NUGGET PISANG



Punten....postingan tentang pisang lagi ya heheheh. Masih dalam memperdayakan pisang hasil panen nih. Jadi ceritanya pisang itu udah diolah menjadi kolak, pisang goreng, cake dan juga molen. Kali ini tertarik dengan nugget pisang gara-gara beberapa waktu yang lalu ada beberapa teman yang posting tentang nugget pisang. 
Cara membuatnya cukup simpel, bahan-bahannya juga gak aneh-aneh kok dan yang penting cepat pembuatannya. Penampilannya mirip nugget beneran ya? Sampai-sampai adek waktu pertama kali liat langsung minta dicocol dengan saus tomat :D
Untuk yang ingin menikmati pisang goreng dengan 'gaya lain', nugget pisang ini bisa dicoba ya ^^




Resepnya hasil modifikasi punya Ummu Fatima. Makasih ya Umm untuk inspirasinya ^_^

NUGGET PISANG

Bahan :
200 gr pisang yang sudah dikupas, haluskan
75 gr gula pasir (atau sesuai selera)
150 gr tepung terigu serbaguna
25 gr tepung panir
1 butir telur kocok lepas
sejumput garam

Bahan Pelapis :
tepung panir atau tepung roti secukupnya

Cara Membuat :
- Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga tercampur rata. Adonan ini terasa lembek ya.
- Ambil sesendok adonan, bentuk bulat dengan menggunakan bantuan 2 buah sendok. 
- Gulingkan adonan di atas tepung panir, kemudian pipihkan. Bolak balik agar seluruh permukaannya tertutup panir. Rapikan bentuknya.
- Lakukan hingga seluruh adonan habis.
- Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar panir menempel. Kalau mau langsung digoreng juga boleh.
- Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng nugget pisang dengan api kecil hingga matang dan berwarna keemasan.
- Angkat dan tiriskan.

Penggunaan gula pasir bisa disesuaikan dengan selera dan tergantung juga pada tingkat kemanisan pisang. Aku memakai pisang kepok yang ada semburat rasa asamnya dan dengan takaran gula pasir seperti disebutkan di atas sudah pas manisnya menurutku.
Adonan yang lembek akan kokoh setelah digulingkan ke tepung panir. Tebal tipisnya bisa disesuaikan menurut selera aja ya. 






Alhamdulillah...lumayan sekali untuk cemilan di sore hari. 


Behind my picts ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
Monday, 28 October 2013 at 22:15:00 GMT+7 delete

Mba nin....sama posting kita pisang breadcrumbs... tetep nunggu dianterin pisang saya hehee

Reply
avatar
Tuesday, 29 October 2013 at 20:07:00 GMT+7 delete

iyaah mbak Isna...ternyata postingannya sama ya. Emang enak deh kalau pisang dijodohkan ama bread crumbs inih.
Panen pisang selanjutnya dipas-in kalo mbak Isna liburan ke Malang ya hihihihi

Reply
avatar
Wednesday, 30 October 2013 at 09:29:00 GMT+7 delete

Salam kenal mba nina,,, saya eby prabowo...
.
.
anaknya cantik banget

Reply
avatar
Monday, 21 April 2014 at 17:08:00 GMT+7 delete

Tadi siang saya beli mbak, saya kira itu makanannya aneh rasanya, eh ternyata rasanya waw dan bikin nagih :D saya mau coba mengembangkan resep insirasi dari mbakk nina :) terimakasih..

Reply
avatar
Monday, 21 April 2014 at 23:10:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak Mutia, sekilas memang kayanya aneh ya mbak, tapi rasanya enak sekali. Nugget pisang ini mudah untuk dikreasikan mbak, selamat mencoba

Reply
avatar