MAKUTEL LAPIS KENTANG



Fotonya jeleeek dan mati gaya euy. Selama ini belum bisa juga sih bikin foto yang bagus, tapi kali ini bener-bener gak banget deh >.< Beberapa hari ini sama sekali gak ada mood untuk foto-foto. Dipaksain pegang kamera yaaa...gini deh jadinya. 
Tapi ya gak apa ya tetap diposting disini, siapa tau bisa jadi inspirasi terutama bagi penggemar makutel ^_^

Kebetulan ada orderan makutel tapi untuk toppingnya tidak mau memakai saus putih ataupun juga saus bolognese. Ditawarkan toppingnya memakai kentang kukus seperti pastel tutup langsung oke aja. Karena sekeluarga penggemar makutel, jadi harus dilebihkan donk adonannya. Jatah untuk keluarga harus tetap ada hihihi, nebeng takjil ini mah namanya. Ternyata oh ternyata kentang kukusnya cuma sisa sedikit, jadinya gak lapisannya gak bisa tebal bahkan tidak bisa menutupi seluruh permukaan makutel ini. It's oke yaa...yang penting untuk customer dulu deh, buat keluarga lain kali bisa bikin lagi kan.





Resepnya bisa memakai resep makutel favorit masing-masing. Untung topping kentangnya bisa dibuat seperti halnya kita membuat pastel tutup. Berikut ini resepnya...

MAKUTEL LAPIS KENTANG

Bahan Makutel :
200 gr macaronie, rebus hingga al dente
1 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
150 gr daging giling
5 sosis iris tipis
400 ml susu cair
75 gr keju cheddar parut
4 butir telur ukuran sedang
 1 sdt oregano
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak

Bahan Lapisan Kentang
400 gr kentang, kukus dan haluskan
2 sdm susu bubuk full cream
2 butir kuning telur kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
(campur dan aduk rata semua bahan)

Topping :
1 butir kuning telur kocok lepas (untuk olesan)
keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan daging giling dan sosis, aduk hingga berubah warna.
- Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk, masukkan keju parut dan macaroni rebus.
- Bumbui dengan garam, merica dan gula pasir. Masak hingga meletup-letup.
- Matikan api dan biarkan hangat.
- Kocok lepas telur dan masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk rata.
- Masukkan oregano, aduk rata.
- Tuang ke dalam pinggan tahan panas (bisa juga memakai alufoil) hingga setengah penuh, oven suhu 170'C hingga setengah matang. Kurang lebih selama 20 menit.
- Angkat dan biarkan hangat kemudian lapisi dengan kentang kukus hingga seluruh permukaan tertutupi.
- Oles dengan kuning telur dan taburi dengan keju cheddar parut bila suka.
- Oven kembali selama kurang lebih 20-30 menit atau hingga matang.
- Angkat dan siap disajikan.

Monggo dicobain ^_^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »