LBT #28 CAKE IN JAR



LBT #28 is coming. Kebetulan kali ini aku dan mbakyu Fifi Fitriyanto yang jadi host-nya. Sesuai kesepakatan, tema yang dipilih adalah Cake in Jar. 
Cake in jar bisa diartikan sebagai cake yang dikemas di toples kecil. Inovasi cake in jar sebenarnya sudah dimulai sekitar tahun 2011 dan masih banyak diminati hingga saat ini. Cake ini disajikan dalam toples-toples kecil yang lucu sehingga menjadi sangat menarik. Untuk menikmati cake in jar, kita tidak memerlukan lagi pisau untuk memotong cake dan juga piring kue karena kreasi cake in jar bisa langsung dinikmati dari toples kemasannya.
Terdapat dua cara untuk membuat cake in jar. Pertama, bisa membuat adonan kue dan memanggangnya terlebih dahulu, lalu dipotong sesuai bentuk stoples dan disusun bersama beberapa lapisan krim atau tambahan lainnya. Yang kedua dengan cara menuangkan adonan kue ke dalam toples lalu dipanggang. Cake yang bisa digunakan sebagai cake in jar contohnya adalah rainbow cake, black forest, ombre cake, red velvet cake, tiramisu, carrot cake, cheese cake dan lain sebagainya. Untuk krim atau fillingnya bisa memakai buttercream, whipcream, ganache, cream cheese frosting dan lain sebagainya disesuaikan dengan base cake yang dipakai dan tentunya dengan selera masing-masing.

Kemasan yang digunakan biasanya adalah mason jar, toples kaca dengan tutup botol ulir yang diputar. Jenis jar ini biasanya digunakan untuk mengawetkan atau menyimpan acar atau selai. Kita bisa memanfaatkan yang kita punya di rumah, misalnya botol bekas selai, gelas bening atau bahkan cup mika. Nah...kalau yang ini aku banget deh ya, karena aku nggak punya toples-toples kecil, jadi aku pakai gelas aja. Memanfaatkan yang ada di rumah aja yaa heheheh.

Sebenarnya ada banyak ide untuk membuat PR kali ini. Tapi ternyata terlalu banyak ide malah bikin bingung dan akhirnya gak kesampaian semua hahaha. Awalnya aku pengen bikin neapolitan cheese cake. Udah siap semua bahan, bahkan udah difotoin bahannya tapi harus gagal karena ada bahan yang kepakai buat orderan hihihihi. Trus pengen bikin juga chantilly cake in jar, tapi gagal juga karena jeruk mandarin tinggal sekaleng dan akhirnya kepakai buat puding. Sempat mantap pengen bikin lava cake yang langsung dipanggang dengan jar-nya, tapi akhirnya gak yakin ama gelas yang kupunya. Kalau pecah waktu di oven kan berabe tuh. Hadeeh...beneran deh banyak ide justru macet realisasinya. Menjelang hari H ternyata tambah repot dan sok sibuk, akhirnya bikin yang simpel aja dan anak-anak doyan. Jadilah....Vanilla Choco Truffle in Jar.





Vanilla choco truffle in jar terdiri dari paduan spongecake vanilla lembut dan choco truffle yang nyoklaat banget. Untuk toppingnya aku pakai yang simpel aja yaitu white chocolate serut dan cherry. Aslinya sih karena udah gak punya ide lagi mau diapain lagi hihihi. Resep spongecakenya aku memakai resep sendiri, sedangkan choco truffle aku memakai resep Kang Yadi HF. Bisa memakai resep spongecake andalan masing-masing ya. Dipadukan dengan spongecake coklat juga enak dan pastinya tambah nyoklat.

VANILLA CHOCO TRUFFLE IN JAR

Bahan Spongecake Vanilla :
9 kuning telur
3 putih telur
90 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein rendah
20 gr maizena
1 sdt cake emulsifier
1 sdt vanilla
80 gr butter, lelehkan

Cara Membuat Spongecake Vanilla :
- Siapkan loyang (aku pakai 2 loyang 24x24x4 cm, boleh juga pakai 1 loyang 30x30x4 cm). Oles margarin, alas kertas roti dan oles kembali.
- Campur dan ayak tepung terigu dan maizena
- Dalam suatu wadah yang bersih dan kering, campur kuning telur, putih telur, gula, campuran terigu dan maizena serta cake emulsifier.
- Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata, lanjutkan mengocok dengan speed tinggi hingga mengembang dan kental berjejak.
- Masukkan vanilla, kocok hingga rata dan matikan mixer.
- Tuang butter leleh, aduk balik hingga tercampur rata dan tuang ke dalam loyang.
- Panggan dengan suhu 180'C hingga matang.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.
- Untuk membuat cake in jar, setelah cake dingin, masukkan kulkas hingga set sehingga mudah untuk dicutter.

Bahan Chocolate Truffle :
250 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
125 ml dairy whipcream (whipcream cair / krim kental), suhu ruang
250 ml non dairy whipcream (dari 100 gr whipcream bubuk dan 200 ml air es)
1 sdt gelatin bubuk
2 sdt air es

Cara Membuat Chocolate Truffle :
- Panaskan dairy whipcream (whipcream cair) di atas api kecil. Tidak perlu sampai mendidih cukup hingga timbul gelembung-gelembung kecil.
- Masukkan DCC cincang, aduk rata menggunakan whisker hingga lembut. Sisihkan.
- Kocok non dairy whipcream hingga setengah kaku, masukkan campuran coklat. Aduk hingga rata menggunakan whisker.
- Campurkan gelatin dengan air es. Diamkan selama kurang lebih 5 menit hingga seluruh air terserap oleh gelatin. Kemudian panaskan gelatin dengan cara ditim sambil terus diaduk-aduk hingga gelatin larut dan bening.
- Tuang gelatin ke campuran coklat. Aduk rata.
- Siap digunakan.

Simple Syrup :
100 gr gula pasir
300 ml air
---> campur dan panaskan dengan api kecil tanpa diaduk.
Masak hingga seluruh gula larut. Matikan api dan dinginkan.

Penyelesaian :
- Siapkan jar (toples) atau gelas yang bersih dan kering.
- Cutter cake sesuai dengan ukuran dan bentuk jar kemudian masukkan perlahan sambil dipadatkan.
- Perciki permukaan cake dengan simple syrup.
- Tuang truffle di atas cake dan tumpuk dengan cake kembali.
- Ulangi langkah ini hingga penuh.
- Beri topping sesuai selera
- Simpan di dalam kulkas hingga set dan siap disajikan.




Alhamdulillah...PR selesai dibuat. Smoga next time bisa bikin segala ide yang tertunda itu, biar gak penasaran. Menikmati cake in jar ini memang ada sensasi tersendiri, beda lho rasanya kalau kita makan cake yang dipotong. Bayangin aja deh, kita menyendok cake yang lembut sambil membersihkan sisa-sisa krim di tepian jar atau gelasnya. Seruuuu...


Almost done ^_^

Happy Baking...and enjoy cake in jar..
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==