KEMBANG GOYANG



Kembang goyang adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia. Di berbagai daerah, kue ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya sebagai kembang loyang, matahari bahkan antari. Kue ini sebenarnya bertekstur renyah, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai kerupuk. Rasanya gurih dengan semburat rasa manis. Sekarang ini sudah banyak modifikasi kembang goyang, ada yang rasa pedas bahkan gurih keju. Warnanya pun juga beraneka ragam, mulai dari hijau, coklat, merah dan tentu saja yang kuning keemasan.

Kembang goyang banyak disajikan pada acara-acara tertentu, misalnya acara pernikahan, hari raya atau acara hajatan lainnya. Sekarang ini memang kembang goyang sudah tidak terlalu populer seperti dahulu, tapi bukan berarti kue ini dilupakan begitu saja. Kembang goyang tetap disajikan pada acara-acara spesial.

Sudah cukup lama aku pengen bikin kembang goyang sendiri. Cetakannya sudah dibeli sejak lama, tapi ternyata gak kesampaian juga bikinnya. Akhirnya tahun lalu (bulan lalu tepatnya hihihi), ketika ada kesempatan luang, aku bikin kembang goyang sendiri. Ada 2 resep yang ingin aku coba. Resep pertama memakai tepung beras dan telur sedangkan resep yang kedua memakai campuran tepung terigu dan tapioka serta tidak memakai telur. Kali ini aku mencoba resep yang memakai tepung beras dulu ya. Resep asli aku pakai milik Mas Budi Sutomo.




KEMBANG GOYANG

Bahan :
250 gr tepung beras
350 ml santan
2 butir telur, kocok lepas
5 sdm gula pasir (aslinya 4 sdm)
1/2 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Campur tepung beras, gula pasir dan garam. Aduk rata.
- Tuang telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Saring.
- Panaskan minyak, kemudian celupkan cetakan kembang goyang hingga panas.
- Celupkan cetakan ke dalam adonan, goreng sambil digoyang-goyang hingga terlepas dari cetakan.
- Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan
- Setelah dingin baru disimpan di wadah kedap udara.

Tips Membuat Kembang Goyang :
- Pastikan cetakan dalam keadaan panas ketika dicelupkan ke adonan. Cetakan yang dingin menyebabkan adonan tidak menempel di cetakan.
- Adonan kembang goyang yang lengket di cetakan bisa disebabkan karena adonan terlalu cair (kurang tepung) atau bisa juga karena cetakan yang kurang panas.
- Kembang goyang yang mudah gosong bisa disebabkan karena api yang digunakan terlalu besar atau pemakaian gula yang terlalu banyak.
- Warna kembang goyang yang pucat, tidak bisa kecoklatan disebabkan karena waktu penggorengan kurang lama atau karena penggunaan gula yang kurang.
- Jangan menumpuk kembang goyang ketika ditiriskan karena bisa menyebabkan kembang goyang terlalu berminyak.
- Agar kembang goyang matang dan kering merata, goreng dalam minyak yang cukup banyak.





Rasanya sudah cukup enak menurutku. Renyah dan manisnya pas. Cuma memang bentuknya belum bisa cantik. Jadi penasaran ingin mencoba lagi. Semoga ada kesempatan mencoba resep kembang goyang yang lainnya ya.


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Tuesday, 7 July 2015 at 21:47:00 GMT+7 delete

Mba, apa tipsnya agar waktu cetakan dicelup ke adonan, n pas diangkat hasil cetakannya gak lepas di wadah adonan itu?makasih

Reply
avatar
Monday, 3 August 2015 at 08:52:00 GMT+7 delete

Ibu saya menjual kembang goyang mini gurih dan renyah. Untuk bentuknya sudah cantik hanya ada sedikit masalah dengan minyak yang masih banyak menempel di kue.
Saya coba cari di internet dan ketemu blog catatan-nini ternyata cara meniriskannya tidak boleh ditumpuk. Mungkin ada saran lagi agar minyaknya tidak banyak yang menempel di kue?
Terima kasih artikelnya... sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
Thursday, 15 December 2016 at 07:11:00 GMT+7 delete

Halo mbak nina salam kenal
Kemarin saya buat kembang goyang, pertama cemplungin berhasil tetapi yang kedua sewaktu mau cemplungin cetakan ke adonan kok adonannya engga mau nempel di cetakan padahal cetakannya udah panas. Kira kira salahnya dimana ya?terima kasih

Reply
avatar
Thursday, 22 December 2016 at 13:34:00 GMT+7 delete

Mbak Nina, kemarin saya nyontek resep kembang goyang mba Nina. Semua Cara dan tips sudah saya patuhi termasuk tidak menumpuk kembang goyang saat meniriskan. Tetapi tetap saja banyak minyak menempel di kue nya. Kira2 dimana salahnya ya mbak?

Reply
avatar