PUDING CAKE CHOCO VANILLA



Puding cake choco vanilla ini dibuat untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Kebetulan akhir-akhir ini adek suka rewel kalau Bundanya lagi ngerjain pesanan kue. Maunya adek, kue itu untuk dia dan gak boleh dikirimkan ke pemesan. Kalau udah dikirim atau diambil, langsung deh pasang tampang jutek sambil bilang kalau itu kue punya adek heheheh. Sebenarnya setiap ada pesanan selalu ada lebihan untuk keluarga, tapi maunya adek cake dekor itu semua punya dia hihihih. Kalau pesanan biasa yang tanpa dekor, adeknya gak ribut minta. Jadi puding cake ini dibuat spesial untuk putri kecilku, karena memang Bundanya sudah janji untuk membuatkan kue yang besar, walau tanpa dekor ya :D

Tertarik dengan resep puding cake ini sudah cukup lama. Resep asli dari Sajian Sedap dan kulihat di Dapur Solia. Penampilan puding cake yang kubuat ini masih jauh dari kata cantik, malah terkesan berantakan menurutku >.<  Soal rasa....hmmm...kalau aku yang bilang sih enak banget, maksudnya resep ini sesuai dengan seleraku. Kali ini aku membuat versi loyang bulat, yaitu dengan memakai ring mika atau bisa juga memakai loyang ring. Versi asli memakai loyang kotak 22 cm dan kemudian ditrim menjadi ukuran 20 cm. Bisa menggunakan resep cake sesuai selera. Cake yang dipakai juga tidak harus cake coklat, memakai cake vanilla juga enak. Berikut resep dengan sedikit modifikasi dariku

PUDING CAKE CHOCO VANILLA

Bahan Cake Coklat :
3 butir telur
80 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
60 gr tepung terigu
15 gr coklat bubuk
50 gr margarin, lelehkan

Cara Membuat :
- Panaskan oven 190'C. Siapkan loyang bulat diameter 22 cm, oles margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
- Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer speed rendah atau diaduk.
- Tuang margarin leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 15-20 menit.
- Angkat dan dinginkan.
- Letakkan cake di ring mika atau loyang ring.

Bahan Puding Busa Coklat :
1 bungkus agar-agar bubuk
25 gr gula pasir
20 gr coklat bubuk
400 ml susu cair
100 gr coklat masak pekat, cincang halus
90 gr putih telur (setara 3 putih telur)
1/8 sdt garam
60 gr gula pasir

Bahan Puding Vanilla :
1 1/2 bungkus agar-agar bubuk
180 gr gula pasir (bisa ditambah sesuai selera)
1200 ml susu cair
2 butir kuning telur, kocok lepas
1/2 sdt vanilla

Bahan Puding Bening :
1/2 bungkus agar-agar bubuk
350 ml air
75 gr gula pasir

Cara Membuat Puding :
- Puding Busa Coklat : Rebus susu cair bersama agar-agar bubuk, coklat bubuk dan gula psir hingga mendidih. Masukkan potongan coklat masak, aduk hingga coklat leleh. Sisihkan.
- Dalam suatu wadah yang kering dan bebas minyak, kocok putih telur dan garam hingga berbusa. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku / HARD PEAK. Salah satu tandanya adalah apabila bowl dibalik maka kocokan putih telur tidak akan tumpah.
- Masukkan larutan puding sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.
- Tuang setengah adonan puding ini ke atas cake, biarkan hingga setengah beku.  Sisanya dituang di mangkok dan bekukan.
- Puding Vanilla : rebus susu bersama agar-agar bubuk dan gula pasir sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan api.
- Ambil sedikit adonan, tuang ke dalam kuning telur kemudian aduk rata dan tuang kembali. Aduk rata, nyalakan api dan aduk hingga mendidih kembali.
- Matikan api, tambahkan vanilla. Aduk rata.
- Tuang sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok sayur ke atas puding busa coklat. Biarkan hingga setengah beku.
- Puding Bening : Rebus agar-agar bubuk,gula pasir dan air hingga mendidih. Angkat
- Dengan menggunakan sendok, kerok sisa puding busa coklat yang dibekukan, tata di atas puding vanilla.
- Tuang perlahan puding bening dengan menggunakan sendok.
- Biarkan puding set dan masukkan ke dalam lemari es.





Sebenarnya hanya ada 3 lapisan saja, yaitu cake coklat, puding busa coklat dan puding vanilla. Karena masih ada sisa 1/2 agar-agar bubuk, jadi kubuat puding bening. Sayangnya ketika menuang puding bening ini, ternyata puding vanilla belum terlalu set, jadi ada yang tercampur, tambah gak cantik deh pudingnya hiiiks. Aku paling suka dengan puding busa coklat-nya. Rasanya lembut dan manisnya pas sesuai seleraku. Ternyata anak-anak juga demikian. Menurutku yang bikin enak memang lapisan puding busa coklat.

Ada beberapa tips untuk membuat puding busa coklat, berlaku juga untuk puding busa lainnya ya. Diantaranya adalah sebagai berikut :
- Untuk mendapatkan kocokan yang kaku atau HARD PEAK gunakan wadah yang benar-benar bersih, kering dan bebas lemak.
- Cara paling mudah untuk mengetahui kondisi kocokan putih telur hard peak adalah dengan membalikkan wadah atau bowl. Apabila dibalikkan kocokan tidak tumpah, berarti kocokan tersebut sudah kaku. Selain itu warna putih telur adalah putih kering dan tidak shinny / mengkilat seperti halnya kocokan soft peak.
- Jangan mencampurkan larutan puding dalam keadaan panas ke dalam kocokan putih telur karna akan mengakibatkan puding terpisah antara bagian padat (putih telur) dan cair (agar-agar). Tunggu adonan hingga uap panasnya hilang dan hangat baru dituang sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur. Jangan kuatir, putih telur akan tetap matang kok.
- Untuk memudahkan pengadukan tercampur rata, bisa digunakan teknik pancing yaitu dengan cara memasukkan sedikit kocokan putih telur ke dalam larutan agar-agar. Aduk rata baru kemudian dimasukkan kembali ke dalam kocokan putih telur. Mixer hingga tercampur rata. Cara ini optional saja dan bisa diskip ya.




Pengen merasakan nikmatnya puding cake? Bikin yuuuk...
Walau tanpa vla, puding ini sudah cukup enak lho ^_^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==