KROKET KENTANG



Ini takjil hari apa ya?? Udah lupa saking malesnya ngedit-ngedit foto dari kamera. Selain males ngedit, belakangan juga lagi males jepret-jepret hasil dapur. Gimana gak males, rasanya kaya udah gak ada ide lagi mau difoto model gimana hihihihi. 
Kebetulan waktu itu pengen banget kroket kentang buatan sendiri. Dibelain deh siang-siang uprek mulai dari bikin kulit dan isiannya. Begitu jadi...udah keburu sore dan harus segera ke rumah Mama, sambil bawa kroket hangat tentunya. Sebelum berangkat liat kamera, disempetin lah jepret-jepret sebentar, asal ada dokumentasi aja deh :D

Kroket kentang ini memang salah satu favoritku. Bisa memakai isian sesuai selera. Kali ini aku membuat isian ragout ayam plus wortel. Kalau dulu malah pernah bikin kroket mozarella, yaitu kroket kentang yang cuma diberi isian keju mozarella. Pokoknya memanfaatkan aja bahan-bahan yang kita punya. Karena kali ini pengen bikin isian ragout, jadi dibelain juga deh bikin ragout. 




KROKET KENTANG 

Bahan Kulit :
500 gr kentang
2 sdm susu bubuk 
1 butir kuning telur
garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Bahan Pelapis :
3 butir telur, kocok lepas (aku pakai putih telur)
tepung panir secukupnya

Isian :
ragout ayam wortel
(resepnya bisa dilihat disini ya)

Cara Membuat :
- Cuci bersih kentang dan potong-potong, kemudian kukus hingga lunak.
- Goreng sebentar kentang yang sudah dikukus tersebut, dengan tujuan untuk mengurangi kadar air dalam kentang. Angkat dan tiriskan.
- Panas-panas haluskan kentang kemudian biarkan hangat.
- Campur kentang dengan susu bubuk, kuning telur, garam, merica dan gula pasir. Aduk hingga rata.
- Ambil adonan kentang secukupnya, pipihkan dan beri isian ragout. Tutup rapat dan bentuk memanjang (bentuk bulat juga boleh). Lakukan hingga habis.
- Celupkan kroket ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir hingga rata.
- Masukkan ke dalam lemari es agar panir menempel sempurna, kurang lebih selama 30-60 menit.
- Panaskan minyak, goreng kroket hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.
- Sajikan dengan saus sambal atau cabe rawit.

Notes :
Kentang yang sudah dikukus lebih baik digoreng sebentar agar kadar air kentang berkurang. Kadar air kentang yang berlebihan dapat mengakibatkan kroket meletus ketika digoreng.



Tuuh kan, fotonya bener-bener seadanya. Jangankan cabe rawit, sambal botol aja kelupaan tuh hihihihi. Harap maklum yaaa 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==