MIE GORENG HIJAU



Olahan pertama dari mie hijau homemade yang sudah kuposting kemarin. Bikin yang gampang dan cepat aja untuk makan sore keluargaku, yaitu bikin mie goreng. Bahan-bahan pelengkapnya juga seadanya, sesuai stok yang ada di kulkas yaitu memakai ayam, sosis, sawi dan wortel. Kalau mau lebih lengkap bisa ditambahkan udang, bakso atau jamur. Aku tambahkan kripik pangsit sebagai pelengkapnya, karena memang gak punya pelengkap yang lain hehehe.
Siapapun pasti bisa membuat mie goreng. Dengan bumbu-bumbu minimalis kita bisa kok bikin mie goreng yang enak dan tidak kalah dengan mie goreng yang dijual di resto atau kaki lima. Karena kali ini aku memakai mie hijau, jadi lebih minimalis lagi deh, tidak memakai kecap manis dan saus tiram seperti yang biasa aku pakai. Aku cuma pakai kecap ikan aja. Bukan apa-apa sih...takutnya mie hijaunya warnanya jadi aneh heuheuheu. Kalau mau pakai juga gak apa-apa, pasti tambah mantap rasanya.

MIE GORENG HIJAU

Bahan :
250 gr mie hijau
1000 ml air + 1 sdm minyak goreng
100 gr fillet ayam
2 buah sosis, iris tipis
2 buah wortel potong korek api
2 ikat sawi hijau potong-potong
1 sdm kecap ikan
garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya
50 ml air
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
bawang goreng
kripik pangsit

Cara Membuat :
- Didihkan air, masukkan mie hijau. Tambahkan minyak goreng dan rebus hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
- Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna. 
- Masukkan sosis dan wortel. Aduk rata.
- Tambahkan air dan masak hingga wortel lunak. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk.
- Masukkan sawi, aduk rata.
- Masukkan mie hijau, tambahkan kecap ikan. Aduk rata dengan menggunakan sumpit. 
- Test rasa dan tambahkan bumbu hingga pas rasanya.
- Masukkan daun bawang, masak sebentar kemudian matikan api.
- Sajikan dengan taburan bawang goreng dan kripik pangsit.




Alhamdulillah...jadi menu makan sore yang nikmat. Karena kami keluarga pecinta mie, jadi gak heran kalau bikin mie selalu ludes laris manis, termasuk mie goreng hijau yang minimalis ini. Memakai mie homemade, tentu saja lebih enak dibandingkan kita memakai mie kering biasa. Mienya lebih lembut dan gurih.
Masih ada sisa mie hijau, requestnya diolah menjadi mie ayam jamur atau cwie mie malang. Siaap...laksanakan ^_^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
suardani
Friday, 28 February 2014 at 18:44:00 GMT+7 delete

Mbak ninaaaa... Kagum deh liat ibu yg bisa selalu siap menyediakan makanan kesukaan keluarga.. Pengen banget kayak mbak nina.. Sudah cantik.. Pinter masak n pinter baking.. Sudah banyak resep mbak nina yg sdh sy ujicoba di dapur kecil saya.. Suami dan anak2 jadi terheran2 karena mamanya sekarang bisa menyajikan makanan yg LUMAYAN enak dimakan... Hihihihi.. Makasih buat sharing resepnya ya mbak..

Reply
avatar
Monday, 3 March 2014 at 01:39:00 GMT+7 delete

It gave me great quinces, and the recipe that I am not happy, I am very grabs! thank you in advance
I board a good recipe already dealt a site like this http://le-couscous-marocain.blogspot.com

Reply
avatar
Monday, 3 March 2014 at 21:14:00 GMT+7 delete

Haii...mbak Suardani..terima kasih ya. Saya dulu gak bisa masak sama sekali mbak, makanya sekarang pun bisanya masak juga yang gampang-gampang aja. Belajaran nih hehehe.
Makasih sudah mencoba resepnya ya mbak

Reply
avatar