CHURROS SUKA-SUKA



Churros merupakan salah satu snack yang berasal dari Spanyol. Churros adalah salah satu jenis pastry yang menggunakan adonan dasar choux pastry atau kita biasa menyebutnya dengan adonan sus. Snack ini biasanya disajikan hangat ketika sarapan dan disajikan dengan minuman coklat hangat. Biasanya terdapat 2 bentuk churros yang lazim dijumpai yaitu berbentuk memanjang dan melingkar seperti donat. Yang khas dari churros adalah permukaannya yang bergelombang. Konon ada alat khusus untuk mencetaknya. Kalau aku cukup menggunakan spuit bintang aja ya.

Sebenarnya churros sangat familier di keluargaku, karena dulu mama suka sekali membuatnya. Tapi jangan tanyakan tentang churros ke mamaku, karena beliau pasti gak akan ngerti apa maksudnya hihihi. Karena menggunakan adonan dasar sus, maka keluargaku menyebutnya dengan sus goreng ^_^  
Sssttt...dilarang protes ya hehehehe...ini judulnya churros tapi ternyata nyebutnya dengan sus goreng. Kalau lagi ngidam pengen makan sus tapi malas berlama-lama, maka churros ini yang jadi solusi di keluargaku. Kata mama...kan sama-sama sus ya, cuma bedanya ini digoreng gak dioven hahahah.




Resepnya yang memakai adonan dasar sus sudah beberapa kali aku posting ya. Salah satunya bisa dilihat disini. Bedanya untuk membuat churros ini, adonan dimasukkan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit bintang. Kalau sus goreng cukup dengan bantuan 2 buah sendok saja hehehe. Untuk toppingnya bisa memakai coklat leleh, taburan gula halus bahkan susu kental manis coklat. Tanpa topping juga sudah cukup enak menurutku, terasa sekali gurihnya. Churros ini sangat enak dinikmati dalam keadaan hangat, karena masih terasa renyahnya. 
Selamat mencoba ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==