TAKJIL IDAMAN : LAPSUR !!



Alhamdulillah ini adalah salah satu takjil berbuka puasa beberapa hari yang lalu. Ngidam bikin + makan Lapis Surabaya homemade udah lama banget, sejak Ramadhan yang lalu dan ternyata baru sempat dibuat sekarang ini. Pengennya makan lapsur yang full butter dan full kuning telur, fyuuhh...kolesterol tinggi tuh ya >.<  Karena bolak balik direncanakan tertunda, sempat pasrah aja deh, entah kapan ya bisa bikin lapsur lagi. Ternyata kalau gak direncanain malah bisa mencuri-curi waktu lho. Kebetulan di dapur masih ada sekilo telur, kalau nunggu jadi 30 butir ya alamat gak jadi lagi bikin lapsurnya. Jadi deh diniatin bikin setengah resep aja, yang penting segera mengeksekusi lapsur idaman.

Lapis Surabaya aka lapsur adalah salah satu kue klasik yang sampai sekarang sangat digemari. Teksturnya padat namun lembut dan mempunyai pori-pori yang halus. Tekstur lapsur mirip dengan spongecake, namun lapsur mempunyai tekstur yang lebih basah atau lembab serta lebih lembut. Penampilan lapsur memang kalah menarik dibanding cake yang sekarang lagi booming, misalnya ombre cake, rainbow cake atau bahkan red velvet cake. Dari dulu sampai sekarang lapsur ya berarti cake yang terdiri dari 3 lapis yaitu berwarna kuning-coklat-kuning. Biarpun penampilannya cukup sederhana tapi lapsur tetap jadi kue klasik idola ya. Sekarang ini sudah banyak modifikasi dari penampilan lapsur, misalnya mengganti lapisan coklat dengan pandan, green tea atau bahkan dengan lapis legit.

Rahasia lapsur yang enak terletak pada penggunaan kuning telur dan butter atau mentega. Lapsur asli memang menggunakan banyak kuning telur, yaitu sekitar 10-15 kuning telur untuk setiap lapisnya. Tekstur yang lembab dengan aroma harum berasal dari butter yang digunakan. Tak heran kalau harga lapsur yang enak memang cukup mahal, karena memang bahan-bahannya spesial. Tentunya bisa membuat lapsur dengan menggunakan margarin atau mencampur margarin dengan butter, hanya nanti akan ada perbedaan rasa dan aroma dibandingkan dengan yang memakai full butter. Semua kembali kepada selera masing-masing. 




Resep lapsur sudah beberapa kali aku posting di blog.  Pada postingan yang lalu, aku pernah mencoba membuat lapsur dengan 3 metode yang berbeda, yaitu dengan metode spongecake, metode all in one dan metode asli membuat lapsur yaitu dengan mengkocok butter terlebih dahulu. Dari ketiga metode tersebut, menurutku memang paling enak yang memakai metode asli. Butter / mentega dikocok dahulu hingga lembut kemudian dicampurkan pada kocokan kuning telur dan gula yang sudah kental dan mengembang. Kalau menggunakan metode spongecake atau all in one, teksturnya tidak bisa padat, tapi cenderung lebih ringan seperti halnya spongecake. CMIIW yaaa...

Resep lapsur favoritku adalah resep dari NCC. Memakai full kuning telur, tanpa emulsifier tentunya karena kuning telur adalah emulsifier alami. Bahan-bahannya cukup simpel, tapi rasanya enak sekali.
Eh ya...kenapa lapisan coklat lapsurku ini tipis sekali ?? Bikinnya sambil ngelamun, jadi waktu membagi adonan yang coklat kurang deh xixixixi. Maklum ya bikinnya gak full resep tapi hanya 1/2 resep dan memakai loyang sekat ^_^

Just enjoy my picts ya. Beberapa resep lapsur bisa dilihat disini.







Alhamdulillah...nikmatnya. Takjil idaman beneran deh hihihihi. Untuk yang mau mencoba bikin lapsur sendiri tapi "ngeri" dengan bahan-bahan yang digunakan, bisa mencoba membuat 1/3 atau 1/2 resep dulu ya. Jadi kalau gagal gak nyesek banget hehehe. Resep di atas adalah resep per lapisnya, tiap lapis memakai 10 kuning telur jadi kalau 3 lapis berarti total 30 kuning telur. Kalau bikin 1/3 resep tentunya total memakai 10 kuning telur dan 1/2 resep total memakai 15 kuning telur. Yuuuk bikin lapsur homemade.
Happy Baking...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Sunday, 6 July 2014 at 13:49:00 GMT+7 delete

wah puasa - puasa gini bikin laper nih kue

Reply
avatar