INFUSED WATER

Hidup sehat sekarang ini tidak hanya menjadi kebutuhan tapi sudah menjadi suatu gaya hidup. Berbagai macam cara dilakukan untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Ada yang menjadi vegetarian, mengkonsumsi buah dan sayur organik, menjalani food combaining dan juga diet. 
Di keluargaku memang belum sepenuhnya bisa menjalankan pola hidup sehat, tapi setidaknya kami ada usaha menuju ke arah itu (alasan ya hihihi). Tentunya dimulai dari memasak sendiri menu sehari-hari sehingga kita bisa memilih bahan yang terbaik untuk keluarga, demikian juga dengan cemilan. Bukan berarti keluargaku anti jajanan dan anti makan di luar rumah ya. Tentu saja tetap ada waktu-waktu tertentu yang memang dikhususkan untuk sesekali jajan atau makan di luar hehehehe.

Salah satu cara menjaga agar tubuh tetap sehat, tentunya mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang cukup. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Alhamdulillah selama ini keluargaku rutin mengkonsumsi buah-buahan. Bahkan kakak Naira bisa dibilang sangat hobi makan buah. Selain buah segar yang langsung dikonsumsi, biasanya juga dijadikan juice yang segar. 

Akhir-akhir ini sedang 'ramai' tentang Infused Water. Apakah itu??
Infused Water atau ada pula yang menyebutnya Spa Water adalah air putih yang diberi tambahan beberapa bahan sehingga air tersebut menjadi lebih berasa, beraroma dan bermanfaat tentunya. Buah-buahan tertentu yang dimasukkan ke dalam air, dipercaya akan melepaskan sari-sarinya ke dalam air tersebut. Selain itu infused water juga mempunyai efek yang segar karena mengalami proses didiamkan selama beberapa saat. 
Uniknya infused water ini tidak mempunyai resep tertentu, jadi silahkan mengkombinasikan buah sesuai selera kita. Buah-buahan yang dipakai adalah buah-buahan yang masuk kategori acid dan bukan yang manis. Jadi jangan jadikan durian atau pisang sebagai infused water ya hehehehe. Buah-buahan yang bisa dipakai antara lain adalah strawberry, lemon, kiwi, jeruk nipis, belimbing, nanas, mangga atau apel. Bisa juga memakai daun mint sebagai penambah aroma.
Kalau kita hanya menikmati infused water, tentunya kita hanya mengambil sari-sari dalam buah tersebut dan tidak mendapatkan seratnya. Jadi akan lebih baik lagi kalau kita juga tetap mengkonsumsi buah segar agar kita mendapat manfaat serat.

Jadi gimana cara membuat infused water? Cara membuatnya gampang sekali dan siapapun pasti bisa membuatnya. Kita siapkan buah-buahan yang akan dipakai, dimulai dari mencuci hingga bersih  buah tersebut. Kita gak pernah tau kan, kandungan pestisida yang menempel di kulit buah tersebut. Cuci buah hingga beberapa kali i di air mengalir dan kalau perlu memakai sabun khusus yang digunakan untuk mencuci buah dan sayuran. Setelah buah bersih, potong-potong dan masukkan ke dalam air. Tutup dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 5-6 jam baru kemudian siap dikonsumsi.
Jangan dibayangkan infused water ini seperti kita minum sari buah ya, karena ini adalah air putih yang diberi potongan buah, jadi rasanya tentu tidak manis. Buah-buahan yang dimasukkan akan memberi sedikit aroma dan semburat rasa saja pada airnya. Bila ingin yang manis, bisa ditambahkan sedikit gula pada infused water ini. Lebih baik kalau memakai gula diet ya. Kalau aku lebih senang mengkonsumsi langsung tanpa memakai gula.

Berikut ini adalah beberapa infused water yang sempat kufoto. Masih ada beberapa lagi yang belum sempat kefoto, nanti menyusul yaaa


Lemon + daun mint


Lemon + kiwi + strawberry


Tomat + anggur


Apel Fuji + lemon


Tomat + pear + mint


Nanas + kiwi + tomat


Keliatan ya segernya. Pagi-pagi buat infused water, siap dinikmati di siang harinya. Segeer banget.
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==