CHEESE COTTON CAKE


Kebetulan masih punya banyak stok cream cheese di kulkas (anyone?? hihihi). Harus segera diberdayakan sebelum keburu expired. Udah banyak banget ide yang numpang lewat, tapi kebanyakan lenyap karena yaaa itu tadi cuma numpang lewat doank hahahaha. Akhirnya setelah mengumpulkan semangat diniati untuk bikin cheese cake aja. Pastinya aku pengennya bikin kesukaan keluarga donk, yaitu JCC alias Japanese Cheese Cake. Tapi ternyata masih ada masalah, yaitu aku gak punya stok krim kental di rumah...hadeeh.

Akhirnya aku memutuskan untuk membuat cheese cotton cake. Sebenarnya JCC termasuk dalam jenis cotton cake juga, tapi cheese cotton cake yang kubuat ini tanpa memakai krim kental dan hanya memakai susu cair biasa. Diambil dari buku 52 Resep Kue Berlapis dari Sedap, berikut ini resepnya ya...






CHEESE COTTON CAKE


Bahan :
130 gr unsalted butter (pakai yang salted)
130 gr tepung terigu protein rendah (bisa juga terigu protein sedang)
1/4 sdt baking powder
160 gr susu cair (ditimbang ya)
200 gr cream cheese suhu ruang
10 kuning telur, kocok lepas
10 putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis / lemon
200 gr gula pasir

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C. Siapkan 2 buah loyang 24x24x4 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles. Aku pakai loyang 22x22x4 cm dan hasilnya terlalu tinggi apabila ditumpuk. Apabila memakai loyang dengan sambungan, bungkus dasar loyang memakai alumunium foil untuk mencegah air merembes ke dalam adonan.
-Panaskan butter cukup hingga meleleh dan jangan sampai mendidih. Matikan api dan tambahkan campuran terigu dan baking powder yang telah diayak. Aduk hingga rata dan sisihkan.
- Panaskan susu cair cukup hingga terlihat gelembung kecil di tepi panci dan tidak usah mendidih. Tambahkan cream cheese dan aduk hingga larut.
- Tuang campuran susu dan cream cheese ke kuning telur yang sudah dikocok lepas. Aduk hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam campuran terigu sambil diaduk hingga licin dan rata. Sisihkan.
- Dalam suatu wadah yang bersih dan kering, kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis hingga berbusa.
- Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga SOFT PEAK (apabila gagang mixer diangkat maka adonan akan membentuk kerucut tumpul atau seperti jambul petruk).
- Tuang 1/3 bagian adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Aduk balik perlahan hingga rata dan tuang kembali ke adonan putih telur. Aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang adonan ke 2 buah loyang kemudian letakkan loyang tersebut di atas loyang lain yang berisi air panas (steam bake / au bain marie).
- Panggang selama 50-60 menit (tergantung pada oven masing-masing ya) hingga matang.
- Keluarkan dari oven, biarkan sejenak dan keluarkan dari loyangnya.
- Setelah dingin, oles salah satu bagian cake dengan filling / isian sesuai selera, tumpuk dengan bagian cake yang lain kemudian tekan perlahan.
- Simpan di kulkas hingga set baru kemudian dipotong-potong sesuai selera.

Untung fillingnya memakai cream cheese frosting yang terbuat dari butter, cream cheese dan coklat putih leleh. Bisa juga memakai selai strawberry atau blueberry bila suka. Tanpa filling juga tetap enak kok.

CREAM CHEESE FROSTING

Bahan :
50 gr unsalted butter (pakai yang salted)
100 gr cream cheese
100 gr white cooking chocolate (WCC), lelehkan.

Cara Membuat :
- Kocok butter hingga lembut.
- Tambahkan cream cheese dan WCC, kocok hingga rata dan lembut.
- Siap digunakan.




Teksturnya tentu saja sangat lembut. Itulah mengapa disebut sebagai cotton cake. Rasanya juga cukup ringan, tidak terlalu ngeju karena memang menggunakan cream cheese sebanyak 200 gr saja. Beda ya dengan New York Cheese Cake yang memakai cream cheese sebanyak 1 kg hehehehe. Kalau aku lebih memilih yang rasanya 'soft' seperti JCC atau cheese cotton cake ini deeeh.
Cream cheese frosting-nya juga pas menurutku, rasanya tidak terlalu ngeju dan ada semburat manis dari coklat putihnya. Dinikmati dingin setelah dikeluarkan dari kulkas....nikmat banget.
Untuk cheesy lovers....monggo bisa dicoba resepnya, mungkin bisa sesuai dengan selera keluarga.



close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==