PUDING GULA MERAH



Ini dia puding favoritku selain puding coklat, yaitu puding gula merah. Sering juga bikin puding ini karena memang gak cuma aku yang suka tapi kami sekeluarga favorit dengan puding ini. Rasanya yang legit dengan aroma gula merah yang khas dipadukan dengan teksturnya yang lembut. Enak sekali. Puding gula merah ini sangat cocok dihidangkan sebagai salah satu menu takjil lho, yaa...karena rasanya yang manis tentunya. 

Dulu banget aku udah pernah posting resep puding gula merah ini, bisa dilihat disini dan disini ya. Kali ini aku membuat puding gula merah dengan base resep andalan yang berasal dari Ricke dan kemudian aku modifikasi lagi sesuai selera ya.




PUDING GULA MERAH

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain 
750 ml santan
300 gr gula merah, sisir halus
100 ml air
1 butir kuning telur, kocok lepas
1 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Masak gula merah dan air, hingga gula merah larut. Angkat dan saring.
- Tuang santan ke dalam panci, masukkan air gula merah, daun pandan dan agar-agar bubuk.
- Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
- Menjelang mendidih, ambil 2 sendok sayur larutan agar-agar dan tuang ke dalam kuning telur. Aduk rata dan masukkan kembali. Aduk cepat dan didihkan.
- Matikan api dan tuang ke dalam cetakan agar-agar yang sudah dibasahi dengan air atau ke dalam cup.
- Biarkan uap panasnya hilang dan didinginkan baru dibekukan ke dalam lemari es.
- Sajikan dingin.

Note :
- Dengan cara tersebut, hasil jadi puding akan membentuk 2 lapisan, yaitu lapisan gula merah dan lapisan santan.
- Apabila menginginkan puding gula merah yang tanpa lapisan, maka kuning telur langsung dicampurkan di awal pemasakan dan ketika mendidih pertama kali langsung matikan api. Hasilnya adalah puding gula merah dengan 1 lapisan saja.






Menurutku puding gula merah ini cocok dijadikan sebagai puding cup, karena teksturnya yang sangat lembut. Jadi memakannya dengan cara disendoki. Kalau mau nekad dituang di cetakan agar-agar besar juga boleh, seperti yang kubuat tadi hehehehe. Tapi hati-hati ketika memotongnya ya. Mau yang lebih spesial? Tambahkan kelapa muda atau nangka ke dalam puding. Yummyyy...
Yuuk...bikin puding gula merah untuk menu takjil di bulan Ramadhan ^_^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==