TELUR GABUS



Ini salah satu cemilan kesukaanku. Biasanya gak pernah bikin sendiri dan seringnya beli. Dulu banget pernah bikin, tapi saking jadulnya sampai gak inget pakai resep yang mana hihihi. Entah kenapa kok akhir-akhir ini pengen banget makan telur gabus homemade. Saking niatnya dalam seminggu bisa 2x bikin telur gabus. Yang pertama bikin yang full tepung sagu tani. Hasilnya enak banget tapi bentuknya gak karuan hahahaha. Saking enaknya sampai-sampai telur gabusnya gak tahan lama. Entah karena beneran enak, atau orang rumah gak tega liat bentuknya jadi buru-buru dihabisin xixixixi. Yang kedua ini memakai campuran sagu tani, maizena dan terigu. Bentuknya masih gak karuan, gak bisa mulus seperti yang dijual itu, tapi masih lumayan lah dibandingan dengan yang pertama. Haduuh...masih penasaran aja deh ama telur gabus ini.

Telur gabus dikenal juga dengan nama widaran keju. Kalau Mamaku bilang ini namanya ndhog belanak atau telur belanak. Ada juga yang menyebutnya sebagai kue daki, serem amat ya namanya hahaha. Bikinnya menurutku ribet, harus memilin satu persatu dan juga menggunakan 2 macam minyak yaitu minyak dingin dan panas. Bagiku yang kurang telaten dan males lama-lama di dapur, bikin telur gabus ini bener-bener effort tersendiri deh. Tapi  demi ngemil telur gabus homemade, tetep aja dilakonin ya.

Kali ini aku memakai resep dari Majalah Sedap yang aku intip di blognya Mbak Hesti. Jangan bandingin telur gabus buatan Mbak Hesti dengan buatanku ya. Buatan Mbak Hesti bisa cantik banget, jauuuh dibandingin buatanku. Beda tangan emang beda hasilnya ya, jadi jangan pernah menyalahkan resep kalau hasilnya tidak sesuai seperti yang kita lihat ^_^




TELUR GABUS

Bahan :
3 butir telur
25 ml air
1 1/2 sdt garam
150 gr tepung sagu tani
75 gr tepung maizena
50 gr tepung terigu serbaguna
100 gr keju cheddar parut halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung sagu tani, maizena dan terigu. Sisihkan.
- Kocok lepas telur bersama air dan garam. Tuangkan ke dalam campuran tepung. Aduk rata.
- Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata menggunakan tangan.
- Pilin kecil adonan memakai kedua telapak tangan (ujungnya lancip dan tengahnya menggelembung), kemudian masukkan ke dalam minyak dingin.
- Lakukan hingga agak banyak kemudian pindahkan ke minyak hangat.
- Nyalakan api sedang kemudian pindahkan lagi ke minyak yang panas. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Lakukan hingga habis.
- Angkat dan tiriskan. Setelah benar-benar dingin baru dimasukkan ke dalam wadah.

Dari resep tersebut, aku memang memakai 3 jenis minyak yaitu minyak dingin, hangat dan sedang. Ceritanya ada yang bilang hasilnya akan lebih cantik bila memakai 3 jenis minyak. Ternyata....telur gabus buatanku masih berantakan walau sudah memakai 3 jenis minyak hihihihi. Next time pakai 2 jenis minyak aja deh, minyak dingin dan panas.




Rasanya enak juga kok, renyah dan empuk. Memang kurang ngeju sih, pastinya akan lebih mantap bila memakai parmesan atau edam. Tapi...kok sayang kejunya ya, mending dibuat bikin kastengel aja deh.
Eh ya....masih punya 1 resep telur gabus yang mau kucoba, yaitu resep yang memakai full tepung ketan. Kapan nyobainnya? Pastinya menunggu si rajin dan semangat datang ke dapurku ^_^



Telur gabusnya gak bisa mulus >.<

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Monday, 23 September 2013 at 12:06:00 GMT+7 delete

halo mbak ninaa...
wah rajin banget bikin widaran...
eh tapi saya baru tau lho kalo widaran ato telor gabus ini pake beberapa jenis minyak.
kalo saya biasanya cukup minyak dingin aja. Jadi, setelah dibentuk, masukan ke dalam minyak dingin, lalu goreng sampai matang dengan api sedang. hasilnya lumayan mulus. ini hasil eksperimen saya http://www.momylicious.com/2013/01/widaran-keju.html
ya luamyan lha ya hihi...

salam kenal ya mbak:)

Reply
avatar
Monday, 23 September 2013 at 20:23:00 GMT+7 delete

Halooo mbak
Pertama kali buat saya juga cuma pakai minyak dingin aja trus setelah itu digoreng dengan minyak yang sudah panas tentunya. Nah....kemarin itu dikasih masukan teman yang biasa bikin widaran keju setiap lebaran pakai minyak dingin, hangat dan baru digoreng di minyak panas. Ternyata hasilnya tetap belum cantik hihihihi. Beda tangan ya mbak

Reply
avatar
Thursday, 22 May 2014 at 21:58:00 GMT+7 delete

Hai,
Bisa dijelasin langkah-langkah mindahin si telur dari minyak dingin ke hangat n ke panas.
Kan bentuknya agak rapuh, gmn cara mindahnya? Takutnya malah ancur pas mindah...selama ini pake minyak dingin trus lsg dimasak...

Reply
avatar
Tuesday, 27 May 2014 at 22:14:00 GMT+7 delete

saya taruh di saringan minyak, jadi tidak kena tangan langsung. Di minyak dingin, diletakkan saringan minyak sampai terendam, jadi ketika selesai dibentuk, telur gabus terendam di minyak dingin di saringan minyak tersebut. Ketika dipindah ke minyak hangat atau panas, tinggal pindahin aja saringan minyaknya.

Reply
avatar
Saturday, 23 April 2016 at 13:20:00 GMT+7 delete

Just share, klo sy gak pernah dipindah2in, jd minyak goreng didalam wajan, truss langsung kita pilin2 masukin ke wajan, kira2 udah banyak dan cukup, taro atas kompor, masak sampai matang, begitu seterusnya sampai adonan habis, ribettt sihhh hehehhee

Reply
avatar