PUDING LAPIS TAPE KETAN HIJAU



Sudah lama banget pengen puding ini, tapi ternyata baru kesampaian minggu lalu. Suamiku suka sekali dengan tape ketan hijau, gak heran walau aku sering beli tapi susah banget cari kesempatan buat bikin puding ini. Lha iyaa...tape ketannya langsung dimakan habis hihihi. Nah kalau kemarin itu ceritanya niat banget bikin, jadi beli tape ketan hijaunya lumayan banyak. Jadi si ayah bisa langsung makan dan masih ada sisa untuk diolah jadi puding ini hehehe.
Biasanya kalau bikin puding tape ketan hijau, aku gak pernah pakai acara lapis melapis kaya gini. Asli deh...gak telaten banget kalau disuruh ngelapis puding. Ketauan banget kan malesnya >.<  Jadi selama ini kalau bikin puding tape ketan ya tinggal campurkan tape ke larutan puding dan langsung tuang ke cetakan. Gampang dan cepat beres kan hihihi. Tapi karena ini lagi niat bikin puding lapis tape ketan hijau, ya harus diilangin dulu rasa malasnya. Tertarik dengan puding ini gara-gara dulu sering liat postingan mbak Hanna. Kayanya seger banget deh pudingnya, jadilah resep puding ini sudah cukup lama juga aku simpan. Resep asli milik mbak Hanna bisa dilihat disini ya.

PUDING LAPIS TAPE KETAN HIJAU 

Bahan :
2 bungkus (@7gr) agar-agar plain
250 gr gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
600 ml santan kental
1250 ml air
1 sdm pasta pandan (atau sesuai kebutuhan)
300 gr tape ketan hijau, bagi 2 bagian
2 helai daun pandan

Cara Membuat :
- Campur agar-agar, gula pasir, garam, daun pandan, santan dan air. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
- Setelah mendidih, segera matikan api dan angkat dari kompor. Aduk terus hingga uap panasnya hilang.
- Ambil 5-6 sdm larutan agar-agar, campurkan dengan 1 bagian tape ketan hijau. Aduk rata dan letakkan di dasar cetakan. Tunggu hingga setengah beku.
- Bagi 2 sisa larutan agar-agar, 1 bagian beri pasta pandan. Aduk rata.
- Setelah puding hangat, tuang larutan putih ke cetakan. Tunggu hingga agak beku baru tuang larutan hijau. Lakukan hingga cetakan penuh. 
- Beri tape ketan hijau di atasnya sebagai garnish.

Notes :
- Mendidihkan puding santan tidak perlu sampai terlalu bergolak, cukup hingga keluar gelembung-gelembungnya dan segera matikan apinya agar santan tidak pecah.
- Apabila sisa agar-agar di panci sudah membeku (keras) sebelum dipakai, cukup tambahkan sedikit air dan panaskan kembali di atas api kecil hingga mencair.

Naah..ketauan banget kan kalau memang benar-benar malas bikin puding lapis, soalnya lapisannya cuma 3 nih hahaha. Harap maklum yaah. Bikin 3 lapis aja berasa lama banget, maunya sih langsung tuang semua ke cetakan hihihi. Padahal kalau mau telaten, puding ini akan jauh lebih cantik bila lapisannya tipis-tipis. It's mean...lebih lama donk ngelapisnya. Ampuun dah. 

Ternyata beneran deh puding ini enak, jadi nyesel juga kenapa baru nyobain sekarang. Cantik juga sebagai salah satu isian snack box ya. 
Selamat mencoba








close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==