SUS KERING KEJU



Postingan tentang sus lagi ya, tapi kali ini adalah sus kering. Sejak kecil aku suka sekali makan sus kering. Bagiku dulu itu adalah cemilan yang paling enak hehehe. Setelah mulai belajar baking, tentu saja aku pengen banget bisa bikin sus kering sendiri. Mamaku pernah bilang kalau sus kering yang dijual di pasaran memakai bahan tambahan yang  membuat sus kering itu terasa sangat renyah. Hmmm...bahan apa ya kira-kira? Yang pasti gak mau ikut-ikut deh.

Dulu udah pertama kali nyoba bikin sus kering, aku bikin yang versi coklat. Saat itu pertimbangannya sederhana aja, kalau misalnya gosong kan gak keliatan amat karena warnanya coklat hihihih. Postingan tentang sus kering coklat bisa dilihat disini ya. Kali ini aku pengen bikin yang versi keju, karena memang lagi pengen cemilan yang gurih-gurih. Untuk resepnya aku pakai dari Sajian Sedap.




SUS KERING KEJU

Bahan :
250 ml air
100 gr margarin
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu protein sedang
60 gr keju cheddar + edam, parut halus
(boleh pakai cheddar atau edam aja)
3 butir telur
1/2 sdt baking powder.

Cara Membuat :
- Didihkan air dan margarin. Matikan api.
- Masukkan tepung terigu, aduk rata dan nyalakan api kecil. Aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari tepi panci. Matikan api dan biarkan hangat.
- Masukkan telur satu persatu sambil dikocok, masukkan keju parut dan baking powder. Aduk hingga rata.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit.
- Semprotkan kecil-kecil di atas loyang yang telah dioles margarin. Beri jarak antara satu dan lainnya.
- Oven dengan suhu 190'C selama 15 menit, kemudian turunkan suhunya menjadi 130'C dan teruskan memanggang hingga matang, kurang lebih selama 25-30 menit. 
- Angkat dan dinginkan baru kemudian dimasukkan wadah kedap udara.





Bentuknya memang gak karuan ya hihihi. Harap maklum kalau sus keringnya gak ada yang seragam bentuknya. Kalau untuk rasanya, sudah sesuai dengan seleraku. Suka banget ama rasa kejunya.
Happy Baking ^_^

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==