TAHU BAKSO AYAM UDANG



Kalau kita berkunjung atau sekedar melewati daerah Ungaran di Jawa Tengah, pasti akan sering menjumpai papan nama penjual tahu bakso. Tak heran kalau banyak yang mengatakan, belum lengkap rasanya ke Ungaran kalau tidak beli tahu bakso. Yang paling terkenal adalah tahu bakso buatan Bu Pudji. Masih banyak lagi penjual tahu bakso di Ungaran dan biasanya memang semua ramai di saat musim liburan. Setiap tahun ketika mudik, aku selalu bawa oleh-oleh tahu bakso juga lho.

Ngomongin tahu bakso Ungaran, bukan berarti aku kali ini membuat tahu bakso ala Ungaran ya. Secara bentuk aja udah gak mirip tuh, jadi gak akan ngaku-ngaku tahu bakso Ungaran deh hihhi. Kalau biasanya tahu bakso dibuat dengan isian adonan daging sapi, kali ini aku membuat dengan isian ayam dan udang. Kenapa gak bikin dari daging sapi? Yaa...karena aku cuma punya stok ayam dan udang di kulkas hehehe. Ternyata tahu bakso ayam udang gak kalah enaknya lho dibandingkan tahu bakso dari daging sapi. Kali ini aku memakai resep dari Mbak Diah Didi. Makasih ya Mbak sharingnya. Untuk membuat tahu bakso ini kita bisa memakai tahu sumedang atau tahu soka yang sudah gurih rasanya. Bisa juga memakai tahu pong. Karena di rumah cuma punya tahu biasa, jadi aku pakai yang ada aja. Karena memakai tahu biasa yang rasanya masih tawar, sebelum dipakai maka tahu tersebut aku rendam sebentar di air garam. Kalau memakai tahu yang sudah gurih, bisa diskip ya. Berikut ini resepnya




TAHU BAKSO AYAM UDANG

Bahan :
5 buah tahu, potong segitiga dan rendam sebentar air yang diberi garam
150 gr fillet dada ayam
50 gr udang kupas
1 butir telur
50 gr tepung tapioka
1-1,5 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 helai daun bawang, iris-iris

Bumbu Halus :
1 siung bawang putih
1 butir bawang merah

Pelapis :
1 butir telur kocok lepas
(bisa juga pakai tepung bumbu atau tanpa pelapis juga oke)

Cara Membuat :
- Haluskan fillet dada ayam dan udang hingga lembut, campurkan dengan bumbu halus, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Masukkan telur, aduk rata.
- Masukkan tepung tapioka, aduk rata tapi jangan terlalu diuleni supaya teksturnya tidak alot.
- Buat lubang di tengah tahu dengan memakai pisau kecil, isikan adonan tahu bakso. Lakukan hingga habis.
- Kukus selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Angkat.
- Celupkan tahu bakso ke kocokan telur dan goreng hingga kecoklatan.
- Angkat dan siap disajikan hangat.

Dicocol sambel kecap enak, dicocol sambel bangkok juga mantap. Kalau lagi males bikin sambel kecap atau gak punya sambel bangkok? Pakai rawit aja deh ya hehehe. Yuuk bikin tahu bakso homemade ^^


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==