KASTENGEL AMBROSIA



My kastengel Ambrosia ^_^  Kenapa dinamakan kastengel Ambrosia dan apa bedanya dengan kastengel lainnya? Sebenarnya ini adalah kastengel klasik biasa, tapi resepnya aku dapatkan dari Blog cantik Ambrosia milik mbak Anne Vijaya, jadi kunamakan kastengel Ambrosia aja ya.
Biasanya aku selalu membuat kastengel yang versi eggless atau tanpa telur, resepnya dulu sudah pernah kuposting disini ya. Dalam resepnya kastengel Ambrosia ini memakai kuning telur, jadi gak ada salahnya donk untuk dicoba.

Bermula dari obrolan dengan mbak cantik Eka Purwantiningsih beberapa waktu yang lalu. Katanya sih kastengel Ambrosia ini kesukaan customernya. Pastinya enak ya, jadi memang harus dicoba bikin. Menurut mbak Anne, resep ini adalah kastengel ala Anchor. Resep aslinya, memakai full keju parmesan. Karena gak punya parmesan, aku memakai full keju edam pada adonannya dan untuk toppingnya memakai keju cheddar biasa. Resep aslinya silahkan dilihat disini.




KASTENGEL AMBROSIA

Bahan :
25 gr margarin
150 gr butter
2 butir kuning telur
125 gr keju edam, parut
225 gr tepung terigu protein sedang
keju cheddar parut untuk taburan secukupnya

Bahan Olesan :
2 butir kuning telur + 1 sdt margarin
(campur dan aduk rata)

Cara Membuat :
- Kocok butter, margarin dan kuning telur hingga sedikit mengembang (sebentar aja ya).
- Masukkan terigu dan keju edam sedikit demi sedikit sambil diaduk rata menggunakan spatula.
- Gilas adonan menggunakan rolling pin dan cetak sesuai selera.
- Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin, beri olesan dan taburi keju cheddar parut.
- Panggang dalam oven bersuhu 160'C selama 20-30 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan di atas colling rack baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.



Ketika dipanggang, aroma harumnya udah menyebar kemana-mana. Rasanya...jelas ngeju banget. Enak deh. Monggo untuk yang pengen nyobain juga, siapa tau bisa jadi alternatif resep kastengel. Kalau di rumahku, kastengel ini wajib ada saat lebaran, jadi diusahakan untuk bikin kastengel seenak mungkin. Next time dicobain juga yang versi full parmesan atau mix parmesan-edam. Kayanya sama enaknya deh ^_^

Kastengel yang menggunakan kuning telur tentunya berbeda tekstur dengan yang tanpa kuning telur. Kastengel ini cocok untuk yang menyukai kastengel yang empuk, sedangkan kastengel tanpa telur pasti disukai oleh yang menyukai kastengel yang renyah. Jadi...mau pakai resep yang mana hayoo??




close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==