BAKWAN SAYUR



Bakwan sayur adalah salah satu jenis jajanan gorengan yang dengan mudah bisa kita jumpai. Terbuat dari campuran sayuran, tepung terigu dan bumbu-bumbu sederhana, jajanan yang gurih ini mempunyai banyak penggemar. Sayuran yang biasanya digunakan adalah wortel, kol atau kubis, buncis dan juga tauge. Untuk bakwan sayur spesial biasanya ditambahkan juga udang di atasnya.
Bakwan sayur ini juga punya banyak nama lho. Setauku kalau di Jawa Barat disebut bala-bala, kalau di Jawa Timur ada yang menyebutnya ote-ote ada juga yang menyebutnya weci. Hayoo....ada lagi yang bisa menambahkan? hihihi.

Yakin deh, siapa aja pasti bisa bikin bakwan sayur. Bikinnya mudah banget dan juga pasti cepet habisnya. Bakwan sayur ini gampang sih dibeli di tukang gorengan di sekitar kita, tapi kadang suka ngeri juga liat minyaknya ya. Jadi tentunya lebih aman dan terjamin kalau kita buat sendiri. Isiannya juga bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Yakin deh walau bikin sendiri, gak kalah enak dengan yang dibuat abang-abang penjual gorengan. Sekali waktu emang aku suka juga sih beli, sekedar 'tombo pengen' dan juga kalau lagi kumat malesnya. Tapi bener deh, mendingan bikin sendiri di rumah. Lebih puas makannya dan lebih aman.





Pilih sayuran yang segar sebagai bahan bakwan jagung ini ya. Iris tipis sayuran sehingga nanti bisa terasa krenyes dan renyah. Ada juga yang menambahkan telur pada adonan, tapi aku lebih suka tidak memakai telur agar bakwan lebih renyah. Untuk tepungnya, kadang aku menambahkan sedikit tepung beras, kadang  hanya memakai tepung terigu saja. Bila menambahkan tepung beras, jangan terlalu banyak ya agar bakwannya tidak keras. Ada juga yang menambahkan santan dalam adonan sehingga rasanya lebih gurih. Kalau aku lebih suka memakai air biasa saja.

Anak-anakku doyan banget dengan bakwan sayur ini, terutama kakak Naira. Dia bisa seneng banget kalau tau ada tambahan bakwan sayur ini di lunch box-nya. Kalau tau bundanya lagi goreng bakwan sayur, pasti deh udah gak sabar nunggu matangnya. Dan emang bakwan sayur ini lebih enak dinikmati saat masih hangat ya. Monggo dinikmati dengan cabe rawit atau dicocol saus sambel, sama enaknya.






My baby....yang selalu setia nemenin Bundanya foto-foto, selalu minta difoto tiap Bundanya pegang kamera dan selalu minta jatah makanan yang difoto hihihihi. Padahal di piring lain masih banyak, tetep aja milih yang jadi obyek jepretan Bunda ^_^

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==