PUMPKIN DONUT (DONAT LABU KUNING)



Bismillahirrohmanirrohim
Memberdayakan sisa pure labu kuning di freezer, aku bikin donat labu kuning (pumpkin donut). Bikinnya udah lama sih, kira-kira seminggu yang lalu. Ceritanya pagi-pagi adek liat acara di TV tentang pembuatan donat, langsung ingat deh dia kalau Bundanya sudah lama gak bikin donat hehehe. Padahal anak-anak kebanyakan suka dengan donat ya. Adek paling suka kalau kue di sekolahnya adalah donat, dengan bangganya dia cerita kalau dapat donat dari bu gurunya. Donatnya juga bukan donat dengan aneka topping itu, tapi cukup donat dengan taburan gula halus saja. Donat yang sederhana gitu aja adek udah suka banget. Jadi begitu dia pagi-pagi minta dibuatkan donat, langsung keingat kalau masih ada pure labu kuning di kulkas, dibuat donat labu aja yaa.

Resepnya diadaptasi dari donat kentang NCC. Aku buat hanya sedikit, memakai 250 gr tepung terigu karena menyesuaikan dengan jumlah pure labu yang aku punya. Donatnya juga tanpa hiasan apa-apa, hanya ditaburi gula halus seperti donat yang biasa dinikmati adek di sekolahnya. Alhamdulillah ...gini aja udah laris manis donatnya.






DONAT LABU KUNING (PUMPKIN DONUT)

Bahan :
250 gr tepung terigu protein tinggi
25 gr susu bubuk full cream
6 gr ragi instan
60 gr gula pasir
100 gr pure labu kuning (labu kuning dikukus, haluskan dan dinginkan)
40 ml air dingin
2 butir kuning telur
35 gr margarin
1/4 sdt garam halus

Taburan :
gula halus (gula donat)

Cara Membuat :
- Dalam wadah, campur tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instan. Aduk hingga rata.
- Masukkan pure labu, tuang kuning telur dan air dingin. Uleni hingga rata dan setengah kalis.
- Masukkan garam dan margain, uleni terus hingga kalis dan elastis. Adonan memang akan terasa lengket, karena kadar air dalam labu yang lebih tinggi, dapat ditambahkan sedikit terigu (jangan banyak-banyak ya) dan taburi tangan dengan terigu. Teruskan menguleni hingga tidak lengket dan kalis elastis.
- Istirahatkan adonan selama 15 menit.
- Kempiskan adonan, bagi adonan (aku timbang @45 gr). Diamkan kembali selama 20 menit hingga mengembang.
- Lubangi tengahnya menjadi bentuk donat (aku memakai cetakan donat) dan goreng sampai berwarna kuning kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan. Taburi dengan gula donat atau bisa dihias sesuai selera.

Notes :
- Saat menggoreng donat, gunakan api sedang cenderung kecil agar donat tidak cepat gosong dan matang merata. Pastikan donat digoreng dalam minyak yang sudah panas.
- Gunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah. Gerakan memutar ini membantu terbentuknya donat yang bundar.
- Gunakan minyak padat agar hasil gorengan donat lebih cantik. Tapi selama ini aku sering hanya memakai minyak goreng biasa.
- Jangan terlalu sering membolak balik donat yang sedang digoreng. Setelah donat kecoklatan salah satu sisinya, segera balikkan dan lanjutkan menggoreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Donat yang terlalu sering dibolak balik ketika digoreng akan menyerap minyak dalam jumlah yang banyak.
- Tiriskan donat di atas kertas roti dalam posisi berdiri, agar minyaknya turun.




Donatnya empuuk banget. Aku paling suka liat warnanya yang kuning cantik. Gak butuh waktu lama, donat ini tau-tau udah abis aja hehehe. Maklum bikinnya juga sedikit ya. Yang paling senang tentu saja adek dan kakaknya, karena mereka berdua memang hobby banget makan donat. Walau donatnya tanpa hiasan apa-apa, hanya ditaburi gula halus seadanya (daaan...tidak rapi heuheheuhe). 
Selamat mencoba ya ^_^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==