QUICHE LORRAINE


Quiche lorraine (dibaca : kish lorein) adalah salah satu pastry gurih yang berasal dari Prancis. Quiche berupa pie dengan isian custard yang terdiri dari telur dan susu. Sedangkan pelengkapnya berupa keju dan daging. Bisa juga dengan memakai isian berupa seafood atau sayuran. Walaupun selama ini dikenal sebagai salah satu hidangan dari Prancis, sebenarnya aslinya quiche berasal dari Jerman. Quiche berasal dari kata "kuchen" yang dalam bahasa Jerman berarti cake. Sedangkan resep asli custard sebagai filling quiche konon sudah dikenal di Inggris sejak abad 14. Waaah...belajar sejarah ya ini ceritanya hehehe. Tidak ada salahnya kan kalau kita mengetahui sedikit cerita di balik hidangan yang kita buat. 

Membuat quiche cukup mudah dan simpel, tapi rasanya jauuh dari kata simpel lho alias enak banget menurutku. Crust pie yang renyah dipadukan dengan filling yang lembut dan ngeju....mantap deh. Versi aslinya, quiche biasanya memakai smoked beef, tapi karena tidak punya smoked beef, jadi aku pakai sosis aja ya. Resep asli kuambil dari  NCC dan dimodifikasi sesuai bahan yang kupunya. Ingat juga kalau dulu Bu Fatmah ada pernah bilang, kalau bikin quiche jangan skip pemakaian bayam karena rasanya enaaak banget. Ya udah nurut aja dengan bu Fat, aku juga pakai bayam.

Kali ini aku memakai loyang pie bongpas diameter 22 cm. Untuk adonan crust ada lebihan dan aku cetak di cetakan pie mini. Untuk saus / custard-nya aku hanya membuat 1/2 dari resep asli NCC, sudah cukup untuk quiche yang kubuat kali ini.





QUICHE LORRAINE

Bahan kulit :
350 gr tepung terigu protein sedang
200 gr butter (bisa diganti margarin)
3 butir kuning telur
50 ml air es

Bahan Isi :
200 gr jamur kaleng, iris tipis
100 gr bayam, seduh hingga layu dan iris kecil-kecil
1 butir bawang bombay, cincang halus
200 gr sosis, iris tipis
100 gr keju cheddar parut halus

Bahan Custard / Saus :
500 ml susu cair
5 butir kuning telur
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica
---> campur semua bahan dan aduk hingga rata

Cara Membuat :
- Siapkan loyang pie (aku pakai loyang bongpas 22 cm), oles tipis margarin. Panaskan oven 170'C.
- Campur tepung terigu, telur dan butter. Aduk hingga berbulir-bulir.
- Tuang air es sedikit demi sedikit, aduk dengan ujung jari hingga adonan dapat dibentuk. Bulatkan.
- Gilas adonan dan cetak dalam loyang pie. Tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. 
- Panggang kulit pie hingga setengah matang, kurang lebih selama 15 menit. Angkat.
- Isi pie dengan bahan isian kemudian tuang adonan custard hingga penuh.
- Panggang kembali hingga matang, kurang lebih selama 40 menit, tergantung masing-masing oven.
- Angkat dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari cetakannya.

Apabila memakai cetakan pie mini, kulit pie tidak perlu dipanggang dahulu hingga setengah matang ya. Langsung tuang isi dan custard kemudian dipanggang.





Pengen yang lebih mantap...pakai smoked beef ya. Tapi walau hanya memakai sosis, quiche ini sudah cukup istimewa buatku. Semoga nanti ada kesempatan membuat versi smoked beef.



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
Thursday, 26 December 2013 at 19:06:00 GMT+7 delete

pas banget kemarin baru beli buku resep ttg pai semua isinya, termasuk resep ini, cuma di buku resepnya ada whipping cream-nya :D

Reply
avatar
Tuesday, 7 January 2014 at 13:21:00 GMT+7 delete

Halo mbak, mau tanya dong...
Kalo aku pakai pyrex instead of loyang pie bisa gak ya? Thanks :)

Reply
avatar
Tuesday, 7 January 2014 at 23:18:00 GMT+7 delete

bisa banget, cuma nanti gak bisa dikeluarkan utuh dari pyrex ya, jadi ntar dipotong-potong langsung dari pyrexnya

Reply
avatar
Thursday, 2 June 2016 at 15:30:00 GMT+7 delete

Hallo mba mau tanya...itu yang bahan isian yang ditumis itu bawang bombay jamur dan sosis saja ya. Terus kejunya dimasukkan dimana ya? Terima kasih

Reply
avatar
Thursday, 2 June 2016 at 19:22:00 GMT+7 delete

Dicampurkan saja setelah yang lain ditumis mbak Anin

Reply
avatar
Thursday, 15 December 2016 at 17:28:00 GMT+7 delete

Lebih mantep klo pake mozarella mayonaise bun....hehehee

Reply
avatar