuesday, 22 April 2014 at 07:18:00 GMT+7 delete

Mb Nina, pisangnya kira2 brp gram ya? Tks.
-ida-

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 23 April 2014 at 05:52:00 GMT+7 delete

Ok, tks infonya, mb
-ida-

Reply
avatar
Thursday, 24 April 2014 at 20:30:00 GMT+7 delete

Mbak Nina butter bisa diganti yang lain nggak? Lagi nggaj punya soalnya

Reply
avatar
nita
Saturday, 26 April 2014 at 23:53:00 GMT+7 delete

mba, kalo manggang cupcake harus di loyang khusus cupcake ato boleh langsung cup case trus di taru di loyang biasa?

Reply
avatar
Monday, 28 April 2014 at 21:56:00 GMT+7 delete

tergantung cup case yang dipakai mbak. Kalau tipis berarti cup case-nya harus diletakkan di loyang / cetakan cup cake. Kalau yang tebal seperti yang saya pakai bisa langsung diletakkan di loyang datar

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 11 July 2017 at 09:47:00 GMT+7 delete

mba nina, itu kira2 jadi brp cup ya cup cake nya?

Reply
avatar
Wednesday, 12 July 2017 at 06:08:00 GMT+7 delete

maaf saya lupa karena udah lama banget gak bikin ini, dicoba aja ya. Terima kasih

Reply
avatar