NO KNEAD BREAD (MEMBUAT ROTI TANPA DIULENI)



Bismillahirrohmanirrohim...
Kita bikin roti yuuk. Biasanya membuat roti identik dengan menguleni. Adonan roti perlu diuleni agar menjadi kalis dan elastis sehingga didapatkan roti yang empuk dan lembut. Kalau kita mempunyai bread maker atau mixer heavy duty, tentunya tidak perlu menguleni secara manual. Kalau gak punya...berarti harus menyingsingkan lengan baju untuk menguleni hehehe. Gerakan menguleni adonan roti mirip dengan gerakan mencuci baju manual, ada juga yang membanting-banting adonannya agar segera mendapatkan tekstur adonan yang kalis elastis. Jadi bikin roti itu tanpa bantuan mesin memang capek dan lama. Capek menguleni dan lama menunggu masa fermentasi.

Ternyata sekarang ini membuat roti tidak harus menguleni adonan. Cukup aduk-aduk adonan, tanpa harus dibanting-banting bisa juga jadi roti yang lembut. Ada beberapa resep roti tanpa diuleni dan aku sudah mencoba 2 resep. Hasilnya...not bad lah, enaak dan lembut kok. Resep yang akan diposting berikut ini adalah resep dari Sangjin Ko, master natural bread yang menetap di Korea. Beliau sudah menerbitkan buku yang sangat menarik, yaitu "Rahasia Membuat Roti Sehat & Lezat dengan Ragi Alami" dan juga "Membuat Sendiri Aneka Roti, Cookies & Kue Lezat 100% Tanpa Dioven". Tuuh...judulnya aja menarik kan. Monggo bisa hunting di toko buku yaa (promosiii).

Kembali ke no knead bread alias roti tanpa diuleni. Selain tanpa diuleni, roti ini juga tanpa telur. Aku membuat roti ini sebelum tidur lho hihihi. Sengaja dibuat malam karena pengennya sarapan keesokan harinya pakai roti ini. Start ngadon jam 10 malam, sekitar  jam 11 lebih adonan sudah masuk kulkas dan siap dioven keesokan paginya. Untuk hasil yang lebih lembut, adonan memang perlu disimpan di kulkas selama kurang lebih 5-6 jam atau semalaman. Kalau mau langsung dipanggang juga gak apa sih. Naah...ini dia tekstur roti tanpa diuleni yang kubuat. 




Keliatan banget kan lembutnya. Beneran deh...empuk dan lembut rotinya. Karena aku melanjutnkan mengolahnya selesai subuh, jadi udah gak kepikiran deh ya buat dibentuk macam-macam. Kembali ke selera awal...bikin roti sobek aja hihihi. Aslinya sih emang gak bakat bikin aneka bentuk roti yang cantik-cantik itu. Apalagi ini bikinnya subuh, ya udah deh dibuletin aja heuhehehe. Untuk isiannya aku pakai coklat, karena memang itu kesukaan anak-anak. Silahkan disesuaikan dengan selera yaa..

NO KNEAD BREAD

Bahan :
120 ml susu
100 ml air
40 gr gula pasir halus (bisa diblender dulu)
4 gr garam halus
6 gr ragi instan
260 gr tepung terigu protein tinggi
40 gr tepung terigu protein sedang
30 gr mentega cair

Isian :
sesuai selera, bisa coklat, aneka selai, keju atau daging

Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat :
- Tuang susu dan air dalam mangkok, kemudian masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut.
- Taburkan ragi instan pada mangkok tersebut dan diamkan 5 menit. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga larut.
- Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal.
- Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket.
- Tutup mangkok dengan plastik wrap atau bisa juga menggunakan serbet bersih. Fermentasikan selama 20 menit.
- Setelah 20 menit, taburi tangan dengan tepung terigu dan kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Fermentasikan lagi selama 20 menit. Ulangi proses fermentasi ini selama 3x.
- Setelah 3x proses fermentasi, adonan bisa disimpan di kulkas selama 5-6 jam atau semalaman. Kalau mau langsung dibentuk dan dioven juga bisa ya. 
- Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan dibagi menjadi beberapa bagian. Aku timbang @50 gr dan dibulatkan kembali. Diamkan selama 15 menit.
- Adonan siap diberi isian atau dibentuk sesuai selera. (aku buat roti sobek, jadi adonan dipipihkan, beri isian dan bulatkan kembali).
- Tata adonan di loyang yang sudah dioles margarin.
- Beri bahan olesan dan panggang suhu 190'C selama 15 menit.
- Setelah dikeluarkan dari oven, panas-panas oles dengan butter. Siap disajikan.





Sisa adonan aku taruh di cupcase dan diberi topping saus bolognese homemade serta keju mozarella. Enaak jadinya. Foto-fotonya seadanya aja ya, keburu dibuat sarapan nih. Roti sobeknya juga rada-rada brownie gitu atasnya alias terlalu coklat yaa hahahah. Maklum...kalau pagi kan ribet banget tuh, sampe lupa kalau lagi ngoven roti >_<
Cocok sekali dengan resep ini...bisa dikreasikan menjadi aneka bentuk roti sesuai selera yaa.
Selamat mencoba..


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==