MOLEN PISANG COKLAT KEJU



Memberdayakan stok pisang kepok hasil panen. Proyek pertama yang super simpel dulu ya. Kebetulan lagi sok repot (teteuup), kebetulan masih punya stok puff pastry homemade dan kebetulan lagi panen pisang, jadi...untuk cemilan di sore hari gak usah bikin yang ribet-ribet yaaa. Mari kita bikin molen pisang coklat keju ajah. 
Kalau ngomongin molen pisang, tentunya kita inget ya sama oleh-oleh khas dari Bandung yang sudah terkenal itu. Sejak kecil aku udah hobby tuh makan molen pisang dari Bandung. Kebetulan ada kerabat yang sering mudik ke Bandung dan selalu kasih oleh-oleh molen pisang. Yummyyy. Kalau dulu mana kepikiran untuk bikin sendiri, yang penting lomba makan ngabisin molen pisang ama kakak dan adekku hihihi. Pertama kali belajar baking, coba-coba bikin molen ini juga tapi masih memakai puff pastry siap pakai. Alhamdulillah sekarang udah ada kemajuan, pakai puff pastry homemade hehehehe.




Bahannya disesuaikan dengan kebutuhan aja ya, jadi gak ada takarannya nih.

MOLEN PISANG COKLAT KEJU

Bahan :
Kulit pastry (bisa homemade atau siap pakai)
Pisang (pilih yang matang dan manis), kukus sebentar dan potong memanjang
Meises 
Keju cheddar potong korek api

Bahan Olesan :
Kuning telur dicampurkan dengan sedikit minyak goreng

Topping :
Keju cheddar parut, ditambah sedikit meises juga oke

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku pakai loyang 30 x 10 x 4cm), oles dengan margarin hingga ke sisi-sisinya, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Siapkan puff pastry, potong ukuran 10x10 cm. Beri isian pisang, meises secukupnya dan 1 potong keju cheddar. Lipat seperti bentuk amplop.  
- Tata dalam loyang yang sudah disiapkan, beri jarak antara satu dengan yang lainnya karena pastry akan mengembang. 
- Oles seluruh permukaannya dan beri taburan keju cheddar parut.
- Oven  dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang dan berwarna kecoklatan.
- Angkat dan siap disajikan.

Resep homemade puff pastry bisa dilihat disini atau disini. Kalau mau yang siap pakai, bisa dibeli di TBK atau supermarket besar ya.
Alhamdulillah....molen pisang ini cocok sekali untuk cemilan di sore hari. Eh ya karena masih dalam rangka menghabiskan stok pisang hasil panen, jadi mohon dimaklumi kalau postingan yang akan datang masih dengan tema pisang hihihihi.




close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==