PANCAKE DURIAN



Ketinggalan jaman banget ya, baru kali ini bikin dan posting tentang pancake durian. Padahal pancake durian sudah jadi booming sejak beberapa waktu yang lalu bahkan sampai saat ini masih menjadi best seller jualan teman-teman bakulan kue. Jujur sejak awal pancake durian booming, aku sama sekali tidak tertarik apalagi pengen membuatnya. Gimana mau bikin, lha aku sama sekali gak doyan durian hiiiks. Banyak teman-teman yang heran kalau aku gak doyan durian, bahkan ada juga yang bilang aku melewatkan salah satu surga dunia hahahah. Emang gak doyan, gimana donk. Setiap ada bau-bau durian, rasanya udah pengen minggir aja deh heheheheu. Walau aku gak doyan durian, suamiku suka banget. Selama ini dia jarang banget sih bawa durian pulang ke rumah, jadi kalau "pesta durian" ya di rumah temannya. Kalau Naira masih doyan, walaupun gak hobby banget, sedangkan adek persis Bundanya, gak doyan durian. Adikku dan keponakan-keponakanku semua hobby makan durian, jadi bagi mereka aku adalah makhluk aneh yang gak doyan durian hahahah.



Ternyata akhirnya aku bikin juga pancake durian ini. Sukarela dan ikhlas lho bikinnya. Bukan karena mendadak pengen atau karena penasaran, tapi pengen buatin suamiku aja. Kayanya semua makanan yang lagi booming dia pernah nyobain, walau hanya sekedar mencicipi. Kecuali pancake durian ini tentunya hihihihi. Jadi ketika suatu saat dia aku bilang mau bikin pancake durian, dengan sukarela beliau bawa pulang duriannya dan si Mbak yang bantu mengambil daging duriannya. Jangan protes ya kenapa kok gak pakai durian beku Medan seperti versi aslinya, karena memang gak ada di tempatku euy. Jadi daripada gak bikin sama sekali, pakai durian yang ada aja ya. Trus gimana berkompromi dengan aroma durian selama proses pembuataannya? Pakai masker donk hihihi. Kata suamiku, durian yang dipakai ini enaak banget. Untuk kulitnya aku memakai resep dari Sajian Sedap







Ini durian lokal tempatku yang kupakai


PANCAKE DURIAN

Bahan Kulit :
150 gr tepung terigu serbaguna
1 sdm tepung sagu
15 gr gula pasir halus
1/2 sdt garam
1 kuning telur
400 ml susu cair
1 sdm margarin leleh
pewarna kuning dan hijau secukupnya
(bisa juga memakai pasta)

Bahan isian :
whipcream (aku pakai yang bubuk dan dikocok dengan air dingin, bisa juga menggunakan krim kental yang dikocok hingga kaku)
daging durian

Cara Membuat :
- Aduk rata tepung terigu, tepung sagu, gula pasir dan garam.
- Tambahkan kuning telur, susu cair dan margarin leleh. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil.
- Beri warna adonan sesuai selera.
- Panaskan wajan anti lengket (aku pakai diameter 20 cm), tuang 1 sendok sayur adonan, masak hingga matang. Gunakan api kecil ya dan lakukan hingga adonan habis.
- Ambil selembar dadar, beri isian daging durian dan whipcream. Lipat kanan kirinya menyerupai amplop. 
- Dinginkan di dalam freezer dan sajikan dingin.




Katanya nih...katanya yang makan, pancake duriannya enaaak banget. Berasa makan es krim durian katanya. Tetep aja gak tertarik untuk mencobanya heheheh. Sebagai gantinya, aku bikin isian dengan es krim homemade. Lebih enak donk pastinya dibanding isi durian ^^
Selamat membuat pancake durian di rumah yaa...



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==