MIE WORTEL (ORANGE) HOMEMADE

Bismillahirrohmanirrohim...
Bikin mie lagi. Setelah beberapa waktu yang lalu bikin mie hijau yang terbuat dari sawi, sebenarnya sudah beberapa kali bikin mie lagi, tapi mie telur biasa aja. Kali ini bikin mie orange yang terbuat dari sari wortel. Sebenarnya pengen bikin mie ungu yang terbuat dari sari ubi ungu, tapi mikir juga nanti kalau direbus kayanya mie-nya jadi gelap banget warnanya heheheh. Bisa diprotes anak-anak deh. Akhirnya bikin mie wortel aja, anak-anak pasti suka dengan warnanya yang cantik.




Biasanya kalau bikin mie, aku hanya membuat 500 gr tepung terigu saja. Itu sudah cukup untuk membuat 2 macam olahan mie untuk kami sekeluarga. Karena akhir pekan kemarin keponakan pada datang, jadi aku bikin mie dari 1 kg tepung terigu. Kalau gak ingin membuat dalam jumlah yang terlalu banyak, silahkan membuat 1/2 dari resep berikut ya. Resepnya sama dengan yang kupakai membuat mie hijau, hanya pemakaian sawi diganti dengan wortel.






MIE WORTEL HOMEMADE

Bahan :
1 kg tepung terigu protein tinggi
4 sdm tepung sagu
1,5 sdm garam halus
6 butir telur
2 buah wortel (aku pakai wortel import yang manis), blender dengan 300 ml air dan saring

Cara Membuat :
- Kocok lepas telur, kemudian tambahkan jus wortel hingga volume 400 ml. Aduk rata.
- Campur dan aduk rata tepung terigu, tepung sagu dan garam. 
- Tuang campuran telur dan jus wortel sedikit demi sedikit. Hentikan bila dirasa sudah pas atau tambahkan jus wortel bila dirasa adonan masih kering. Uleni hingga kalis.
- Masukkan adonan ke dalam pasta maker, giling dengan nomor besar terlebih dahulu hingga halus. Tambahkan tepung sagu agar tidak lengket. 
- Kecilkan nomor gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
- Masukkan ke dalam cetakan mie dan cetak sesuai selera.
- Adonan mie siap digunakan.

Ketika direbus, warna mie wortel ini memang tidak secerah ketika masih mentah, tapi tetap berbeda dibandingkan dengan warna mie telur biasa. Mienya cukup lembut dan ada sedikit rasa manisnya menurutku. Mungkin karena aku pakai wortel manis ya. Tapi kalau kata yang lain sih, mereka gak merasa tuh rasa manisnya hehehe.




Ini warna mienya beda ya hehehe. Maksud hati mau bikin foto versi gelap-gelapan nih, tapi lightingnya gak bener, jadi deh warna mienya beda gini dibanding foto yang di atas. Harap maklum ya...masih belajaran tiada henti nih ^_^
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==