STEAMED CHEESE CAKE (BROWKUS KEJU PAK SAHAK)



Browkus keju resep Pak Sahak Pribadi ini sudah terkenal sekali. Banyak yang menyukai dan menjadikan resep ini sebagai salah satu resep favorit. Kalau aku lebih sreg menyebutnya sebagai steamed cheese cake alias cake keju kukus. Gimana gak, pemakaian cream cheesenya jauh lebih banyak dibandingkan pemakaian tepung. Jadi bisa dipastikan kalau cheesy lovers pasti suka dengan cake ini.  Rasa keju dari cream cheesenya memang cukup terasa tapi tidak menjadikan cake ini menjadi eneg. Teksturnya juga sangat lembut. Kalau aku lebih suka menyantapnya dalam keadaan dingin, anggap aja makan JCC ya hihihihi. Liat deh teksturnya....



Sengaja bikin ini karena masih ada stok cream cheese di kulkas. Pengennya sih memang bikin CCC atau JCC, tapi kok males ya berlama-lama nungguin matengnya. Jadi bikin yang cepat dan praktis aja.

STEAMED CHEESE CAKE
(BROWKUS KEJU PAK SAHAK)

Bahan A :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt emulsifier

Bahan B :
60 gr tepung terigu
20 gr maizena
40 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt garam
---> campur dan ayak

Bahan C :
250 gr cream cheese suhu ruang
75 gr butter
---> kocok sampai halus

Cara Membuat :
- Siapkan loyang 30x10x3 cm (aku pakai loyang oval dan masih ada sisa adonan). Oles tipis dengan margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Panaskan kukusan.
- Kocok bahan A hingga mengembang dan kental.
- Masukkan bahan B, aduk hingga rata atau bisa dikocok mixer speed rendah.
- Masukkan bahan C, aduk balik hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang, hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara dalam adonan.
- Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
- Angkat, keluarkan dari loyangnya dan dinginkan.

Karena untuk dinikmati sendiri bersama keluarga, jadi gak usah pakai dekor deh ya. Cukup memakai coretan coklat aja dan beri sepotong cherry kering sebagai pemanis hihihi. Boleh juga cakenya dibuat 2 layer, jadi dituang tipis saja ke 2 buah loyang dan kemudian ditambahkan selai sebagai fillingnya. Enaaak deh, aku udah pernah nyoba.




Biar sudah dihentakkan sesaat sebelum masuk kukusan, ternyata masih ada rongga di cake-nya. Gak apa deh ya, tidak mengurangi rasanya. Cheesy lovers....it's worth to try.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
Monday, 4 November 2013 at 15:58:00 GMT+7 delete

salam Puan Nina...
Saya dh cuba resepi ni, memang mantap...
Izinkan copy resepi ni pada blog saya pulak yaaa...
Nanti saya letakkan linknya...

Reply
avatar
Saturday, 9 November 2013 at 11:47:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam....terima kasih sudah mencoba. Silahkan dicopy di blog ^^

Reply
avatar
Thursday, 22 May 2014 at 17:29:00 GMT+7 delete

Hai mba nina, saya sudah coba resepnya. mmg bener' ngejuuu bgt yaa. tp kog tekstur punya saya lbh padat ya, apalagi uda taro kulkas jd malah terkesan agak keras. hiks..hiks..
mohon petunjuknyaa yaaa mbaa.
thankss sebelumnyaa...

Reply
avatar
Thursday, 22 May 2014 at 19:13:00 GMT+7 delete

hai mbak Lenny, mungkin ada yang salah ya mbak di pembuatannya, soalnya ini lembut teksturnya, bahkan setelah diletakkan di kulkas menurut saya juga tetap lembut.Coba lagi aja deh mbak

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 10 September 2014 at 15:37:00 GMT+7 delete

Assalamu'alaykum, mba Nina..
Barusan saya bikin cake kukus ini, belum saya icip :)

Tp saya kayaknya kelamaan di 'teknik balik' itu
jadi kue nya gak ngembang...hiks

Atau memang gak ngembang kah??

Reply
avatar
Sunday, 4 January 2015 at 12:15:00 GMT+7 delete

Ass,,mba nina.sya td praktek resep yg diatas ini tpi teksturnya kok beda ya gk kyk yg di fto itu.klo di ftony kn kliatan sponge gtu.pnyaqu gk.apa mngkin dr cream cheese'a ya mba.cz cream cheese'a g suhu ruang.tpi baru ngmbil dr kulkas.

Reply
avatar
Sunday, 4 January 2015 at 12:19:00 GMT+7 delete

Ass mba nina,,, brusn sya praktek resep yg ini.tpi hasilny pny saya kok bda ya teksturnya.gk sprti yg ada dfto ( sponge) pny sya teksturny agak basah n lembek lgi.apany yg salah ya mba.??
Trimksih!!!

Reply
avatar
Carina
Sunday, 28 August 2016 at 08:19:00 GMT+7 delete

Assalaamu'alaikum bunda..
kalo mau pakai filling mesti dibuat 2 loyang, setelah diberi filling lalu ditumpuk. Benar begitu?


Reply
avatar