BROWNIES PISANG



Hasil dapur minggu kemarin dan saking rajinnya baru sempat diedit hehehe. Kebetulan punya stok pisang cavendish yang sudah matang sekali. Kalau langsung dimakan, kayanya kurang enak karena teksturnya sudah mulai lembek. Lebih oke kalau diolah kan ya, pasti semua doyan dan cepet habisnya. Setelah pikir-pikir sambil ngitung kancing antara choco banana cake dan banana brownies, akhirnya pilihan jatuh pada banana brownies. Selain karena review tentang resep ini banyak yang puas ama hasilnya, udah lama banget pengen bikin brownies panggang. Jadi yuuk mari ke dapur ^^

Original recipe banana brownies ini sebenarnya adalah versi kukus. Tapi ternyata resep ini bisa juga dipanggang. Aroma akan lebih terasa kalau dipanggang ya. Silahkan bila ingin membuat yang versi kukus. Resep asli versi kukus dari Just Try & Taste, sedangkan versi panggang pernah dibuat oleh Mbak Hesti.

BROWNIES PISANG

Bahan :
100 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
20 gr coklat bubuk
150 gr dark cooking chocolate
3 sdm butter
125 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
300 gr pisang ambon / ambon / cavendish, lumatkan
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
almond slice untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, oles tipis kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan coklat bubuk. Sisihkan.
- Double boiler (tim) dark chocolate hingga meleleh. Angkat dari api.
- Aduk coklat dengan baloon whisk hingga licin. Masukkan gula pasir, butter dan vanilla, aduk hingga semua bahan larut dan halus. Jika terlalu kental bisa ditim kembali sebentar hingga menjadi agak lumer.
- Masukkan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam campuran coklat. Aduk rata.
- Masukkan telur kocok. Aduk hingga halus.
- Masukkan campuran tepung secara bertahap. Dalam tiap tahapannya, aduk perlahan hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dan taburi dengan almond slice.
- Panggang selama kurang lebih 35-40 menit atau hingga matang dan tidak lengket ketika tes tusuk.
- Keluarkan dari oven dan dinginkan di atas rak kawat.
- Potong sesuai selera.






Beneran deh ini enaaak. Teksturnya memang padat, tapi lebih lembut dibandingkan brownies biasa. Aroma pisangnya juga terasa harumnya. Selain memakai almond slice, bisa juga memakai potongan pisang sebagai toppingnya. Boleh juga pakai kenari atau kacang-kacangan lainnya. Tanpa topping juga tetap oke kok. Buat pecinta banana cake, mungkin brownies pisang ini bisa dicoba. Recomended banget deh. 




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==