SAGU KEJU



Alhamdulillah...saat ini kerjaan bikin cookies sudah selesai. Masih kebayang rasanya gimana setiap hari harus pontang panting membagi waktu antara pekerjaan lain, bikin cookies juga sambil mondar mandir ke rumah Mama. Bersyukur sekali diberi kesehatan oleh Allah, diberi kemudahan dan kelancaran sehingga semua pekerjaan bisa terselesaikan. Alhamdulillah ya Rabb...
Tahun ini sengaja tidak memasukkan sagu keju aka sake ke dalam list jualan cookies-ku. Sejak awal memang berniat tidak membuat terlalu banyak varian, karena takutnya gak mampu ngerjainnya. Setelah PR orderan cookies tinggal sedikit, disempatkan membuat sake ini untuk konsumsi sendiri, eh...ternyata ada yang pesan juga hihihihi. Diterima aja deh, kan pesannya gak banyak. Alhamdulillah lagi yaaa :)

Resepnya masih tetap memakai resep yang dulu sudah pernah kuposting disini, yaitu resep dari Ricke - Ordinary Kitchen. Kali ini aku membuat sake original dan sake pandan. Resepnya aku tuliskan lagi di bawah ini yaa...



SAGU KEJU

Bahan :
225 gr butter (aku mix butter + margarin)
150 gr gula halus
3 kuning telur
100 gr keju edam (bisa pakai parmesan), parut dan haluskan.
75 gr keju cheddar parut halus, angin-anginkan hingga agak kering.
300 gr tepung sagu tani
3 lembar daun pandan
50 gr maizena
50 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream

Hiasan :
chocochips atau bisa memakai cherry kering yang dipotong kecil

Cara Membuat :
- Sangrai tepung sagu bersama daun pandan. Aduk-aduk hingga daun pandan kering dan layu serta tepung sagu terasa lebih ringan. Dinginkan.
- Campurkan tepung sagu yang telah diayak bersama tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok butter dan margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
- Masukkan keju tua dan keju cheddar, aduk rata memakai spatula.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata memakai spatula.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit, kemudian semprotkan ke atas loyang yang telah dioles tipis dengan margarin.
- Bentuk sesuai selera dan beri hiasan chocochips atau cherry merah di tengahnya.
- Panggang dalam oven suhu 130-140'C selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Lama pemanggangan tergantung dengan ukuran dan juga ketebalan adonannya ya. Silahkan disesuaikan dengan oven masing-masing.
- Setelah matang, angkat dan dinginkan di rak kawat kemudian simpan di wadah kedap udara.


Notes :
- Tepung sagu disangrai dahulu untuk mengurangi kadar air dalam tepung sehingga hasil akhir kuenya menjadi lebih renyah dan ringan.
- Dalam proses pengocokan butter + margarin, jangan terlalu lama hingga mengembang karena nanti hasil kuenya akan melebar ketikan dipanggang. Jangan pula terlalu sebentar ketika mengocok karena nanti hasil kuenya akan kurang ngeprul.
- Untuk menghaluskan keju tua bisa memakai blender agar kejunya tidak berbongkah-bongkah ketika dispuit.
- Pastikan memanggang dengan api kecil / suhu rendah ya, agar hasil kuenya matang sempurna dan tidak gosong.



Sukaa banget ama teksturnya yang lembut, lumer di mulut dan tentunya ngeju. Kalau ingin membuat versi pandan tinggal tambahkan pasta pandan atau air daun suji di adonannya ya. Trust me...enak banget yang versi pandan. Selamat mencoba.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

13 komentar

komentar
Thursday, 29 August 2013 at 11:14:00 GMT+7 delete

Hai Mba Nina, salam kenal...

Aku suka banget sagu keju dan pengen coba resepnya mba Nina. Tapi ada beberapa hal yang masih bikin aku bingung nih hehe (maklum jarang main2 sama dapur)
semoga berkenan jawab ya mba...

1. Sagu tani itu apakah sama dengan sagu tapioka? atau memang mereknya pak tani?
2. Butter yang diapakai merk apa? salted atau unsalted?
3. Semua adonan dijadikan satu? apakah nanti gak mengeras mba? Kan jumlah loyang alas saya terbatas yg pasti tunggu sekali cetakan matang terus adonan sisa didiamkan. Atau ada triknya?
Soalnya saya pernah bikin sagu keju adonan telur dan mentega itu dicampurkan dengan tepungnya sedikit2 pas mau cetak saja. jadi takaran tepungnya gak pernah sama. hehe..

Maap ya mbak pertanyaannya banyak. terima kasih :D

Reply
avatar
Thursday, 29 August 2013 at 20:39:00 GMT+7 delete

Haloo mbak, salam kenal. Tadi pertanyaannya sudah saya jawab semua melalui WA ya mbak. Terima kasih

Reply
avatar
Tuesday, 5 August 2014 at 15:00:00 GMT+7 delete

hi mba nina salam kenal ya...
mba sy mw nanya apakah tep.sagu sama dengan tep.tapioka???..klo tuk resep di atas bisa gak pke tep.tapioka yg ad gmbr pak tani nyangkul...soalnya di sini gak ada tep.sagu..uda nyari keliling tpi gak ketemu jg...

Reply
avatar
Monday, 11 August 2014 at 21:26:00 GMT+7 delete

tepung sagu sebenarnya beda dengan tepung tapioka, karena tepung sagu berasal dari pohon sagu sedangkan tapung tapioka berasal dari ketela. Tapi memang saat ini susah mendapatkan sagu yang berasal dari pohon sagu, jadi bisa diganti dengan tepung tapioka yang pada umumnya bergambar / merk pak Tani.

Reply
avatar
Anonymous
Sunday, 18 January 2015 at 00:52:00 GMT+7 delete

Halo bun... Saya sudah pernah praktek resep kue sagu ini dan enak bangettttt... Tapi saya ada kesulitan pada saat spuit adonan... Tangan sampai pegal rasanya... Apa adonan nya memang sulit di spuit?? Saya memanggang nya tidak langsung sekalian karen kapasitas oven memanggang sampai 4 kali... Terima kadih sebelumnya

Winna

Reply
avatar
Wednesday, 21 January 2015 at 23:32:00 GMT+7 delete

Hallo Winna
Sagu keju memang sulit dispuit, bikin pegel jempol deh bikinnya hehehe. Tapi sesuai dengan rasanya kan mbak ^^

Reply
avatar
Saturday, 13 June 2015 at 19:28:00 GMT+7 delete

Mbak Nina...salam kenal ya ;)
Mbak...sagu yg dipake sagu aren kah? Sebab kemarin di toko sempat bingung...sakenya mau pake sagu aren atau sagu tapioka...akhirnya blum kebeli deh hehehe

Reply
avatar
Saturday, 13 June 2015 at 19:28:00 GMT+7 delete

Mbak Nina...salam kenal ya ;)
Mbak...sagu yg dipake sagu aren kah? Sebab kemarin di toko sempat bingung...sakenya mau pake sagu aren atau sagu tapioka...akhirnya blum kebeli deh hehehe

Reply
avatar
Sunday, 16 August 2015 at 16:10:00 GMT+7 delete

Mba nina, pake tepung sagu nya merk apa? Td saya ke toko di kasih nya bbrp merk...sy jd bingung, tp smua tulisan nya ada kata kata sagu tapioka

Reply
avatar
Thursday, 20 August 2015 at 13:20:00 GMT+7 delete

mba nina, kalau bisa tolong di fotoin donk kemasan sagu keju nya....biar lebih jelas.,,,,hehehe...

Reply
avatar
Friday, 21 August 2015 at 04:41:00 GMT+7 delete

Saya pake sagu merk pak tani mbak dewi. Maaf gak bisa fotoin, karna lagi gak ada stok nya di rumah

Reply
avatar
Friday, 21 August 2015 at 04:41:00 GMT+7 delete

Saya pake sagu merk pak tani mbak dewi. Maaf gak bisa fotoin, karna lagi gak ada stok nya di rumah

Reply
avatar
Tuesday, 28 June 2016 at 10:05:00 GMT+7 delete

Bun maaf aku mau tanya lagi butter yg digunakan salted atau unsalted dan bunda pakai merk apa? Dan di tulis kan campur antara butter dan margarin, boleh tau takarannya masing2 berapa gram bun? Soalnya aku mau coba bikin supaya bener2 gak ada yg miss terimakasih ya bun :)

Reply
avatar