CA TAUGE TERI

Tauge / toge atau ada juga yang menyebutnya kecambah adalah salah satu jenis sayuran yang merupakan tumbuhan muda yang berkecambah. Tauge bisa dihasilkan dari kecambah kacang-kacangan, misalnya kacang hijau atau kedelai. Konon kata tauge sendiri berasal dari dialek Hokkian yang berarti kecambah kacang-kacangan. Tauge memang sangat umum disajikan dalam masakan Asia Timur. 

Selama ini tauge dikenal sebagai sayuran yang berguna untuk meningkatkan kesuburan pria. Ternyata tauge mempunyai banyak manfaat lain lho, diantaranya adalah mencegah kanker, meningkatkan sistem imunitas, mencegah serangan jantung dan stroke serta mencegah hipertensi.
Di Indonesia sendiri, tauge banyak digunakan dalam berbagai menu baik sebagai bahan utama ataupun bahan pelengkap. Tauge digunakan dalam berbagai jenis salad Indonesia, misalnya pecel, gado-gado, rujak cingur, urap-urap dan lain sebagainya. Tauge sebagai pelengkap bisa dijumpai pada menu rawon atau soto. Menu lain yang menggunakan tauge misalnya adalah laksa dan tentu saja tauge goreng khas Bogor ya. Selain sajian yang sudah disebutkan tadi, tauge banyak diolah menjadi sajian yang mudah dan simpel, apalagi kalau bukan ca tauge. Mudah karena cukup memakai bumbu iris aja, gak perlu uleg menguleg ya hehehee. Bagiku ca atau cah adalah menu yang sering banget kuolah terutama disaat sok sibuk heheheh. Sok sibuknya tiap hari, jadi memang dengan kata lain keseringan masak yang super simpel, gampang dan cepat :D




Ca tauge yang simpel ternyata memang banyak penggemarnya. Menu ini banyak disajikan di berbagai resto. Ada yang berupa ca tauge polos atau tanpa penambahan bahan lain, ca tauge udang, ca tauge teri bahkan ca tauge telur puyuh. Kali ini aku buat ca tauge teri, karena memang kebetulan punyak stok teri nasi di kulkas. Masak yuuk

CA TAUGE TERI

Bahan :
100 gr tauge, bersihkan
50 gr teri nasi, cuci dan goreng
5 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
4 cabe hijau, iris serong tipis
4 cabe merah, iris serong tipis
3 cabe rawit, iris tipis
1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
50 ml air
3 batang kucai, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan irisan cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit. Aduk hingga rata.
- Masukkan tauge, bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata. 
- Tuang air dan masak sebentar hingga matang.
- Masukkan teri dan kucai. Aduk rata.
- Angkat dan sajikan. 

Hati-hati saat menambahkan garam ya, karena terinya sudah asin, jadi masukkan garam sedikit dahulu kemudian test rasa hingga sesuai dengan selera. Jangan menambahkan air terlalu banyak ya, karena proses pemasakan tauge yang terlalu lama akan membuat tekstur tauge menjadi kurang renyah. Kalau aku memang suka dengan ca tauge yang masih terasa renyahnya. 




Bagiku dan suamiku, menu sederhana ini bisa jadi penggugah selera makan lho. Kebayang aja ca tauge yang gurih dan pedas...enak banget. Bisa juga dimasak tanpa penambahan cabe ya, seperti halnya ca tauge polos. Menurutku penampilannya lebih menarik dengan penambahan cabe kan, ada warna lain selain putih hehehe.
Semoga menu sederhana ini bisa menjadi inspirasi ya....
Happy cooking ^^







close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==