GURAME ACAR KUNING



Salah satu menu favorit keluarga, yaitu ikan yang dimasak acar kuning. Kebetulan tadi pagi ada ikan gurame yang segar di tukang sayur langganan. Yang terbayang  adalah gurame bakar, gurame goreng crispy dan tentunya gurame acar kuning. Karena lama gak bikin acar kuning, jadi kita masak gurame acar kuning aja yuuk. 

Resepnya cukup simpel dan mudah, tapi rasanya gak sesimpel resepnya lho. Bagiku ini enak banget. Dinikmati dengan sepiring nasi hangat bisa bikin nambah-nambah euy, ini sih lapeer kali ya hihihi. Berikut ini resepnya.

GURAME ACAR KUNING 

Bahan :
 500 gr ikan gurame
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm air jeruk nipis / lemon
minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis

5 butir bawang merah, belah 2
1 batang serai, memarkan bagian putihnya
2 helai daun salam
2 helai daun jeruk, ambil tulang daunnya
1 ruas lengkuas
8 cabe rawit (atau sesuai selera)
1 cabe merah, iris serong
1 buah wortel iris korek api
1 buah timun ukuran kecil, buang bijinya dan iris korek api
1 buah tomat, belah
1 daun bawang, potong-potong
2 gelas air
3 sdm air jeruk nipis (sesuai selera)
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya atau sesuai selera

Bumbu Halus :
8 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri, sangrai
5 cm kunyit, sangrai
1 ruas jahe


Cara Membuat :
- Lumuri gurame dengan air jeruk nipis, garam dan merica. Diamkan selama 15-30 menit.
- Panaskan minyak dan goreng gurame hingga kering. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk rata.
- Masukkan wortel, timun, cabe rawit, cabe merah dan tomat. Aduk rata.
- Tuang air dan masukkan air jeruk nipis. Bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan test rasa.
- Masukkan gurame dan lanjutkan memasak dengan api kecil hingga bumbu meresap.
- Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk sebentar dan matikan api.
- Angkat dan siap disajikan.




Selain menggunakan ikan gurame, bumbu acar kuning ini enak juga bila menggunakan ikan mas, bawal ataupun mujair. Eh ya... sebenarnya gurame acar kuningku ini kurang lengkap lho. Pertama nyampe rumah baru nyadar kalau lupa beli timun, ya udah lah gak usah pakai timun aja. Harap dimaklumi ya hihihi. Yang kedua ketika siap disantap baru nyadar, tadi lupa gak masukin daun bawangnya. Hadeeh >.< 
Rasanya sih tetap enak kok, tapi penampilannya tetap ada yang kurang. Jangan ditiru ya adegan-adegan lupa ini hahahaha.
Happy cooking ya ^_^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »