(maunya bikin) CRONUTS



Biar kata gak tinggal di New York, ternyata bisa kena demam cronuts juga hihihih. Tapi tolong kalau liat penampilan cronuts-ku ini jangan dibandingkan dengan cronuts-nya Dominique Ansel ya....jauuuuh banget deh.
Cronuts adalah perpaduan antara croissant dan donat, jadi bila kita menikmati cronuts kita bisa menikmati lezatnya croissant dan donat dalam 1 gigitan. Adalah Dominique Ansel owner dari Dominique Ansel Bakery di New York yang pertama kali memperkenalkan cronuts. Ansel berhasil membuat donat dari adonan croissant, sehingga disebut dengan cronuts. Berbeda dengan donat pada umumnya, cronuts terdiri dari lapisan-lapisan yang bisa kita jumpai saat kita menikmati croissant. Teksturnya yang renyah dipadukan dengan cream spesial, menjadikan cronuts sebagai salah satu jajanan yang diburu oleh warga New York. Bayangin aja, mereka rela antri dari jam 6 pagi demi mendapatkan cronuts hihihihi, padahal 1 pcs cronuts harganya juga cukup mahal yaitu $5.
Sekarang ini demam cronuts sudah mulai reda di New York, tapi tetep aja bikin penasaran bagi yang nun jauh dari New York hahahah.

Untuk membuat cronuts sendiri bisa memakai puff pastry siap pakai  atau bisa juga membuat sendiri. Kali ini aku memakai puff pastry homemade. Kebetulan beberapa hari yang lalu aku sempatkan membuat puff pastry homemade karena stok di freezer sudah habis. Sejak bisa bikin kulit pastry sendiri, memang sering membuatnya untuk persediaan di freezer. Maklum aja karena anak-anakku penggemar zuppa soup, jadi kalau mereka ingin menikmati zuppa soup tinggal bikin cream soupnya aja sedangkan kulit pastrynya sudah siap sedia di kulkas ^_^
Cronuts yang kubuat ini terinspirasi dari buatan Mbak Rachmah yang kemudian sedikit dimodif menyesuaikan bahan yang kupunya. Untuk vla-nya aku membuat vla lemon, boleh juga memakai vla vanilla. Pasti enak juga.



CRONUTS

Bahan :
Puff pastry (kulit pastry)
Putih telur secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Gula halus untuk taburan

Bahan Vla Untuk Filling :
300 ml susu cair
15 gr tepung custard (boleh diganti maizena)
2 kuning telur
50 gr gula pasir
1/2 sdt essens lemon (boleh diganti vanilla)
1 sdt parutan kulit jeruk lemon
1 sdt air jeruk lemon

Cara membuat :
- Vla : didihkan sebagian susu dengan gula. Campur sisa susu dengan tepung custard, aduk rata. Masukkan kuning telur yang dikocok lepas dan aduk kembali hingga rata. Tuang ke dalam susu yang sudah mendidih tadi, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata. Matikan api, masukkan air jeruk lemon dan essens lemon, aduk rata dan sisihkan.
- Siapkan kulit pastry, cetak dengan menggunakan cetakan donat. Lakukan hingga habis.


- Ambil 1 lembar yang sudah dicetak, oles salah satu permukaannya dengan putih telur (tipis-tipis aja ya). Ambil 1 lembar pastry lainnya dan rekatkan keduanya. Apabila ingin hasil yang tinggi bisa memakai 3 lembar pastry.


- Panaskan minyak yang cukup hingga merendam seluruh cronuts, gunakan api sedang.  Goreng cronuts hingga mengembang sempurna dan berwarna kecoklatan. Jangan terlalu sering dibolak balik karena nanti minyak akan tertinggal di cronuts. Angkat dan tiriskan.
- Setelah dingin, belah cronuts menjadi 2 atau 3 bagian. Masukkan vla ke dalam piping bag untuk mempermudah kemudian oleskan vla ke permukaan cronuts. Rekatkan kembali dengan bagian cronuts yang lain.


- Taburi dengan gula halus atau boleh juga menambahkan cinnamon bubuk.
- Dinginkan ke dalam kulkas. Siap dinikmati.


Berikut resep puff pastry yang aku pakai. Original recipe dari buku Pastry & Pie Populer karya Ike Hermawan dan Wulan Sucipto

PUFF PASTRY HOMEMADE

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
20 gr mentega
1 sdm air jeruk
10 gr garam halus
300 ml air
300 gr korsvet (pastry margarin),
--- > biarkan suhu ruang dan bagi menjadi 3 bagian

Cara Membuat :
- Campur tepung terigu, mentega, garam dan air jeruk. Uleni dengan tangan.
- Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga kalis. Bungkus plastik wrap dan diamkan selama 20 menit.
- Giling adonan menggunakan rolling pin hingga membentuk persegi panjang (kurleb tebal 3 mm)
- Ambil 1/3 bagian korsvet lalu oleskan pada 1/3 bagian adonan. Lipat bagian yang tidak terlapisi korsvet ke tengah hingga menutup seluruh bagian korsvet dan membentuk 3 lapisan. 
- Giling kembali dan lipat kembali menjadi 3 lapisan selanjutnya. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas selama kurang lebih 20 menit.
- Lakukan hal yang sama untuk hingga sisa korsvet habis, jadi total sebanyak 3x.
- Adonan siap dibentuk atau bisa juga disimpan untuk persediaan di kulkas.

Mohon maaf kemarin saat membuat puff pastry udah gak sempat foto step by stepnya. Sedikit foto dan juga cerita tentang pembuatan homemade puff pastry bisa dilihat disini ya.




Back to cronuts...weeew.. beneran deh dinikmati dingin-dingin, rasanya enak bangeeet. Kulit pastrynya tetap renyah dan kriuk, dipadukan dengan vla dingin...Alhamdulillah.
Eh ya kenapa juga foto cronutsnya yang dipajang cuma 2 ya? Tentunya karena sudah sold out sebelum difoto hihihihi. Maksud hati fotonya agak sorean, ntar abis foto-foto langsung maem cronuts dingin, ternyata cuma disisain 2 aja euy. Masih untung ada sisanya ya >.<






Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

11 komentar

komentar
Friday, 27 December 2013 at 00:45:00 GMT+7 delete

Terima kasih sekali step by stepnya mba Nina, kebetulan kemarin saya membeli puff pastry siap pakai, jadi sekalian bikin Cronuts.

Saya juga mencoba membuat vla Custard yang mba Nina sharee, saya cocok dengan rasanya, skg tiap bikin vla saya menggunakan vla custard mba Nina, walaupun saya skip lemonnya, rasanya tetap enaak..

Jika tidak keberatan, saya minta ijin copas resep vlanya di blog saya, tentunya dengan menyertakan sumbernya. Terima kasih ya Mba Ninaaa..

Reply
avatar
Monday, 13 October 2014 at 10:24:00 GMT+7 delete

Mba nina kali boleh tau korsvetnya bs diganti apa?makasih sebelumnyaa :D

Reply
avatar
Wednesday, 15 October 2014 at 21:06:00 GMT+7 delete

ada yang membuatnya pakai margarin biasa mbak, tapi saya belum pernah mencoba

Reply
avatar
Saturday, 20 June 2015 at 20:28:00 GMT+7 delete

Mbak..gimana cara menyimpan puff pastry homemade nya? Dan bisa bertahan berapa lama?
Kalau misal pastrynya kita isi seperti varian isian risoles bisa? Bocor nggak ya?

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 07:05:00 GMT+7 delete

mbak Dian..saya pernah menyimpan sampai 3 bulan gpp mbak, simpan di freezer ya. Nanti ketika akan dipakai, dithawing dulu

Reply
avatar
Saturday, 19 November 2016 at 17:15:00 GMT+7 delete

hai kak, udah sering baca-baca blog kk, udh pernah nyoba beberapa dan berhasil. mau nanya kak, itu air jeruk lemon ya yg di gunakan? makasih kk :)

Reply
avatar