CHEESE BROWNIES



Selalu suka perpaduan antara coklat dan keju. Yang paling sering adalah memadukan keduanya saat membuat brownies. Beberapa kali membuat cheese brownies dan Alhamdulillah selalu puas dengan hasilnya. Brownies yang nyoklat dipadukan dengan gurihnya keju dari cream cheese...paaas sekali.

Beberapa waktu yang lalu, di milis sempat ramai oleh resep Cheese Brownies ala Vin. Udah lama juga pengen nyobain, tapi ternyata baru sempat dieksekusi kemarin hihihi. Walau tanpa pemakaian coklat bubuk, brownies ini cukup intens rasa coklatnya, karena pemakaian coklat batangan yang mencapai 300 gr. Ditambah lagi hasil akhirnya masih disiram dengan coklat leleh. Rasanya yang nyoklat tersebut, dipadukan dengan cream cheese, jadinya ada semburat gurih ketika kita menikmatinya. Yummyy....Kali ini aku membuat tanpa siraman coklat leleh di atasnya, tetap enaak. Berikut adalah original recipe cheese brownies ala Vin yaa...




CHEESE BROWNIES

Bahan A :
225 gr unsalted butter (mentega tawar), lelehkan dan biarkan hangat

Bahan B :
150 gr dark cooking chocolate (DCC)
150 gr milk cooking chocolate (MCC)
150 gr whipcream dairy (whipcream cair)
(campur, lelehkan dan biarkan hangat)

Bahan C :
4 butir telur
1 sdt vanilla
90 gr gula pasir
(campur dan kocok lepas bahan C )

Bahan D :
135 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
(campur dan ayak bahan D)

Bahan E :
200 gr cream cheese suhu ruang
35 gr gula halus
1 butir kuning telur
(campur dan aduk rata)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (uk 22 atau 24 cm), alasi kertas roti hingga sisi-sisinya dan oles margarin serta taburi dengan coklat bubuk. Sisihkan.
- Campur bahan A dan bahn B, aduk rata.
- Masukkan bahan C, aduk rata, kemudian masukkan bahan D. Aduk rata.
- Tuang 2/3 adonan coklat ke loyang kemudian tuang adonan cream cheese (bahan E). Tuang kembali adonan coklat. (aku buat motif marble, jadi tidak dijadikan filling).
- Panggang selama kurang lebih 35 menit. Jangan overbake ya dan sering dicek setelah 25 menit. 
- Lakukan tes tusuk, angkat dan dinginkan.






Cukup simpel kan cara pembuatannya, tinggal aduk-aduk aja dan tidak membutuhkan mixer. Walau memakai baking powder, tapi brownies tentu saja tidak akan terlalu mengembang, karena brownies kan memang cake bantat hehehehe. Cake bantat yang enaaaak ^_^
Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga.




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
Tuesday, 3 September 2013 at 22:09:00 GMT+7 delete

wah mbak ini dari foto mirip kyk brownies yang dijual lo, merk nya jeanie's secret recipe. mbak bisa juga buat melted brownies? hehehe

Reply
avatar
Wednesday, 6 November 2013 at 09:40:00 GMT+7 delete

Hai mb nina
Kemarin sewaktu libur saya cba bikin resep ini, kerasa bgt milk chocolate nya plus ngeju. Kebetulan kemarin nyobanya setengah resep, dan saya bikin di loyang brownie 22x10, tp kok pas 20 menit kemudian tu adonan ngembang tinggi trz wktu dingin kempis gtu. Dan tekstur brownie nya basah, apa memang seperti itu ya mb?? ato saya salah pke loyang?? Mohon petunjuknya ya senior hehehe, tq mb

Reply
avatar
Saturday, 9 November 2013 at 11:45:00 GMT+7 delete

Stephanie...haaa iya kah, jauh lebih keren yang dijual kali hihihi. Belum pernah bikin melted brownies, semoga bisa jadi proyek selanjutnya yaa

Reply
avatar
Saturday, 9 November 2013 at 11:46:00 GMT+7 delete

Cha...teksturnya gak basah menurut saya, tapi moist, apalagi ada penambahan cream cheese. Kalau brownies memang cake bantat, jadi harusnya gak mengembang mbak. CMIIW

Reply
avatar
Friday, 10 April 2015 at 13:47:00 GMT+7 delete

Mbak, slm ini aku jd sr nih, bru skrg deh komen, ngomong2 ada pengganti ngga ya kl ngga pake whipcream dairy mba? Aga jauh nyarinya si whipcrm ini

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 8 July 2015 at 10:56:00 GMT+7 delete

Mbak, sama yg david lebovitz perbandingan rasanya gimana yaaa?

Reply
avatar