ORANGE CHIFFON CAKE (PUTIH TELUR)



Masih punya sisa putih telur menumpuk di kulkas? Resep yang satu ini layak untuk dicoba. Biasanya setelah mengerjakan banyak pesanan cookies, stok putih telur pasti bertumpuk di kulkas. Kalau dibuang tentu saja sayang banget kan, jadi lebih baik diolah menjadi beberapa sajian yang bisa dinikmati bersama keluarga. 

Biasanya chiffon cake memang memakai putih telur yang lebih banyak dibandingkan dengan kuning telurnya. Tidak heran kalau teksturnya menjadi lembut dan ringan, sehingga disebut sebagai "chiffon". Sedangkan resep yang berikut ini hanya memakai putih telur saja dalam adonannya. Teksturnya memang akan sedikit berbeda dengan chiffon biasa. Metode pembuatannya juga berbeda. Kalau biasanya chiffon cake dibuat dengan cara membuat adonan pasta terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan kocokan putih telur. Resep berikut hanya dengan cara mencampur kocokan putih telur dengan bahan kering dan juga minyak atau margarin leleh.






Resep aslinya adalah Chiffon Cake Coklat dari  Pak Sahak Pribadi. Aku buat yang versi orange karena tertarik dengan yang pernah dibuat oleh Sashy Little Kitchen. Berikut ini adalah resep yang sudah sedikit aku modif lagi. 

ORANGE CHIFFON CAKE (PUTIH TELUR)

Bahan A :
525 gr putih telur
200 gr gula pasir
1 sdm emulsifier

Bahan B :
200 gr tepung terigu protein sedang 
30 gr maizena
40 gr susu bubuk full cream
60 gr serbuk minuman jeruk (aku pakai Nutrisari)
1 sdt parutan kulit jeruk lemon

Bahan C :
150 gr minyak
1 sdt essens jeruk

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C, masukkan loyang chiffon ke dalam oven selama kurang lebih 10 menit agar dasar loyang rapat dan adonan tidak merembes keluar.
- Kocok bahan A hingga mengembang dan soft peak (apabila gagang mixer diangkat akan membentuk ujung tumpul atau mirip jambul yang melengkung).
- Campur dan ayak bahan B kemudian tambahkan ke kocokan bahan A secara bertahap sambil diaduk rata (aku memakai mixer kecepatan rendah). 
- Masukkan bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
- Keluarkan loyang dari oven, percik-percikkan sedikit air ke dinding loyang kemudian tuang adonan ke dalamnya.
- Oven hingga matang, selama kurang lebih 50-60 menit.
- Setelah matang, balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang. Apabila memakai loyang chiffon yang tanpa kaki bisa disangga dengan leher botol.
- Biarkan hingga benar-benar dingin baru kemudian dikeluarkan dari loyang dengan bantuan pisau atau spatula tipis.




Teksturnya lembut seperti halnya cake dengan pemakaian putih telur lainnya namun memang berbeda jika dibandingkan chiffon cake biasa. Bisa dibandingkan dengan tekstur Pandan Chiffon Cake yang dulu pernah kuposting disini ya. Alhamdulillah cake ini sebentar saja lho umurnya alias tetap laris manis. Untuk yang ingin mengolah stok putih telur, tidak ada salahnya mencoba resep ini. Bisa dimodif lagi sesuai dengan selera misalnya menjadi pandan chiffon cake atau seperti versi aslinya dari Pak Sahak yaitu chiffon cake coklat.
Eh ya...fotonya benar-benar seadanya ya, tanpa style dan properti hihihihi.



This is my entry for La Femme Patisserie event " Kreasi Putih Telur ala Lafemmers". 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
Thursday, 29 August 2013 at 14:30:00 GMT+7 delete

mbak Thanks inspirasinya yaa.Tau aja aku lagi pusing nyari resep untuk menghabiskan stock putih telur dikulkas.
utk resep ini apakah putih telurnya bisa pake yang sudah masuk kulkas 1 minggu gak ya?

makasih yaa

Reply
avatar
Thursday, 29 August 2013 at 20:38:00 GMT+7 delete

Putih telur saya malah stok sebelum lebaran mbak heheheh. Mbak Devi gimana nyimpan putih telurnya? Kalau saya saya masukkan plastik bersih dan masuk freezer. Sebelum dipakai didiamkan suhu ruang dulu dan dicek kekentalannya. Kalau masih kental berarti masih bagus dan bisa dipakai

Reply
avatar
Friday, 30 August 2013 at 11:42:00 GMT+7 delete

aku masukkan tupperware mbak tapi aku simpan di chiller. Thanks ya mbak, nanti aku check kekentalan putih telurnya. kalo masih oke aku ujicoba cake ini.
Btw kalo gak pake parutan jeruk lemon gpp kali yaa soalnya ga ada ;)

Reply
avatar
Tuesday, 3 September 2013 at 04:33:00 GMT+7 delete

gak apa mbak tanpa parutan kulit jeruk lemon juga gak apa. Selamat mencoba ya

Reply
avatar
wilda
Monday, 9 December 2013 at 15:08:00 GMT+7 delete

salam kenal mba,saya baru belajar bikin kue,jd blum punya loyang chiffon,pake loyang biasa bisa g?ngiler liat kuenya.makasih mba

Reply
avatar
Monday, 9 December 2013 at 21:55:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak Wilda, bisa pakai loyang tulban biasa ya (loyang yang ada lubang di tengahnya). Nanti setelah matang juga harus tetap dibalik, bisa disangga dengan leher botol.

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 3 May 2014 at 10:11:00 GMT+7 delete

Mbak kalo 525gr putih telur itu dari berapa telur ya kira-kira?

Reply
avatar
Saturday, 13 December 2014 at 10:29:00 GMT+7 delete

Selamat pagi mba nina,, pengen coba resep ini untuk ayah tersayng yg lagi stroke,, ƍäª boleh maem macam2 termasuk kuning telur,, kayanya resep ini pas,, tpi saya mau buat dgan gula tropicana slim,, klo liat operbandingannya gula pasir biasa dgn tropicana 5:1,, yg mau saya tanya pengaruh ke cake ƍäª ya mba klo komposisi gulax saya rubah.. Rasax kayax pas,n tpi takut komposisinya kurang secara gulax jdi tambah sedikit.. Mohon masukanx ya mba

Reply
avatar
Saturday, 13 December 2014 at 23:33:00 GMT+7 delete

Haii mbak Eny, salam kenal.
Maksudnya gimana mbak, di resep kan gulanya 200 gr, jadi maksud mbak Eny kalau pakai tropicana brarti cuma 40 gr gitu kah? Atau bagaimana maksudnya? Selama ini saya mengira kalau di resep gula 200 gr, ya diganti tropicana dengan berat yang sama hehehe. Maklum mbak saya belum pernah.

Reply
avatar
Sunday, 4 October 2015 at 08:28:00 GMT+7 delete

mbak...aq buat kq malah jd kayak puding ya...jd g ngembang...g ada pirinya sama sekali...trus malah amis ngt..syedyiiihhhh :'(:'( :'(

Reply
avatar