NASTAR KLASIK



Nastar klasik rasanya gak pernah terasa kuno ya ^_^ Walaupun saat ini terdapat bermacam variasi cookies model baru, nastar klasik ini tetap menjadi idola. Sejak kecil, nastar ini selalu ada di saat hari Raya tiba.
Dulu sebelum bisa bikin kue sendiri, aku selalu bantuin Mama bikin aneka cookies untuk hidangan di Hari Raya. Yang wajib dibuat hanya 3 macam yaitu nastar, kastengel dan putri salju. Kadang kami membuat juga kue kacang dan menggoreng kacang telur. Saat itu aku gak tau apa-apa soal adonan dan resep, semua urusan mama. Yang kulakukan hanya membantu mencetak, memoles dan menabur-nabur keju hihihihi. Jadi gak heran kalau nastar terasa sangat special bagiku, maklum bikinnya hanya setahun sekali.

Sampai sekarang sudah bisa sedikit-sedikit bikin kue sendiri, nastar tetap special. Karena apa...karena aku juga bikinnya tetap setahun sekali hihihi. Sekarang ini Mamaku udah gak pernah bikin cookies lagi dan gantian aku yang buatin buat persediaan selama Hari Raya, Yang pasti nastar tetap menjadi must bake item hehehehe. Alhamdulillah nastar klasik juga selalu menjadi best seller daganganku.




Bikin nastar itu memang repot, untuk memulainya butuh booster semangat yang banyak. Dimulai dari proses pembuatan selai yang sudah cukup memakan waktu dan tenaga. Bayangkan aja mulai dari memarut, memasak dan mengaduk nanas hingga menjadi selai yang enak, itu sudah suatu proses yang cukup ribet. Setelah itu proses pembuatan nastar, dimulai dari menyiapkan adonan, memproses adonan, mencetak, mengoles dan memanggangnya. Semua butuh waktu yang tidak sebentar. Untuk menghasilkan nastar yang enak juga diperlukan bahan-bahan yang berkualitas, terutama butter yang baik. Jadi...buat para bakul kue rumahan, jangan mau nastarnya ditawar dengan harga murah ya heheheh. Buat customer juga jangan tega-teganya menawar nastar rumahan dengan harga yang terlalu murah ^_^  Bukan berarti nastar harus dijual dengan harga yang sangat mahal lho ya, ambillah keuntungan sewajarnya aja.

Resep nastar klasik yang biasa kupakai adalah resep nastar NCC. Sudah cocok banget dengan resep ini. Dulu sudah pernah kuposting juga, tapi kutuliskan lagi disini ya

NASTAR KLASIK

Bahan :
250 gr butter
250 gr margarin
100 gr gula halus
4 butir kuning telur
700 gr tepung terigu serbaguna (bisa pakai protein rendah)
4 sdm susu bubuk full cream (pakai 1 sachet @27 gr)

Isian :
selai nanas homemade

Olesan :
4 kuning telur

Cara Membuat :
- Kocok butter, margarin, gula halus dan telur dengan mixer kecepatan rendah, sebentar saja asal tercampur rata.
- Masukkan campuran terigu dan susu bubuk yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
- Ambil adonan, pipihkan, beri isian dan bulatkan. Atau bisa dibentuk sesuai selera. Tata di atas loyang.
- Oven dengan suhu 150'C hingga setengah matang kemudian keluarkan dari oven.
- Biarkan uap panasnya hilang, baru dioles dengan kuning telur.
- Oven kembali hingga matang dan berwarna keemasan.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Isian nastar tentunya lebih enak memakai selai nanas homemade. Kemarin-kemarin lupa mau menuliskan disini, karena banyak yang menanyakan jadi kutuliskan ya. Jangan terpaku pada resep selai nanas ini ya, karena berat nanas yang kita pakai kan beda-beda, demikian juga dengan kadar manisnya. Jadi silahkan disesuaikan dengan bahan-bahan yang kita pakai ya.

SELAI NANAS HOMEMADE

Bahan :
4 buah nanas ukuran sedang (pilih yang manis)
250-300 gr gula pasir (tergantung kadar manis nanas)
1/4 sdt garam
2 batang kayu manis bubuk (optional, aku jarang pakai)
5 butir cengkeh (optional, aku jarang pakai)

Cara Membuat :
- Kupas dan cuci bersih nanas, kemudian parut. Bisa juga menggunakan blender ya, tapi jangan sampai terlalu halus, agar masih keliatan serat-serat nanasnya.
- Masak nanas hingga airnya habis dan mengering.
- Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk terus hingga terasa lengket dan airnya habis. Matikan api.
- Dinginkan selai atau sebelum dipakai bisa disimpan dulu di lemari es agar menjadi lebih kering dan mudah dipulung.
- Selai nanas homemade siap digunakan.

Yuuk...saatnya bikin nastar sendiri. Pasti terasa lebih istimewa ^_^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

54 komentar

komentar
Wednesday, 24 July 2013 at 11:10:00 GMT+7 delete

Mba mau nanya.Itu komposisi butter dan margarinnya jadi 500 gram ya?Pengen bikin nastar yang enak tapi ragu liat jumlah lemaknya. Trims mba untuk penjelasannya

Reply
avatar
Wednesday, 24 July 2013 at 22:15:00 GMT+7 delete

Betul Bunda Clafra....total 500 gr untuk 1 resep ini. Itu yang bikin nastar enak ^_^

Reply
avatar
Friday, 26 July 2013 at 17:07:00 GMT+7 delete

Hallo Mbak, saya pemula nih dalam hal bikin kuker lebaran kayak nastar ini. Rencananya dalam beberapa hari ke depan mau bikin nastar. Tapi gimana bikin selainya ya Mbak? Boleh sharing resep selai nanasnya gak Mbak? (Aduh, jadi malu minta-minta...:")

Reply
avatar
Sunday, 28 July 2013 at 13:09:00 GMT+7 delete

Haloo mbak...selai nanas sudah saya tambahkan di postingan nastar klasik ini ya. Terima kasih

Reply
avatar
Tuesday, 6 August 2013 at 14:57:00 GMT+7 delete

Halo Mbak Nina.. aku baru aja bikin nastar pakai resep dari yennis cake, hasil akhirnya enak, teksturnya cenderung kering (renyah), menurut aku ya.. Aku mau buat nastar yang agak moist teksturnya dan lembut. Kalo nastar ncc ini gimana teksturnya mbak, cenderung kering atau moist..? Atau, apa mbak pernah coba resep yennis cake, enak mana sama nastar ncc..? Thanks before.. ^^

Reply
avatar
Wednesday, 7 August 2013 at 11:19:00 GMT+7 delete

Saya belum pernah bikin nastar pakai resep mbak Yenny. Nastar NCC ini menurut saya enak dan ngeprul. Dengan perbandingan butter dan margarin 1:1 sudah cukup enak. Resep yenni's cake saya liat komposisinya mirip dengan NCC.
mbak pakai perbandingan butter dan margarin brapa?

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, 13 February 2014 at 08:46:00 GMT+7 delete

Halo mbak Nina. salam kenal.
problem saya sama persis dgn mbak grassy-green. saya jg sdh beberapa kali pake resepnya Yennis Cake, enak,namun teksturnya menurut saya cenderung renyah dan kering. saya jg ingin nastar yg teksturnya moist dan lembut. mnurut mbak nia nastar NCC ini teksturnya gimana mbak (enak udah pasti yaa..mbak) apakah cenderung renyah jg?... maaf mbak tp saya kurang ngerti istilah 'ngeprul' ngeprul itu maksudnya gimana ya mbak?..

trima kasih sebelumnnya - astuti at Medan.

Reply
avatar
Thursday, 20 February 2014 at 17:57:00 GMT+7 delete

ngeprul itu maksudnya melt in the mounth, jadi gak renyah kres-kres gitu. tekstur ngeprul selain bisa didapat dari bahan yang digunakan. Kalau resep sama plek tapi lebih banyak pakai margarin, tentu saja tidak bisa se-ngeprul yang lebih banyak butternya. CMIIW

Reply
avatar
Tuesday, 25 February 2014 at 17:10:00 GMT+7 delete

Salam kenal jueng Ni na, senang bisa dapat tambahan kumpulan resepnya..aku akan coba bikin ah sebelum pesanan datang..hihihi..thanks ya jueng udah share

Reply
avatar
Tuesday, 25 February 2014 at 23:10:00 GMT+7 delete

terima kasih mbak. Silahkan dicoba ya mbak, semoga cocok dengan selera keluarga

Reply
avatar
Monday, 23 June 2014 at 12:14:00 GMT+7 delete

Ini sepertinya resep yg kucari mba. Aku lebih suka yg ngeprul mba. Aku mau coba resepnya mba nina. Thx ya mba nina

Reply
avatar
Friday, 27 June 2014 at 03:47:00 GMT+7 delete

silahkan dicoba mbak, menurut saya dengan resep ini sudah enak dan ngeprul kok. Terima kasih ya

Reply
avatar
Anonymous
Sunday, 29 June 2014 at 15:17:00 GMT+7 delete

Untuk nanas ukuran sedang, tepatnya berapa berat nya yaa? Makasih sebelumnyaa(:

Reply
avatar
Wednesday, 2 July 2014 at 17:16:00 GMT+7 delete

hiiiks saya gak pernah nimbang mbak, biasanya gulanya saya sesuaikan aja dengan kadar manisnya nanas mbak

Reply
avatar
Thursday, 10 July 2014 at 12:57:00 GMT+7 delete

mbak, mau nanya itu telurnya dimasukkin semua (maksudnya kuning dan putihnya) gitu. trus dikocoknya ga sampai ngembang ya?
makasi sebelumnya :)

Reply
avatar
Friday, 11 July 2014 at 00:27:00 GMT+7 delete

Hallo mbak..nimbrung lagi nich..mau tanya selain wijsman ato orchid butter yg mumet apa y mbak soalnya aku bingung nih dgn pesanan jarg eko. Thanks bantuannya ya mbak

Reply
avatar
Monday, 14 July 2014 at 21:12:00 GMT+7 delete

iya telurnya dimasukkan semua, kocok hingga asal rata aja gak usah sampai mengembang ya

Reply
avatar
Monday, 14 July 2014 at 21:14:00 GMT+7 delete

Haloo mbak Windi...kalau mau ekonomis, biasanya pakai BOS mbak, cuma dapat aroma butternya aja. Menurutku kalau orchid itu sudah termasuk ekonomis sih. Tapi kemarin waktu ke TBK liat ada butter yang harganya 60 ribu/kg, aromanya enak juga, tapi aku gak beli dan lupa merknya apa hiiks. Kemasannya curah gitu

Reply
avatar
Thursday, 17 July 2014 at 00:15:00 GMT+7 delete

boleh tau gak satu resep jadinya sekitar berapa toples ya? Makasih :D

Reply
avatar
Thursday, 17 July 2014 at 15:31:00 GMT+7 delete

Oke Bun. Makasi banyak yah. Mau nyoba buat lebaran ini. hehe

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 21:11:00 GMT+7 delete

1 resep kurang lebih jadi 3 toples ukuran 500 gr mbak Husna

Reply
avatar
Sunday, 28 September 2014 at 11:31:00 GMT+7 delete

Terimakasih resepnya bunda nina. Sy sdh coba bikin setengah resep. Rasanya pas, saya sekeluarga suka. Kering diluar, begitu dimakan lumer di mulut.

Reply
avatar
Tuesday, 30 September 2014 at 23:32:00 GMT+7 delete

Thank you mbak Liliana sudah mencoba resepnya ^_^

Reply
avatar
Friday, 5 December 2014 at 14:45:00 GMT+7 delete

Hi Bunda Nina.. saya pemula.. saya mau tanya oven nastarnya pakai api atas atau api bawah ya kalau pakai oven listrik? Terima kasih sebelumnya :D

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 13 February 2015 at 12:41:00 GMT+7 delete

Halo bunda nina , salam kenal ^^
Saya uda coba resep ini dan serumah pada suka bahkan dikira beli di toko kue mahal xixi . makasih bunda -shella-bogor-

Reply
avatar
Saturday, 14 February 2015 at 14:35:00 GMT+7 delete

Halo bunda nina...
saya sudah coba resep nastar ini beberapa kali dan udah cocok banget sama selera keluarga.. tapi ada hal yang mau saya tanyakan, gmn ya biar warna nastar itu cantik, mau kuning gt.. saya kalau buat hasilnya pucat.. tapi soal rasa sih enak.. apa pengaruh dr butter atau margarinenya?Saya selalu pakai blueband, orchid/anchor.. terima kasih bunda..

Reply
avatar
Monday, 16 February 2015 at 21:56:00 GMT+7 delete

Halo Shella....senang sekali kalau suka dengan resepnya. Sukses terus yaa..Happy Baking

Reply
avatar
Monday, 16 February 2015 at 21:57:00 GMT+7 delete

Halo mbak Sri Utari...makasih ya sudah mencoba resepnya. Untuk olesan saya cuma pakai kuning telur mbak dan warnanya seperti yang di foto itu. Pernah dengar juga ada yang memakai kuning telur yang diberi sedikit pewarna kuning telur, tapi saya sendiri gak pernah nyoba.

Reply
avatar
Sunday, 5 April 2015 at 14:49:00 GMT+7 delete

Mba nina mau tanya kira2 resep nastar ini bisa dibuat nastar yg bentuk buah2an gak? Yg lg ngetrend sekarang itu lho mba..brarti ditambahin pewarna ya mba..mksh jwbnnya..

Reply
avatar
Wednesday, 27 May 2015 at 06:55:00 GMT+7 delete

Mbak Nina saya pengen nyobain resep nastarnya mbak Nina...boleh tanya ya mbak..itu kalau pakai butter anchor/orchid yang salted atau unsalted ya mbak? Thanks before ya mbak...

Reply
avatar
Thursday, 28 May 2015 at 21:31:00 GMT+7 delete

untuk cookies saya pakai yang salted mbak Laura

Reply
avatar
Thursday, 28 May 2015 at 21:31:00 GMT+7 delete

Mbak Yani...bisa mbak, betul ditambah pewarna makanan sesuai kebutuhan

Reply
avatar
Sunday, 14 June 2015 at 20:57:00 GMT+7 delete

Salam kenal mba Nina, kalau margarinnya blue band master menurut mba Nina gimana? Makasih sebelumnya :).

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 22 June 2015 at 08:11:00 GMT+7 delete

Halo mb.. Lebaran 2thn lalh Sy prnh coba bkin nastranya dgn selai beli jadi. Hasilnya enak. Nah 2 hr lalu sy buat sndiri selainya.. Hasilnya gula tdk hancur.. Bgmn y.. Pdhl cara pembuatan sy sperti resep.. Yitu stlah nenas kering airnya masuka. Gula.. Hmm jdnya gula tdk mencair..

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 22 June 2015 at 08:17:00 GMT+7 delete

Hlo mb sy buat selai sesuai resep yaitu rebus nanas yg sdh d blender smpe airnyakring;trus sy masukn gula dn aduk sbentr sktar 1/2 detik.. Selainya jd kering bnget. Api di matikan.. Alhasil stlah dingin.. Gumpalan gula tdk mencair..

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 23 June 2015 at 10:49:00 GMT+7 delete

mba nina. maizena di adonan cookies fungsinya utk apa mba? pelembut atau perenyah atau apa ya? hasilnya cookies jd bgm teksturnya mba? thanx seblmnya. Beti

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 23 June 2015 at 10:53:00 GMT+7 delete

mba, maizena fungsinya utk apa ya mba?

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 23 June 2015 at 15:33:00 GMT+7 delete

Mba Nina. 1resep bs dpt brp toples ya? Yg difoto toples ukuran brp mba.. Thanks ya :)

Elise

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 06:31:00 GMT+7 delete

Maizena sebenarnya untuk perenyah, tapi hasilnya di nastar ini nanti tidak akan jadi renyah, sebagai pengkokoh aja

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 10:48:00 GMT+7 delete

Mb kalau diganti Blueband cake n cookies nanti teksturnya apa akan tetap ya Mb?

Reply
avatar
Saturday, 27 June 2015 at 14:47:00 GMT+7 delete

Halo mbak... saya praktek resep mbak ini, rasanya enak, cm kenapa warnanya pucat ya mbak? Trims

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 1 July 2015 at 10:16:00 GMT+7 delete

salam kenal mba Nina...biar lbh ekonomis butter nya bisa pake BOS..BOS itu apa ya mba? :) maap pemula..thanks b4 mba

Reply
avatar
Monday, 6 July 2015 at 14:41:00 GMT+7 delete

dear Mba Nina,

saya sudah coba resep mba dan hasilnya memuaskan,, aku udah coba beberapa resep tapi hasilnya ga kaya yg punya mba,,, sepertinya ini akan jadi resep nastarku tiap tahun,, hehehe

matur suwun mba,,

Reply
avatar
Tuesday, 14 July 2015 at 19:50:00 GMT+7 delete

bunda...aku dah coba resepnya...
enak banget...lembut...sukses pokonya.
banyak orang yang suka.
makasih banget yach bun resepnya..

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 27 July 2015 at 13:39:00 GMT+7 delete

Bunda Nina, wkt libur Lebaran yg lalu, saya coba bikin nastar dg resep ini. Hasilnya lumayan kokoh di luar, bentuk bisa bulat cantik, tdk melebar, tdk retak, tapi lumer di dalam. Puas dg hasilnya! Saya pakai bos dan margarin. Kalau pakai butter beneran, pasti lebih enak. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Reply
avatar
Friday, 18 December 2015 at 22:40:00 GMT+7 delete

bunda Nina, saya selalu memakai resep bunda Nina krn rasanya super enak tp yg menjadi kendala says, saya suka buat nastar dengan resep bunda ini to koq diluarnya slalu masih basah gt yah? apa Ada yg salah dengan adonan saya yah?

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 14 June 2016 at 06:55:00 GMT+7 delete

Izin share n praktek resepnya ya mba, thanks :)

Reply
avatar
Friday, 11 November 2016 at 18:18:00 GMT+7 delete

Salam kenal mb nina,
Mau tanya kalau pakai blueband cake n cookie kira2 gimana ya rasamya makasih

Reply
avatar
Monday, 14 November 2016 at 14:40:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum. Mbk ninna mau tanya. Butternya merk apa ya? Dan margarinnya yang serbaguna bukan?

Reply
avatar
Monday, 21 November 2016 at 21:44:00 GMT+7 delete

Waalaykumsalam warahmatullah
Butter bisa pakai anchor, blue triagle atau wisjman. Margarin saya pakai blueband

Reply
avatar
Sunday, 27 November 2016 at 18:55:00 GMT+7 delete

Terima kasih jawabannya mbk :-D . Aku udh bikin dan enak sekali. Lembut sekali. Semua suka.. bahkam ada yang pesan.tapi kok aku bikin yang kedua ini kok adonannya nggak selembut yang pertama ya. Mohon penjelasannya dimana salah saya. Apakah kurang dalam pengadukan tepungnya. Atau justru malah terlalu lama? Mohon ilmunya cara mengaduk campuran ketika tepungnya dimasukkan. Terima kasih mbk nina. Big hug. Makasih resepnya.

Reply
avatar
Sunday, 4 June 2017 at 12:29:00 GMT+7 delete

Mbak nina minta sarannya dong kalau saya buat nastar keluar dari oven dia ngak bisa bulet mbak saya komposisi butternya lebih banyak mohon sarannya mbak

Reply
avatar