ORANGE CHIFFON CAKE (PUTIH TELUR)



Masih punya sisa putih telur menumpuk di kulkas? Resep yang satu ini layak untuk dicoba. Biasanya setelah mengerjakan banyak pesanan cookies, stok putih telur pasti bertumpuk di kulkas. Kalau dibuang tentu saja sayang banget kan, jadi lebih baik diolah menjadi beberapa sajian yang bisa dinikmati bersama keluarga. 

Biasanya chiffon cake memang memakai putih telur yang lebih banyak dibandingkan dengan kuning telurnya. Tidak heran kalau teksturnya menjadi lembut dan ringan, sehingga disebut sebagai "chiffon". Sedangkan resep yang berikut ini hanya memakai putih telur saja dalam adonannya. Teksturnya memang akan sedikit berbeda dengan chiffon biasa. Metode pembuatannya juga berbeda. Kalau biasanya chiffon cake dibuat dengan cara membuat adonan pasta terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan kocokan putih telur. Resep berikut hanya dengan cara mencampur kocokan putih telur dengan bahan kering dan juga minyak atau margarin leleh.






Resep aslinya adalah Chiffon Cake Coklat dari  Pak Sahak Pribadi. Aku buat yang versi orange karena tertarik dengan yang pernah dibuat oleh Sashy Little Kitchen. Berikut ini adalah resep yang sudah sedikit aku modif lagi. 

ORANGE CHIFFON CAKE (PUTIH TELUR)

Bahan A :
525 gr putih telur
200 gr gula pasir
1 sdm emulsifier

Bahan B :
200 gr tepung terigu protein sedang 
30 gr maizena
40 gr susu bubuk full cream
60 gr serbuk minuman jeruk (aku pakai Nutrisari)
1 sdt parutan kulit jeruk lemon

Bahan C :
150 gr minyak
1 sdt essens jeruk

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C, masukkan loyang chiffon ke dalam oven selama kurang lebih 10 menit agar dasar loyang rapat dan adonan tidak merembes keluar.
- Kocok bahan A hingga mengembang dan soft peak (apabila gagang mixer diangkat akan membentuk ujung tumpul atau mirip jambul yang melengkung).
- Campur dan ayak bahan B kemudian tambahkan ke kocokan bahan A secara bertahap sambil diaduk rata (aku memakai mixer kecepatan rendah). 
- Masukkan bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
- Keluarkan loyang dari oven, percik-percikkan sedikit air ke dinding loyang kemudian tuang adonan ke dalamnya.
- Oven hingga matang, selama kurang lebih 50-60 menit.
- Setelah matang, balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang. Apabila memakai loyang chiffon yang tanpa kaki bisa disangga dengan leher botol.
- Biarkan hingga benar-benar dingin baru kemudian dikeluarkan dari loyang dengan bantuan pisau atau spatula tipis.




Teksturnya lembut seperti halnya cake dengan pemakaian putih telur lainnya namun memang berbeda jika dibandingkan chiffon cake biasa. Bisa dibandingkan dengan tekstur Pandan Chiffon Cake yang dulu pernah kuposting disini ya. Alhamdulillah cake ini sebentar saja lho umurnya alias tetap laris manis. Untuk yang ingin mengolah stok putih telur, tidak ada salahnya mencoba resep ini. Bisa dimodif lagi sesuai dengan selera misalnya menjadi pandan chiffon cake atau seperti versi aslinya dari Pak Sahak yaitu chiffon cake coklat.
Eh ya...fotonya benar-benar seadanya ya, tanpa style dan properti hihihihi.



This is my entry for La Femme Patisserie event " Kreasi Putih Telur ala Lafemmers". 
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==