PUTRI SALJU



Cookies terakhir yang dibuat di Ramadhan tahun ini. Sejak masih berkutat dengan adonan cookies yang lain, udah kebayang-bayang aja bikin putri salju aka putsal ini. Disabar-sabarin, akhirnya kerjaan selesai dan sempat juga bikinnya. Alhamdulillah...
Biasanya kalau bikin putsal selalu memakai campuran kacang-kacangan dalam adonannya, baik itu kacang biasa atau kacang mede. Kali ini tertarik dengan resep yang disharing oleh Mbakyu Nita, owner Pawonomah. Putsalnya tidak memakai campuran kacang-kacangan, tapi katanya tetep enak dan melt in the mouth. Penasaran...bikin yuuuk




PUTRI SALJU

Bahan :
300 gr butter (jangan dicampur margarin ya)
3 kuning telur
125 gr gula halus
400 gr tepung terigu protein sedang
100 gr maizena
50 gr susu bubuk (pakai 2 sachet)
50 gr keju edam parut (bisa pakai parmesan atau cheddar)

Taburan :
gula halus
gula donat

Cara Membuat :
- Kocok butter, gula halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah selama 1 menit, asal adonan tercampur rata.
- Masukkan keju parut, aduk rata.
- Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu.
- Cetak sesuai selera dan tata di loyang.
- Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingga permukaannya kokoh dan kering serta apabila loyang diketukkan, sudah bisa terlepas berarti putri salju sudah matang.
- Panas-panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata kemudian gulingkan ke dalam gula donat.
- Siap ditata dalam toples

Notes :
- Apabila menggunakan keju edam, setelah diparut bisa dichopper sehingga teksturnya lebih lembut. Apabila menggunakan keju cheddar setelah diparut, angin-anginkan sebentar.
- Menata putri salju agar terlihat cantik dalam toples adalah dengan cara meletakkan di dasar toples kemudian taburi gula donat, tata lagi lapisan selanjutnya dan taburi lagi dengan gula donat. Demikian seterusnya hingga toples penuh.




Rasanya memang enaak, apalagi aku memakai full butter wisjman. Ada semburat gurih dari keju edam, tapi rasa kejunya tidak dominan, sedangkan teksturnya renyah tapi bisa lumer di mulut. Recomended banget untuk dicoba.



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==