MINI APPLE PIE



Masih punya stok apel di rumah, kemarin sudah dibuat bread pudding, sudah dibuat juice dan juga langsung dimakan. Apple pie adalah salah satu snack favorit suamiku, jadi tak ada salahnya kalau sisa apel itu diolah menjadi apple pie. Bagiku membuat apple pie membutuhkan effort yang lumayan juga, jadi harus benar-benar diniatin deh sampai akhirnya jadi apple pie idaman hihihih. Postingan tentang apple pie sudah pernah kutulis disini dan kali ini aku membuat versi mini.

Mini apple pie ini dibuat berdasarkan resep pada buku Pastry & Pie Populer karangan Teh Ike Hermawan dan Wulan Sucipto. Beliau berdua adalah senior-seniorku di IDFB dan aku sudah lama sekali mengagumi hasil karya beliau. Resep dan foto-foto cantik beliau bisa dilihat langsung di blog pribadinya yaitu Pawonike dan Lilkitchen Wulanphotoscape.
Back to my apple pie....resep crust dan isiannya hanya aku modif sedikit saja dari resep asli pada buku tersebut ya. Please check the recipe...




MINI APPLE PIE


Bahan Crust / Kulit Pie :
250 gr tepung terigu serbaguna
125 gr butter dingin, potong kotak
1 butir telur
3 sdm air es (resep asli 1 sdm, sesuaikan dengan keadaan tepung)
1 kuning telur untuk olesan

Cara Membuat Crust / Kulit Pie:
- Dalam suatu wadah, campur tepung dan butter. Aku aduk memakai pisau pastry, sedangkan pada resep asli adalah dengan cara meremas-remas memakai tangan hingga adonan berbutir-butir (crumble).
- Tambahkan telur, aduk rata hingga adonan kalis.
- Tuang air es sedikit demi sedikit , aduk kembali hingga kalis. Tambahkan air apabila adonan dirasa masih kering dan hentikan penambahan air apabila adonan sudah cukup kalis.
- Adonan pie siap digunakan.

Bahan Isian :
4 buah apel Granny Smith (apek hijau / apel malang), kupas dan potong dadu
75 gr gula pasir
1 sdt kulit jeruk lemon (skip, lagi gak punya)
25 ml jus jeruk (resep asli 15 ml, pakai air biasa juga boleh)
2 sdt gula palem
75 gr kismis
1/2 sdm kayu manis bubuk
2 sdm margarin, lelehkan
1/2 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air (resep asli 50 gr maizena)

Cara Membuat Isian Apple Pie :
- Masukkan apel dalam panci yang berisi gula pasir, tambahkan jus jeruk dan gula palem.
- Panaskan di atas kompor sambil diaduk hingga rata. Masak sebentar hingga apel terlihat empuk kemudian masukkan kismis, kayu manis dan margarin leleh.
- Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental.
- Angkat dan dinginkan.

Penyelesaian :
- Siapkan loyang / cetakan pie, oles rata dengan margarin atau minyak.
- Cetak adonan crust, sisakan sedikit adonan untuk penutup bagian atas pie.
- Tuang bahan isian atas kulit pie.
- Gilas sisa adonan kulit kemudian cetak sesuai selera untuk penutup atas pie, bisa dengan memakai cookies cutter atau dibuat motif anyaman (lattice) seperti yang kubuat.
- Oles permukaannya dengan kuning telur dan panggang dengan suhu 160'C hingga matang dan kulitnya kecoklatan.
- Angkat dan biarkan dingin baru kemudian dikeluarkan dari loyang / cetakannya.







Nyam...nyam...so yummy. Crust pie yang renyah dipadukan dengan isian yang legit. Suka sekali dengan isiannya yang harum aroma kayu manis. Eh ya penggunaan kayu manis jangan diskip ya, karena menurutku apple pie itu memang sudah pakemnya ada aroma kayu manis.
Apple pie ini enak juga disajikan dalam keadaan dingin. Simpan dalam wadah kedap udara kemudian dimasukkan ke dalam lemari es. Kulitnya tetap renyah tapi ada sensasi dingin dari isiannya. Enak deh.




Mini apple pie untuk bekal anak-anak? Oke juga kan tuh. Sayangnya mini apple pie buatanku masih jauh dari kata rapi ya, harap makluuum. Recomended to try....Happy Baking ya..
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==