EDIBLE PINATA CAKE



Edible pinata cake ini kubuat spesial untuk customerku yang paling setia, yaitu kedua putriku ^_^  Pinata cake adalah gabungan dari cake dan permen. Cakenya bisa dihias dan dibentuk sesuai selera serta menggunakan permen sebagai bahan isiannya. Biasanya pinata cake bentuknya menyerupai mangkok atau bola. Karena aku gak punya loyang bola, jadi pakai loyang bulat biasa aja hehehe.

Di western, pinata lazimnya ada di pesta ulang tahun. Pinata biasanya berupa wadah tertutup dengan berbagai bentuk yang digantungkan dan isinya adalah permen atau coklat. Pinata ini kemudian akan dipukul oleh yang berulang tahun sehingga isiannya akan berhamburan dan anak-anak akan berebutan untuk mengambilnya. Karena aku bukan bule dan memang belum pernah mengadakan pesta ulang tahun buat anak-anak, jadi pinata-nya diwujudkan dalam bentuk cake aja ya.

Base cake-nya bisa memakai resep favorit keluarga. Seperti biasanya aku memakai resep spongecake coklat andalan yang lembut. Untuk isiannya memakai permen coklat warna-warni. Sayangnya pinata cake pertamaku ini masih belum bagus deh. Menurutku cekungan yang aku buat terlalu sempit, andai lebih lebar hingga ke tepian cake dan isi permennya lebih banyak, pasti lebih asyik hihihih. Next time better ya.
Karena untuk dinikmati sendiri bersama keluarga, jadi aku bikin cake yang mungil aja yaitu memakai 2 loyang bulat ukuran 18cm. Cake kemudian dibuat cekungan di tengahnya, kemudian diisi dengan coklat. Bisa dilihat di gambar berikut, kalau aku kurang lebar membuat cekungannya.




Cake kemudian dilapis dengan buttercream atau bisa juga cream cheese frosting, ganache, whipcream atau bahkan selai. Fungsinya selain sebagai filling juga sebagai perekat antara cake. Setelah itu bisa dihias sesuai selera. Karena lagi males ribet urusan dekor dan memang alasan utamanya bingung mau didekor model gimana, akhirnya aku pakai aja edible printing gambar Oggy and The Cockroaches. Kebetulan adek memang lagi seneng dengan kartun ini. Bundanya sampe puyeng karena Oggy mulu yang ditontonnya >.<




Surpraise sekali buat anak-anak, karena mereka mengira ini adalah cake biasa dan tidak menyangka ada coklat warna warni sebagai isiannya hihihi. Begitu diiris dan tau ada coklatnya, langsung coklatnya duluan yang diserbu. Mohon maaf fotonya seadanya, difoto malem-malem saat Kakak dan Adek heboh dengan cakenya, tanpa style dan terpaksa pakai flash. Yang penting bisa tau dalamnya ya.

Sebenarnya cake ini kubuat dalam rangka Milad adek yang ke-4. Tidak ada acara spesial, tidak ada tiup lilin, hanya kumpul bersama keluarga. Alhamdulillah itu sudah suatu nikmat yang luar biasa. Eid Milad Azmah Zulfa Mufida, semoga kelak bisa menjadi anak sholehah, cahaya bagi keluarga dan agama. Aamiin.
Btw...kenapa ada gambar kakak Naira juga di cake-nya? hmmm....lebih baik gitu kan ya, daripada kakaknya iri dan minta dibuatkan cake yang sama. Sapa donk yang mau makan hihihih.



Untuk yang penasaran dengan pinata cake, yuuk bikin sendiri. Silahkan dikreasikan sesuai selera keluarga. Untuk yang mau order....just contact me ya ^_^

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==