MARMER CAKE DUO



Marmer cake ini juga foto lama, dibuat beberapa waktu yang lalu berbarengan dengan orderan angry bird BDCK buat Danis. Kebetulan lagi pengen marmer cake jadul, sekalian bisa dipotong sedikit untuk membuat jambulnya si angry bird hihihi.
Biasanya aku membuat marmer cake jadul memakai resep Pak Sahak, tapi kali ini ingin mencoba resepnya Mbak Dida. Thanks resepnya ya mbakyu.
Untuk variasi, aku membuat 2 rasa dalam 1 loyang, yaitu vanilla dan pandan. Sedangkan untuk motif marmernya tetap memakai rasa coklat.




MARMER CAKE DUO

Bahan :

4 telur utuh
4 kuning telur
250 gr tepung terigu protein rendah
200 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis putih
1 sdt vanilla
1 sdt emulsifier
250 gr margarin leleh (aku mix butter dan margarin)
pasta coklat dan pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :
- Siapkan loyang tulban, oles dengan margarin dan taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
- Panaskan oven 170'C
- Kocok telur, tepung yang sudah diayak, gula pasir, vanilla dan emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata dan mengental, kurang lebih selama 10 menit.
- Masukkan susu kental manis, aduk rata.
- Tuang margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata.
- Ambil sedikit adonan (kurang lebih 4 sdm), beri pasta coklat, aduk rata. Sisihkan.
- Bagi sisa adonan menjadi 2 bagian sama banyak, beri salah satu bagian dengan pasta pandan. Aduk rata. Sisa adonan biarkan tanpa warna
- Tuang adonan pandan dan adonan kuning secara bersamaan ke dalam loyang. Tuang dengan menggunakan tangan kiri dan tangan kanan ya, agar adonan tidak tercampur.
- Dengan menggunakan sendok, tuang adonan coklat di atasnya. Buat motif marmer dengan menggunakan sumpit atau tusuk sate.
- Panggang hingga matang.
- Setelah matang, segera keluarkan dari loyang dan dinginkan.




Alhamdulillah....lumayan sekali untuk teman minum teh atau kopi di sore hari. Sekalian nostalgia ya, karena dulu waktu masih kecil, Mama sering membuat cake marmer ini. 
Happy Baking ^^
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==