MIE WORTEL (ORANGE) HOMEMADE

Bismillahirrohmanirrohim...
Bikin mie lagi. Setelah beberapa waktu yang lalu bikin mie hijau yang terbuat dari sawi, sebenarnya sudah beberapa kali bikin mie lagi, tapi mie telur biasa aja. Kali ini bikin mie orange yang terbuat dari sari wortel. Sebenarnya pengen bikin mie ungu yang terbuat dari sari ubi ungu, tapi mikir juga nanti kalau direbus kayanya mie-nya jadi gelap banget warnanya heheheh. Bisa diprotes anak-anak deh. Akhirnya bikin mie wortel aja, anak-anak pasti suka dengan warnanya yang cantik.




Biasanya kalau bikin mie, aku hanya membuat 500 gr tepung terigu saja. Itu sudah cukup untuk membuat 2 macam olahan mie untuk kami sekeluarga. Karena akhir pekan kemarin keponakan pada datang, jadi aku bikin mie dari 1 kg tepung terigu. Kalau gak ingin membuat dalam jumlah yang terlalu banyak, silahkan membuat 1/2 dari resep berikut ya. Resepnya sama dengan yang kupakai membuat mie hijau, hanya pemakaian sawi diganti dengan wortel.






MIE WORTEL HOMEMADE

Bahan :
1 kg tepung terigu protein tinggi
4 sdm tepung sagu
1,5 sdm garam halus
6 butir telur
2 buah wortel (aku pakai wortel import yang manis), blender dengan 300 ml air dan saring

Cara Membuat :
- Kocok lepas telur, kemudian tambahkan jus wortel hingga volume 400 ml. Aduk rata.
- Campur dan aduk rata tepung terigu, tepung sagu dan garam. 
- Tuang campuran telur dan jus wortel sedikit demi sedikit. Hentikan bila dirasa sudah pas atau tambahkan jus wortel bila dirasa adonan masih kering. Uleni hingga kalis.
- Masukkan adonan ke dalam pasta maker, giling dengan nomor besar terlebih dahulu hingga halus. Tambahkan tepung sagu agar tidak lengket. 
- Kecilkan nomor gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
- Masukkan ke dalam cetakan mie dan cetak sesuai selera.
- Adonan mie siap digunakan.

Ketika direbus, warna mie wortel ini memang tidak secerah ketika masih mentah, tapi tetap berbeda dibandingkan dengan warna mie telur biasa. Mienya cukup lembut dan ada sedikit rasa manisnya menurutku. Mungkin karena aku pakai wortel manis ya. Tapi kalau kata yang lain sih, mereka gak merasa tuh rasa manisnya hehehe.




Ini warna mienya beda ya hehehe. Maksud hati mau bikin foto versi gelap-gelapan nih, tapi lightingnya gak bener, jadi deh warna mienya beda gini dibanding foto yang di atas. Harap maklum ya...masih belajaran tiada henti nih ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
Anonymous
Sunday, 16 November 2014 at 16:35:00 GMT+7 delete

Bun, sy bkin kok nempel2 ya?

Reply
avatar
Thursday, 20 November 2014 at 10:40:00 GMT+7 delete

beri taburan tepung sagu untuk taburan. Sudah saya sebutkan di cara membuatnya

Reply
avatar
Monday, 16 February 2015 at 03:22:00 GMT+7 delete

Mbak nina, kalau masuk kulkas, bisa tahan berapa lama ya?

Reply
avatar
Tuesday, 31 March 2015 at 18:39:00 GMT+7 delete

assalamualaikum mba nina, kalo boleh tau, merk pasta makernya apa dan beli dimana yamba? Punyaku ga begitu maksimal, jadi mienya tidak kepisah2.. huhu

Reply
avatar
Wednesday, 1 April 2015 at 07:50:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak Annisa
Saya pakai merk krischef beli di ace hardware. Coba di pasta makernya di cetakannya itu juga ditaburi tepung mbak

Reply
avatar
Tuesday, 11 October 2016 at 14:16:00 GMT+7 delete

Mba kalo misal mie telur biasa tanpa tambahan sari wortel atau sawi, jumlah air nya berapa ya? Terima kasih

Reply
avatar
Sunday, 14 May 2017 at 06:52:00 GMT+7 delete

bunda, kalo boleh tahu keawetannya berapa lama..?
soalnya mie telur hanya bisa bertahan 6 jam.

Reply
avatar