TUMIS AYAM PAPRIKA



Postingan tentang simpel menu lagi ya. Kali ini aku membuat tumis ayam paprika. Terinspirasi dari tumis daging sapi paprika buatan Mbak Citra Ummu Fatima, aku buat dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Kebetulan ada paprika merah dan hijau sisa bikin pizza beberapa waktu yang lalu, ada juga ayam yang sudah dibuat fillet. Tinggal uprek sebentar di dapur, jadi deh menu yang sedap ini. Karena bikinnya cukup mudah dan cepat, jadi biasanya aku buat sesaat sebelum dihidangkan. Irisan fillet ayam sudah dibumbui dulu dan disimpan di lemari es, bawang bombay dan paprika sudah diiris dan disiapkan, jadi sesaat sebelum makan tinggal cemplang cemplung aja. Cepat dan praktis.






TUMIS AYAM PAPRIKA

Bahan :
500 gr fillet dada ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm air jeruk nipis
1/2 buah paprika hijau (ukuran besar), potong dadu kecil atau sesuai selera
1/2 buah paprika merah (ukuran besar), potong dadu kecil atau sesuai selera
5 cabe rawit utuh (sesuaikan selera, bisa juga diiris tipis)
1 butir bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, memarkan
5 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
1/2 sdt lada hitam
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Pukul-pukul fillet dada ayam sebentar saja hingga agak lunak kemudian potong dadu kecil. Letakkan dalam wadah, beri garam, merica bubuk dan air jeruk nipis. Aduk rata dan biarkan 20 menit (aku simpan 2 jam di kulkas).
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum. Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna.
- Masukkan paprika dan cabe rawit. Aduk rata.
- Masukkan kecap manis, kecap asin, lada hitam, garam dan gula pasir. Aduk rata. Test rasa hingga pas sesuai selera.
- Masak hingga bumbu meresap, angkat dan siap disajikan hangat.

Sedaap juga rasanya...Alhamdulillah. Sebenarnya kalau menuruti kata hati pengennya sih bikin yang pedees banget, tapi kasian anak-anak gak bisa makannya. Bundanya juga males kalau masak dobel-dobel hihihi. Jadi cukup aku cemplungin cabe rawit utuh aja. Untuk yang suka pedas, cabe rawitnya bisa diiris halus atau bisa juga memakai cabe bubuk. 
Semoga bisa jadi salah satu inspirasi menu di rumah yaa. Happy cooking ^^


close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==