ASAM-ASAM LELE



Sekedar sharing....sebenarnya ini masakan minggu lalu yang rada-rada gagal lho. Bukan gagal karena rasanya yang gak enak, tapi penampilannya aslinya gak begini huhuhuhu. Kalau rasa...beneran deh enak bangeet, sekali masak langsung ludes tak tersisa untuk menu makan siang sekeluarga. Yang bikin salah adalah karena aku memakai terlalu banyak kunyit hiiiks, jadi warnanya terlalu kuning. 

Asam-asam lele ini biasa dibuat oleh Mama. Setiap Mama masak asam-asam lele, pasti rasanya menggugah selera alias enak bangeeet. Biar judulnya asam-asam lele, bukan berarti rasanya asam banget. Rasanya mirip dengan acar ikan atau pesmol ikan, karena bumbu-bumbunya juga mirip. Hanya rasa asamnya diperoleh dari belimbing wuluh dan irisan tomat hijau sehingga rasa asamnya hanya semburat saja. Aslinya asam-asam lele ini warnanya gak sekuning ini lho, tapi cukup putih keruh. Lebih mantap bila disajikan pedas, tapi kalau keluargaku cukup dengan menggunakan cabe rawit utuh dan irisan cabe merah. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya. Ada versi asam-asam lele yang kuahnya lebih bening karena tidak memakai kemiri. In shaa Allah lain kali akan disharing juga ya.




ASAM-ASAM LELE

Bahan :
1 kg lele, cuci bersih, kucuri air jeruk nipis dan beri garam. Diamkan sejenak.
2 buah cabe merah, iris serong
10 buah cabe rawit utuh
10 buah belimbing wuluh, iris 1-2 cm
3 tomat hijau, belah 4 bagian
8 butir bawang merah, potong 4 bagian
2 gelas air (bisa ditambah kalau suka kuahnya banyak)
garam dan gula pasir secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 ruas jahe
1 cm kunyit (aku pakai kurleb 3 cm dan hasilnya terlalu kuning)
1/2 sdt garam

Cara membuat :
- Panaskan minyak secukupnya, goreng lele hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. 
- Masukkan cabe merah, bawang merah potong dan belimbing wuluh, aduk hingga rata.
- Tuang air, bumbui dengan garam dan gula dan masak hingga mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
- Masukkan cabe rawit dan lele. Masak sebentar hingga bumbu meresap. Jangan terlalu sering dibalik / diaduk ya agar lele tidak hancur.
- Masukkan tomat, aduk perlahan dan matikan api.
- Siap disajikan hangat.





Aromanya menggoda sekali, nikmaaat. Aku suka memasaknya sesaat sebelum disajikan. Biasanya pagi hari aku siapkan semua bumbu-bumbu, lele juga sudah digoreng. Sesaat sebelum makan siang, baru aku olah. Cepat dan praktis. Walau aku lebih suka menyajikan dalam keadaan hangat, tapi saudara-saudaraku lebih suka menikmati dalam keadaan dingin. Jadi mau panas atau dingin, tetep enak kok hehehe.
Karena penampilan asam-asam lele ini belum sesuai seleraku...ntar ya diposting yang versi baik dan benarnya ^^

Happy cooking..


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Saturday, 28 June 2014 at 17:40:00 GMT+7 delete

Barusan masak ini.. pake nasi panas2 walah walah nambah terus smpe kekenyangan.. hehehe..

Reply
avatar
Wednesday, 2 July 2014 at 17:17:00 GMT+7 delete

enaaknyaa dimaem pakai nasi panas2. Menu boros nasi nih ya ehehhe

Reply
avatar