MIE HIJAU HOMEMADE



Bismillahirrohmanirrohim
Kali ini kita bikin mie homemade yuuk. Lebih sehat, bersih dan terjamin kalau kita bikin sendiri di rumah kan. Cara pembuatan mie homemade cukup mudah dan bahannya juga simpel kok. Sekarang ini lagi trend mie sehat dengan berbagai warna yang cantik. Warna-warna tersebut diperoleh dari bahan alami yang ditambahkan pada pembuatan mie. Warna hijau bisa diperoleh dari sawi hijau atau bayam, orange dari wortel, ungu dari bunga telang atau ubi ungu atau merah dari buah bit. Mie dengan aneka warna tersebut tentunya sangat menarik dilihat, apalagi anak-anak pasti suka. Dengan tambahan bahan-bahan tersebut, mie tidak hanya cantik tapi juga bisa meningkatkan nilai gizinya.

Keluarga kami adalah penggemar mie. Segala macam olahan mie pasti laris manis, mulai dari mie goreng, mie ayam, cwie mie, mie kangkung, mie titi dan lain sebagainya. Biasanya aku membuat mie tanpa tambahan bahan lainnya, jadi warnanya hanya kuning seperti mie pada umumnya. Kali ini aku tambahkan sawi hijau dan jadilah mie hijau homemade.





Kali ini aku mencoba resep dari Tabloid Koki yang kulihat di blog Mbak Hesti. Biasanya aku membuat mie hanya dengan bahan tepung terigu, garam dan telur. Resep ini memakai tambahan tepung sagu. Berikut ini resepnya ya

MIE HIJAU HOMEMADE

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm garam halus
2 sdm tepung sagu
3 butir telur ayam (bisa juga pakai telur bebek)
200 gr sawi hijau ---> blender dengan sedikit air ambil sarinya kurang lebih 100-150 ml 
(tambahkan bila kurang)

Cara Membuat :
- Dalam sebuah wadah campur terigu dan garam. Aduk hingga rata.
- Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
- Ambil sari sawi hijau (aku pakai 150 ml), masukkan telur kemudian aduk hingga rata.
- Tuang campuran sari sawi hijau sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diaduk hingga rata. Tambahkan sari sawinya bila adonan dirasa masih kering.
- Masukkan adonan ke dalam gilingan mie. Giling dengan nomer yang besar terlebih dahulu hingga halus. Sesekali beri tepung sagu agar tidak lengket.
- Kecilkan nomer gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
- Cetak mie sesuai selera, bisa bentuk pipih ataupun bulat. 
- Adonan mie siap digunakan.



Di foto ini warnanya beda ya hehehe. Ini foto di dapurku yang remang-remang, aslii saat proses berlangsung. Jadinya gak sempet mikir lighting karena tangan berlumuran tepung hihihi.

Mie homemade bisa tahan disimpan di kulkas selama kurang lebih 1 minggu. Kemas mie dalam wadah kedap udara dalam ukuran 1x pakai, misalnya dipacking masing-masing seberat 200 gr. Sebenarnya aku belum pernah juga menyimpan mie homemade sampai 1 minggu, karena keburu habis diolah. 
Mie hijau homemade ini bisa jadi salah satu solusi buat anak-anak yang tidak suka sayuran hijau. Mie-nya tidak terasa langu sayur sama sekali. Kata kakak Naira....Bunda ini mie pandan tapi kok kurang wangi ya pandannya hihihi. Dikiranya warna hijaunya dari pandan ^_^
Apabila tidak mempunyai gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin untuk menggiling adonan. Giling berulang kali hingga halus dan ketebalannya sesuai selera kemudian potong dengan menggunakan pisau. 



Selamat mencoba ya..
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==