LONTONG OPOR & SAMBEL GORENG



Ceritanya nih lagi kangen dengan salah satu menu Lebaran masakan Mama. Nah lho...Lebarannya kan juga baru aja lewat, tapi udah kangen lagi, kayanya emang lagi pengen aja hihihi. Ceritanya waktu Lebaran kemarin rasanya belum puas deh makan menu masakan Mama, soalnya hari kedua Lebaran udah harus memulai perjalanan mudik. Waktu pulang lagi ke rumah, menu Lebaran ketupat juga udah abis. Nasib bener deh ya.
Pengennya sih makan menu yang lengkap donk. Biasanya di rumahku ada opor ayam, rendang, sambel goreng kentang ati, sambel goreng printil daging, sayur labu, telur masak petis dan tentu saja ketupat atau lontong. Eh ya satu lagi yang juga gak pernah ketinggalan tahu tempe goreng tepung buatan Mama yang selalu jadi favorit keluarga.

Karena udah pengen banget, diniatin deh bikin opor ayam dan sambel goreng kentang ati ampela. Mau bikin menu yang lengkap jelas gak sanggup. Maklum waktu untuk memasak juga terbatas, inipun udah dimulai subuh cuma jadi 2 menu aja, sayur labu siamnya gak kekejar hahahaha. Keburu harus berangkat mengais rejeki euy. Gak apa deh, walau cuma 2 menu, Alhamdulillah bisa menikmati lontong opor dan sambel goreng ati ampela. Harusnya memang yang cocok lontong sayur ya, baru lauknya pakai opor dan sambel goreng. Apa daya....waktu memasak gak cukup, jadi harap maklum.

Untuk opor ayamnya, aku bikin opor ayam bakar. Semua bumbunya sama dengan opor biasa, hanya sebelum dimasak, ayamnya dibakar dulu hingga setengah matang seperti bila kita akan memasak ayam lodho. Lebih enak kalau opornya memakai telur rebus, tapi kemarin kelupaan ngerebus telur hihihi, jadinya cukup pakai tahu aja deh. Resepnya dulu sudah pernah juga kuposting, kutuliskan lagi yaa

OPOR AYAM BAKAR

Bahan :
1 ekor ayam potong sesuai selera
(lebih enak pakai ayam kampung, pakai ayam negeri juga boleh)
2 blok tahu, potong sesuai selera, goreng sebentar hingga berkulit
1 sdm air jeruk nipis
2 sdt garam
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas memarkan
1 batang serai, ambil bagian putihnya memarkan
600 ml santan encer
200 ml santan kental
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
8 siung bawang putih
5 butir bawang merah
5 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 ruas jahe
3 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan sejenak, cuci bersih kembali.
- Taburkan garam pada ayam, remas-remas dan diamkan sejenak.
- Bakar ayam hingga setengah matang, sisihkan.
- Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam bakar, aduk hingga rata.
- Tuang santan encer, masak hingga mendidih dan santan menyusut.
- Masukkan tahu.
- Tuang santan kental, bumbui dengan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak sebentar hingga santan mendidih kembali.
- Matikan api dan siap disajikan.

Untuk sambel goreng kentang ati ampela-nya juga pasti udah pada bisa kan cara masaknya. Menu yang satu ini tidak hanya populer saat Lebaran saja, tapi juga biasa dimasak pada saat ada acara hajatan. Di tempat tinggalku, terutama yang di daerah pedesaannya apabila ada acara pernikahan tidak selalu memakai undangan. Sebagai gantinya adalah nasi kotak lengkap dengan lauk pauknya yang dipakai sebagai undangan. Apabila yang diundang adalah orang yang penting, maka undangannya tidak berupa nasi kotak, tapi ditempatkan di rantang 5 susun. Mantap kan hehehehe. Menu yang wajib ada salah satunya adalah sambel goreng ini. Selain itu sambel goreng biasanya dijumpai sebagai salah satu menu yang ada dalam tumpeng, baik itu tumpeng nasi putih atau nasi kuning.

SAMBEL GORENG KENTANG ATI AMPELA

Bahan :
500 gr kentang, kupas, potong dadu dan goreng
300 gr ati ampela ayam, rebus hingga empuk dan goreng
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, geprek
1 sdt air asam jawa
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
1/2 sdm garam (sesuai selera)
300 ml santan kental
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
250 gr cabe merah besar
3 buah cabe rawit (sesuai selera)


Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata.
- Masukkan ati ampela, aduk rata dan biarkan sebentar.
- Tuang santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan kentang.
- Tuang air asam jawa dan bumbui dengan garam serta gula pasir.
- Masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Test rasa.
- Angkat dan sajikan.






Penyajiannya cukup dengan lontong atau ketupat, kerupuk udang dan taburi bawang goreng yang banyak. Alhamdulillah nikmat banget. Kalau dinikmati dengan nasi juga tetap enak kok. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==