BROWNIES PISANG



Hasil dapur minggu kemarin dan saking rajinnya baru sempat diedit hehehe. Kebetulan punya stok pisang cavendish yang sudah matang sekali. Kalau langsung dimakan, kayanya kurang enak karena teksturnya sudah mulai lembek. Lebih oke kalau diolah kan ya, pasti semua doyan dan cepet habisnya. Setelah pikir-pikir sambil ngitung kancing antara choco banana cake dan banana brownies, akhirnya pilihan jatuh pada banana brownies. Selain karena review tentang resep ini banyak yang puas ama hasilnya, udah lama banget pengen bikin brownies panggang. Jadi yuuk mari ke dapur ^^

Original recipe banana brownies ini sebenarnya adalah versi kukus. Tapi ternyata resep ini bisa juga dipanggang. Aroma akan lebih terasa kalau dipanggang ya. Silahkan bila ingin membuat yang versi kukus. Resep asli versi kukus dari Just Try & Taste, sedangkan versi panggang pernah dibuat oleh Mbak Hesti.

BROWNIES PISANG

Bahan :
100 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
20 gr coklat bubuk
150 gr dark cooking chocolate
3 sdm butter
125 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
300 gr pisang ambon / ambon / cavendish, lumatkan
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
almond slice untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, oles tipis kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan coklat bubuk. Sisihkan.
- Double boiler (tim) dark chocolate hingga meleleh. Angkat dari api.
- Aduk coklat dengan baloon whisk hingga licin. Masukkan gula pasir, butter dan vanilla, aduk hingga semua bahan larut dan halus. Jika terlalu kental bisa ditim kembali sebentar hingga menjadi agak lumer.
- Masukkan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam campuran coklat. Aduk rata.
- Masukkan telur kocok. Aduk hingga halus.
- Masukkan campuran tepung secara bertahap. Dalam tiap tahapannya, aduk perlahan hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dan taburi dengan almond slice.
- Panggang selama kurang lebih 35-40 menit atau hingga matang dan tidak lengket ketika tes tusuk.
- Keluarkan dari oven dan dinginkan di atas rak kawat.
- Potong sesuai selera.






Beneran deh ini enaaak. Teksturnya memang padat, tapi lebih lembut dibandingkan brownies biasa. Aroma pisangnya juga terasa harumnya. Selain memakai almond slice, bisa juga memakai potongan pisang sebagai toppingnya. Boleh juga pakai kenari atau kacang-kacangan lainnya. Tanpa topping juga tetap oke kok. Buat pecinta banana cake, mungkin brownies pisang ini bisa dicoba. Recomended banget deh. 




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
Thursday, 5 December 2013 at 17:37:00 GMT+7 delete

adudududdduu..mbk nina,bikin ngilerrr.....

Reply
avatar
Friday, 6 December 2013 at 13:25:00 GMT+7 delete

Aku baru bikin lho mbak... Enyak banget walau ada insiden ketika mau di panggang. Ovennya aku colokin langsung ke stabilizier dan ternyata tuh stabilizier nggak sanggup nanggung watt oven dan meletus lah tu stabilizier, jantungan... Ku pikir ovenku yang meledak. Akhirnya aku kukus aja deh brownies nya dan walau gak pake baking powder hasilnya tetap moist dan padat khas brownies. Tapi mbak menurutku rasanya kurang manis deh, jadi kerasa pahit coklatnya. Lainkali kalo bikin lagi gulanya yang harus ditambah atau coklatnya ya yang dikurangi ??? Salam...

Reply
avatar
Friday, 6 December 2013 at 14:28:00 GMT+7 delete

mbk nin..ini almon slice nya mentah pa harus di panggang dulu sebelum di tabur.

Reply
avatar
Friday, 6 December 2013 at 14:32:00 GMT+7 delete

mbk nin,ini almon slice yg di taburkan, mentah kan?

Reply
avatar
Monday, 9 December 2013 at 21:59:00 GMT+7 delete

Uchie...haii..terima kasih review-nya ya. Haduh...seru dan deg-degan baca ceritanya insiden ovennya. Rasa manis bisa disesuaikan dengan selera ya, bisa ditambahkan gulanya kalau dirasa kurang manis. Pisang yang digunakan juga berpengaruh juga sih.

Reply
avatar
Monday, 9 December 2013 at 22:00:00 GMT+7 delete

Ummu Shoffiyah...saya sangrai sebentar mbak, dipanggang dulu sebentar juga boleh

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 11:27:00 GMT+7 delete

Fotonya bagus bangeettt mbak, browniesnya juga kayaknya enak banget... boleh tau pake kamera sama lensa apa nggak?
oya, saya baru di dunia perbloggingan.. hehe.. tolong cek blog saya ya foodandspoon.blogspot.com.. makasih

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 8 May 2015 at 13:43:00 GMT+7 delete

Mbak nina, ini ngaduknya pakai mikser atau baloon whisk / spatula? Trimss mbak.. Aku baru nyoba, sedang dipanggang..hehehe

Reply
avatar