PUDING MOZAIK



Akhir-akhir ini art jelly lagi booming ya. Puding-puding cantik dengan hiasan di dalamnya, kebanyakan berupa motif bunga. Pengen juga sih untuk mencoba belajar membuat sendiri, apalagi video pembuatannya udah diliat berkali-kali, tapi rasanya masih keder aja hihihihi. Keder bercampur males sih lebih tepatnya. Just like usually, right :)
Selain art jelly yang membutuhkan ketrampilan, teknik dan alat-alat khusus, puding kaca juga lagi booming. Puding kaca ini sepintas mirip dengan art jelly, tapi pembuatannya menggunakan aneka bentuk cetakan dan tidak memakai jarum suntik seperti halnya art jelly. Yang kita butuhkan dalam pembuatan puding kaca adalah aneka bentuk cetakan kecil. Aku juga belum pernah bikin puding kaca yang cantik-cantik itu, soalnya gak punya cetakannya. Punya sih cetakan pagar coklat hihihihi.
Kalau puding mozaik ini sudah sering juga aku bikin, gak perlu cetakan khusus cukup dengan memakai cetakan puding biasa sudah bisa digunakan untuk membuat puding ini. Gak kalah cantiknya sih...menurutku lho. Bikinnya juga mudah, kita bisa memakai resep puding yang mana aja sesuai selera.

Untuk puding mozaik yang kubuat ini aku hanya memakai resep seperti yang tercantum pada kemasan. Bagian dalamnya memakai agar-agar plain dan susu sedangkan bagian pelapisnya memakai jelly. Berikut resep yang kupakai ya...

PUDING MOZAIK

Bahan Puding A :
1 bungkus (7 gr)  agar-agar plain
125 gr gula pasir atau sesuai selera
750 ml susu cair
1 sdt vanilla
pewarna atau pasta sesuai selera
(aku memakai pasta bluberry, pasta pandan, pasta jeruk dan pasta strawberry)

Cara Membuat Puding A :
- Campur agar-agar bubuk dan gula pasir, tuang susu dan masak sambil terus diaduk hingga mendidih.
- Angkat, masukkan vanilla.
- Bagi adonan menjadi 5 bagian, 1 bagian biarkan berwarna putih dan 4 bagian lain diberi warna sesuai selera.
- Biarkan hingga puding dingin dan set baru dipotong-potong (aku potong dadu kecil atau boleh juga sesuai selera). Sisihkan.

Bahan Puding B :
1 bungkus (15 gr) jelly bubuk plain (aku pakai rasa Lechy)
175 gr gula pasir (atau sesuai selera)
700 ml air

Cara Membuat Puding B :
- Campur jelly bubuk dan gula pasir, tuangi air dan masak sambil diaduk hingga mendidih.
- Matikan api biarkan uap panasnya hilang.

Penyelesaian :
- Letakkan potongan puding A secara acak pada dasar cetakan agar-agar yang sudah dibasahi air.
- Tuang puding B secara perlahan-lahan di atasnya.
- Biarkan dingin, kemudian masukkan kulkas hingga set.
- Siap disajikan.







Aslinya puding ini belum set bener, tapi adek udah merengek-rengek minta dipotong hiiiks.. Akhirnya sebelum dipotong, bundanya gerak cepat untuk sekedar ambil 1-2 jepretan foto hehehehe. Setelah dipotong, anteng lah adek dan kakaknya menikmati puding mereka. Alhamdulillah

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
ela
Saturday, 8 March 2014 at 14:43:00 GMT+7 delete

Mba..nunggu puding A nya set berapa lama yaa??kok saya hampir sejam ditaroh dkulkas,masih lembek,padahal udah ngikutin sesuai resep takarannya..makasih yaa mba

Reply
avatar
Monday, 10 March 2014 at 21:55:00 GMT+7 delete

kalau sejam masih kurang set mbak. Kurleb 2-3 jam

Reply
avatar