HOMEMADE EKKADO



Proyek iseng tadi siang setelah kerjaan selesai adalah bikin homemade ekkado. Buat penggemar 'Hokben' pasti gak asing lagi kan sama yang namanya ekkado. Ekkado adalah salah satu variasi gorengan Jepang yang terdiri dari daging ayam cincang, udang cincang, telur puyuh dan dibungkus dengan kulit kembang tahu. Bentuknya lucu, mirip buntelan. Sebenarnya cara membuatnya cukup mudah, tapi yang membuatku maju mundur adalah aku kesulitan menemukan kulit kembang tahu yang mulus di tempatku. Akhirnya aku coba dengan bahan yang ada aja, it's mean pakai kulit kembang tahu yang memang gak mulus hihihi. Daripada penasaran terus dengan homemade ekkado sih ya. Ternyata memang lebih susah deh kalau kembang tahunya gak mulus, jadi gak heran kalau ekkado buatanku ini gak karuan bentuknya. Sebenarnya bisa juga diganti dengan kulit lumpia atau spring roll, cuma kok menurutku gak kaya ekkado donk ya karena gak pakai kembang tahu. Akhirnya cuma bisa menghibur diri....jangan liat bentuknya ya, yang penting rasanya enak heuheuheu.





Resep homemade ekkado, aku adaptasi dari Mbak Rachmah. Ini dia resepnya...

HOMEMADE EKKADO

Bahan :
Kulit kembang tahu
(aku pakai yang kaku/keras)
20 butir telur puyuh rebus
3 siung bawang putih, haluskan
200 gr daging ayam
200 gr udang kupas
1 butir telur
1 sdt garam halus
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
sejumput pala bubuk
1 sdt saus tiram
1/2 sdt saus teriyaki
1/2 sdt tepung tapioka
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Siapkan kulit kembang tahu. Apabila memakai yang kaku / keras, rendam dalam air panas hingga lemas. Angkat dan tiriskan baru kemudian dipotong-potong kurleb 10x10 cm. Apabila memakai kulit kembang tahu yang lemas, bisa langsung dipotong.
- Haluskan ayam dan udang dengan menggunakan food processor (bisa juga pakai blender atau diuleg biasa).
- Campurkan daging yang sudah dihaluskan dengan telur, bawang putih, tepung tapioka, garam, gula pasir, merica bubuk, pala bubuk, saus tiram dan saus teriyaki. Aduk hingga rata.
- Ambil selembar kulit kembang tahu, letakkan di tengahnya 1 sdm adonan kemudian letakkan 1 telur puyuh di atasnya. Tangkupkan sisi-sisinya ke tengah dan ikat dengan benang. Lakukan hingga habis.
- Panaskan kukusan, kemudian kukus ekkado dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit. Angkat.
- Setelah uap panasnya hilang, goreng ekkado dengan api sedang hingga kecoklatan dan renyah.
- Angkat dan tiriskan, lepaskan benangnya dan siap disajikan hangat.

Notes :
 Perhatikan tulisan pada kulit kembang tahu. Apabila tertera kulit kembang tahu sudah asin, maka hati-hati dalam penggunaan garam. Kulit kembang tahu yang kupakai ini  tidak terasa asin.

Enak sekali disajikan dengan sambal bangkok favorit keluarga. Kalau suka pakai saus mayonaise juga boleh, sesuaikan dengan selera keluarga aja ya. Lain kali pengen nyobain lagi bikin ekkado dengan tambahan wortel, kayanya enak juga deh. Tapi ntar aja ya, kalau sudah berhasil nemu kulit kembang tahu yang muluus.


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==