STEAMED CHEESE CAKE (BROWKUS KEJU PAK SAHAK)



Browkus keju resep Pak Sahak Pribadi ini sudah terkenal sekali. Banyak yang menyukai dan menjadikan resep ini sebagai salah satu resep favorit. Kalau aku lebih sreg menyebutnya sebagai steamed cheese cake alias cake keju kukus. Gimana gak, pemakaian cream cheesenya jauh lebih banyak dibandingkan pemakaian tepung. Jadi bisa dipastikan kalau cheesy lovers pasti suka dengan cake ini.  Rasa keju dari cream cheesenya memang cukup terasa tapi tidak menjadikan cake ini menjadi eneg. Teksturnya juga sangat lembut. Kalau aku lebih suka menyantapnya dalam keadaan dingin, anggap aja makan JCC ya hihihihi. Liat deh teksturnya....



Sengaja bikin ini karena masih ada stok cream cheese di kulkas. Pengennya sih memang bikin CCC atau JCC, tapi kok males ya berlama-lama nungguin matengnya. Jadi bikin yang cepat dan praktis aja.

STEAMED CHEESE CAKE
(BROWKUS KEJU PAK SAHAK)

Bahan A :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt emulsifier

Bahan B :
60 gr tepung terigu
20 gr maizena
40 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt garam
---> campur dan ayak

Bahan C :
250 gr cream cheese suhu ruang
75 gr butter
---> kocok sampai halus

Cara Membuat :
- Siapkan loyang 30x10x3 cm (aku pakai loyang oval dan masih ada sisa adonan). Oles tipis dengan margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Panaskan kukusan.
- Kocok bahan A hingga mengembang dan kental.
- Masukkan bahan B, aduk hingga rata atau bisa dikocok mixer speed rendah.
- Masukkan bahan C, aduk balik hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang, hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara dalam adonan.
- Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
- Angkat, keluarkan dari loyangnya dan dinginkan.

Karena untuk dinikmati sendiri bersama keluarga, jadi gak usah pakai dekor deh ya. Cukup memakai coretan coklat aja dan beri sepotong cherry kering sebagai pemanis hihihi. Boleh juga cakenya dibuat 2 layer, jadi dituang tipis saja ke 2 buah loyang dan kemudian ditambahkan selai sebagai fillingnya. Enaaak deh, aku udah pernah nyoba.




Biar sudah dihentakkan sesaat sebelum masuk kukusan, ternyata masih ada rongga di cake-nya. Gak apa deh ya, tidak mengurangi rasanya. Cheesy lovers....it's worth to try.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==