BLUEBERRY CHEESE TART



My first blueberry cheese tart. Bentuknya asli gak karuan hihihi. Entah kenapa waktu bikin ini rasanya blank aja, mulai dari bikin crust sampai isian kayanya gak mood banget. Tapi tetap maksain karena kebayang cheese tart dan juga stok cream cheese yang harus segera digunakan. Hasilnya...crust pie dan fillingnya gak mulus sama sekali :( Soal rasa...Alhamdulillah enaaak deh. Buat penggemar keju bisa dicobain.

Pertama kali tahu blueberry cheese tart dari blog Mbak Hesti. Ternyata resep aslinya adalah punya Kak Ita Masam Manis. Terima kasih inspirasinya ya buat mbak Hesti dan kak Ita. Please...jangan bandingkan buatanku dengan buatan beliau berdua ya...bagaikan bumi dan langit hihihi.






Tutorial lengkap dan resep asli Kak Ita silahkan klik disini ya...

BLUEBERRY CHEESE TART

Bahan Crust  :
170 gr margarin / butter (aku pakai 100 gr margarin, 70 gr butter)
50 gr gula pasir halus
1 butir telur, kocok lepas
300 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt garam

Bahan Filling :
250 gr cream cheese
50 gr gula pasir halus
1 butir telur
1/2 sdt essens vanilla
selai blueberry secukupnya
1 tetes pewarna ungu

Cara Membuat :
- Crust : Campur terigu, gula halus dan garam. Aduk hingga rata. Tambahkan margarin / butter, aduk dengan pisau pastry atau menggunakan garpu hingga adonan berbulir-bulir. Masukkan telur, aduk hingga rata dan satukan dengan tangan hingga membentuk adonan (jangan diuleni ya).
- Bungkus dengan cling wrap kemudian simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
- Siapkan cetakan pie, oles tipis dengan margarin atau minyak. Cetak adonan  di atasnya. Lakukan hingga habis. Tusuk-tusuk dasar adonan dengan garpu agar tidak menggelembung ketika dipanggang.
- Oven crust di oven dengan suhu 170'C selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang. 
- Filling : keluarkan cream cheese dari kulkas, kurang lebih 20-30 menit sebelum digunakan. Jangan sampai mencapai suhu ruang. Kocok cream cheese dan gula hingga rata. Tambahkan jeruk dan essens vanilla, kocok hingga rata.
- Ambil 1 sdm filling, beri 1 tetes pewarna ungu. Aduk hingga tercampur rata.
- Masukkan selai bluberry ke dalam piping bag. Semprotkan ke dasar crust pie.
- Masukkan filling ke dalam piping bag, semprotkan hingga penuh di atas selai blueberry hingga menutup seluruh bagian pie. 
- Beri sedikit motif warna ungu dengan menggunakan tusuk gigi. Buat 3-4 garis pendek, kemudian ditarik memanjang. (lebih jelasnya bisa dilihat di link Masam Manis di atas ya).
- Panggang dalam oven 160'C selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan test sentuh, apabila tidak lengket berarti sudah matang.
- Angkat dan dinginkan baru dikeluarkan dari cetakan.


Buat penggemar keju....monggo bisa dicoba resepnya. Aku paling suka makan dalam keadaan dingin . Gurihnya kulit pie dan filling keju dipadukan dengan selai blueberry yang asam manis...pas sekali.
Selamat mencoba ^_^





close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==