CHEESE BROWNIES



Selalu suka perpaduan antara coklat dan keju. Yang paling sering adalah memadukan keduanya saat membuat brownies. Beberapa kali membuat cheese brownies dan Alhamdulillah selalu puas dengan hasilnya. Brownies yang nyoklat dipadukan dengan gurihnya keju dari cream cheese...paaas sekali.

Beberapa waktu yang lalu, di milis sempat ramai oleh resep Cheese Brownies ala Vin. Udah lama juga pengen nyobain, tapi ternyata baru sempat dieksekusi kemarin hihihi. Walau tanpa pemakaian coklat bubuk, brownies ini cukup intens rasa coklatnya, karena pemakaian coklat batangan yang mencapai 300 gr. Ditambah lagi hasil akhirnya masih disiram dengan coklat leleh. Rasanya yang nyoklat tersebut, dipadukan dengan cream cheese, jadinya ada semburat gurih ketika kita menikmatinya. Yummyy....Kali ini aku membuat tanpa siraman coklat leleh di atasnya, tetap enaak. Berikut adalah original recipe cheese brownies ala Vin yaa...




CHEESE BROWNIES

Bahan A :
225 gr unsalted butter (mentega tawar), lelehkan dan biarkan hangat

Bahan B :
150 gr dark cooking chocolate (DCC)
150 gr milk cooking chocolate (MCC)
150 gr whipcream dairy (whipcream cair)
(campur, lelehkan dan biarkan hangat)

Bahan C :
4 butir telur
1 sdt vanilla
90 gr gula pasir
(campur dan kocok lepas bahan C )

Bahan D :
135 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
(campur dan ayak bahan D)

Bahan E :
200 gr cream cheese suhu ruang
35 gr gula halus
1 butir kuning telur
(campur dan aduk rata)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (uk 22 atau 24 cm), alasi kertas roti hingga sisi-sisinya dan oles margarin serta taburi dengan coklat bubuk. Sisihkan.
- Campur bahan A dan bahn B, aduk rata.
- Masukkan bahan C, aduk rata, kemudian masukkan bahan D. Aduk rata.
- Tuang 2/3 adonan coklat ke loyang kemudian tuang adonan cream cheese (bahan E). Tuang kembali adonan coklat. (aku buat motif marble, jadi tidak dijadikan filling).
- Panggang selama kurang lebih 35 menit. Jangan overbake ya dan sering dicek setelah 25 menit. 
- Lakukan tes tusuk, angkat dan dinginkan.






Cukup simpel kan cara pembuatannya, tinggal aduk-aduk aja dan tidak membutuhkan mixer. Walau memakai baking powder, tapi brownies tentu saja tidak akan terlalu mengembang, karena brownies kan memang cake bantat hehehehe. Cake bantat yang enaaaak ^_^
Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga.




close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==