SUS KERING KEJU



Postingan tentang sus lagi ya, tapi kali ini adalah sus kering. Sejak kecil aku suka sekali makan sus kering. Bagiku dulu itu adalah cemilan yang paling enak hehehe. Setelah mulai belajar baking, tentu saja aku pengen banget bisa bikin sus kering sendiri. Mamaku pernah bilang kalau sus kering yang dijual di pasaran memakai bahan tambahan yang  membuat sus kering itu terasa sangat renyah. Hmmm...bahan apa ya kira-kira? Yang pasti gak mau ikut-ikut deh.

Dulu udah pertama kali nyoba bikin sus kering, aku bikin yang versi coklat. Saat itu pertimbangannya sederhana aja, kalau misalnya gosong kan gak keliatan amat karena warnanya coklat hihihih. Postingan tentang sus kering coklat bisa dilihat disini ya. Kali ini aku pengen bikin yang versi keju, karena memang lagi pengen cemilan yang gurih-gurih. Untuk resepnya aku pakai dari Sajian Sedap.




SUS KERING KEJU

Bahan :
250 ml air
100 gr margarin
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu protein sedang
60 gr keju cheddar + edam, parut halus
(boleh pakai cheddar atau edam aja)
3 butir telur
1/2 sdt baking powder.

Cara Membuat :
- Didihkan air dan margarin. Matikan api.
- Masukkan tepung terigu, aduk rata dan nyalakan api kecil. Aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari tepi panci. Matikan api dan biarkan hangat.
- Masukkan telur satu persatu sambil dikocok, masukkan keju parut dan baking powder. Aduk hingga rata.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit.
- Semprotkan kecil-kecil di atas loyang yang telah dioles margarin. Beri jarak antara satu dan lainnya.
- Oven dengan suhu 190'C selama 15 menit, kemudian turunkan suhunya menjadi 130'C dan teruskan memanggang hingga matang, kurang lebih selama 25-30 menit. 
- Angkat dan dinginkan baru kemudian dimasukkan wadah kedap udara.





Bentuknya memang gak karuan ya hihihi. Harap maklum kalau sus keringnya gak ada yang seragam bentuknya. Kalau untuk rasanya, sudah sesuai dengan seleraku. Suka banget ama rasa kejunya.
Happy Baking ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

13 komentar

komentar
Tuesday, 3 December 2013 at 21:51:00 GMT+7 delete

mbak Nina selalu membuatku ngiler dengan resep & hasil jepretannya. kereeeeennn.....

Reply
avatar
Wednesday, 4 December 2013 at 08:32:00 GMT+7 delete

mbak Nina, aku selalu gagal bikin sus kering ini,, dalamnya belum kering tapi udah gosong duluan. nyobain yg ini dehh,, smoga sukses.. :)

Reply
avatar
Wednesday, 4 December 2013 at 08:49:00 GMT+7 delete

Mbak Eva Wahyu....terima kasih ^^

Nina....yuuk cobain, mungkin apinya kegedean ya, jadinya cepat gosong. Sukses yaa

Reply
avatar
Wednesday, 4 December 2013 at 18:57:00 GMT+7 delete

demen banget sama sus,entah yang isi fla maupun yang kering tapi belum pernah nyoba abikin heheklataos28

Reply
avatar
Wednesday, 4 December 2013 at 21:20:00 GMT+7 delete

ntar ya sekali-sekali nyobain bikin, lebih puas maemnya hehehe

Reply
avatar
Saturday, 14 December 2013 at 15:10:00 GMT+7 delete

asikkk dapet resep cemilan gurih yang dioven, makasih ya mba Nina, ijin catet resepnya :D

Reply
avatar
Rina
Wednesday, 27 August 2014 at 16:13:00 GMT+7 delete

mba, semua foto-foto makanannya cantik, ada teknik khusus cara mengambil gambarnya mba? atau memang kameranya yang bagus?

Reply
avatar
Thursday, 4 September 2014 at 23:56:00 GMT+7 delete

makasih yaa, masih belajaran, belum bagus foto-foto saya.
Kamera saya biasa saja, cukup buat pemula atau entry level seperti saya ini.
Kalau sering-sering latihan, pasti bisa keren foto-fotonya.

Reply
avatar
Tuesday, 1 December 2015 at 11:27:00 GMT+7 delete

mba nina.. waktu masukin telurnya di kocok biasa atau dengan mixer yaaa??

Reply
avatar
Monday, 4 January 2016 at 17:59:00 GMT+7 delete

Bun, pas di turunkan suhunya menjadi 130'C kok sus nya jadi kempes ya bun? Mohon pencerahannya ya bun.. terima kasih

Reply
avatar
Monday, 4 January 2016 at 21:23:00 GMT+7 delete

Dikocok pakai mixer mbak, adonannya berat

Reply
avatar
Tuesday, 12 January 2016 at 05:48:00 GMT+7 delete

Ovennya nggak di buka bund, kan ada kacanya jadi liatnya di luar aja kok jadi kempes, trus aq naikin lagi suhunya jadi pake suhu 190' susnya mengembang lagi aq oven sampe matang tapi nggak gosong, bisa renyah kok.. hehehe

Reply
avatar