SAGU KEJU



Alhamdulillah...saat ini kerjaan bikin cookies sudah selesai. Masih kebayang rasanya gimana setiap hari harus pontang panting membagi waktu antara pekerjaan lain, bikin cookies juga sambil mondar mandir ke rumah Mama. Bersyukur sekali diberi kesehatan oleh Allah, diberi kemudahan dan kelancaran sehingga semua pekerjaan bisa terselesaikan. Alhamdulillah ya Rabb...
Tahun ini sengaja tidak memasukkan sagu keju aka sake ke dalam list jualan cookies-ku. Sejak awal memang berniat tidak membuat terlalu banyak varian, karena takutnya gak mampu ngerjainnya. Setelah PR orderan cookies tinggal sedikit, disempatkan membuat sake ini untuk konsumsi sendiri, eh...ternyata ada yang pesan juga hihihihi. Diterima aja deh, kan pesannya gak banyak. Alhamdulillah lagi yaaa :)

Resepnya masih tetap memakai resep yang dulu sudah pernah kuposting disini, yaitu resep dari Ricke - Ordinary Kitchen. Kali ini aku membuat sake original dan sake pandan. Resepnya aku tuliskan lagi di bawah ini yaa...



SAGU KEJU

Bahan :
225 gr butter (aku mix butter + margarin)
150 gr gula halus
3 kuning telur
100 gr keju edam (bisa pakai parmesan), parut dan haluskan.
75 gr keju cheddar parut halus, angin-anginkan hingga agak kering.
300 gr tepung sagu tani
3 lembar daun pandan
50 gr maizena
50 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream

Hiasan :
chocochips atau bisa memakai cherry kering yang dipotong kecil

Cara Membuat :
- Sangrai tepung sagu bersama daun pandan. Aduk-aduk hingga daun pandan kering dan layu serta tepung sagu terasa lebih ringan. Dinginkan.
- Campurkan tepung sagu yang telah diayak bersama tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok butter dan margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
- Masukkan keju tua dan keju cheddar, aduk rata memakai spatula.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata memakai spatula.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit, kemudian semprotkan ke atas loyang yang telah dioles tipis dengan margarin.
- Bentuk sesuai selera dan beri hiasan chocochips atau cherry merah di tengahnya.
- Panggang dalam oven suhu 130-140'C selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Lama pemanggangan tergantung dengan ukuran dan juga ketebalan adonannya ya. Silahkan disesuaikan dengan oven masing-masing.
- Setelah matang, angkat dan dinginkan di rak kawat kemudian simpan di wadah kedap udara.


Notes :
- Tepung sagu disangrai dahulu untuk mengurangi kadar air dalam tepung sehingga hasil akhir kuenya menjadi lebih renyah dan ringan.
- Dalam proses pengocokan butter + margarin, jangan terlalu lama hingga mengembang karena nanti hasil kuenya akan melebar ketikan dipanggang. Jangan pula terlalu sebentar ketika mengocok karena nanti hasil kuenya akan kurang ngeprul.
- Untuk menghaluskan keju tua bisa memakai blender agar kejunya tidak berbongkah-bongkah ketika dispuit.
- Pastikan memanggang dengan api kecil / suhu rendah ya, agar hasil kuenya matang sempurna dan tidak gosong.



Sukaa banget ama teksturnya yang lembut, lumer di mulut dan tentunya ngeju. Kalau ingin membuat versi pandan tinggal tambahkan pasta pandan atau air daun suji di adonannya ya. Trust me...enak banget yang versi pandan. Selamat mencoba.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==