AYAM SUWIR CABE HIJAU



Masih tentang postingan yang hijau-hijau ya, tapi kali ini bukan olahan mie hijau lagi hehehe. Memang kayanya hijau lagi jadi warna favorit di dapurku >_<
Kali ini aku membuat ayam suwir cabe hijau. Masih suka dengan yang suwir-suwir karena praktis makannya dan kalau ada sisa bisa dijadikan isian snack yang kita buat lho. Awalnya sih karena liat postingan teman di Instagram yang baru bikin ayam cabe hijau. Judulnya asyik banget deh yaitu 'yummy to the max'. Langsung deh kebayang aja makan ayam cabe hijau dengan nasi panas. Duuuh...menu yang satu ini memang bikin boros nasi ya, karena memang nikmat banget. Akhirnya aku ikutan latah bikin deh, tapi ayamnya disuwir-suwir aja. 

Bikinnya tentu saja cukup simpel. Cukup mencampurkan ayam suwir rebus dengan bumbu yang diuleg kasar. Kalau aku saking malesnya nguleg, jadi kasarnya kebangetan heuheuheu. Maksudnya sih biar keliatan cabe hijaunya. Cantik juga kalau cabe hijaunya gak keliatan sekasar punyaku ini hihihi.




AYAM SUWIR CABE HIJAU

Bahan :
500 gr ayam ---> rebus hingga empuk
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
1 ruas jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan sobek-sobek
1/2 sdt asam jawa
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Uleg Kasar :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
100 gr cabe hijau (bisa dimix cabe hijau keriting ya)
5 cabe rawit hijau
2 buah tomat hijau
2 butir kemiri sangrai
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
- Suwir-suwir ayam yang telah direbus, sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu uleg kasar, lengkuas, jahe, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu matang.
- Masukkan ayam suwir dan asam jawa. Aduk hingga rata.
- Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Kecilkan api dan tutup wajan. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Tambahkan air bila dirasa masih kurang. 
- Test rasa, tambahkan garam dan gula hingga pas sesuai selera.
- Matikan api dan siap disajikan.








Sepiring nasi hangat, ditaburi bawang goreng plus ayam suwir cabe hijau....mantaap nikmatnya. Sebenarnya pakai lalap timun dan kemangi sih tadi, tapi lupa gak difoto hihihi. Menurutku ayam suwir cabe hijau ini semakin pedas makan semakain enak ya. Silahkan disesuaikan dengan selera pedas masing-masing.
Selamat mencoba. Mungkin bisa jadi salah satu alternatif menu keluarga ^^


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==