KASTENGEL AMBROSIA



My kastengel Ambrosia ^_^  Kenapa dinamakan kastengel Ambrosia dan apa bedanya dengan kastengel lainnya? Sebenarnya ini adalah kastengel klasik biasa, tapi resepnya aku dapatkan dari Blog cantik Ambrosia milik mbak Anne Vijaya, jadi kunamakan kastengel Ambrosia aja ya.
Biasanya aku selalu membuat kastengel yang versi eggless atau tanpa telur, resepnya dulu sudah pernah kuposting disini ya. Dalam resepnya kastengel Ambrosia ini memakai kuning telur, jadi gak ada salahnya donk untuk dicoba.

Bermula dari obrolan dengan mbak cantik Eka Purwantiningsih beberapa waktu yang lalu. Katanya sih kastengel Ambrosia ini kesukaan customernya. Pastinya enak ya, jadi memang harus dicoba bikin. Menurut mbak Anne, resep ini adalah kastengel ala Anchor. Resep aslinya, memakai full keju parmesan. Karena gak punya parmesan, aku memakai full keju edam pada adonannya dan untuk toppingnya memakai keju cheddar biasa. Resep aslinya silahkan dilihat disini.




KASTENGEL AMBROSIA

Bahan :
25 gr margarin
150 gr butter
2 butir kuning telur
125 gr keju edam, parut
225 gr tepung terigu protein sedang
keju cheddar parut untuk taburan secukupnya

Bahan Olesan :
2 butir kuning telur + 1 sdt margarin
(campur dan aduk rata)

Cara Membuat :
- Kocok butter, margarin dan kuning telur hingga sedikit mengembang (sebentar aja ya).
- Masukkan terigu dan keju edam sedikit demi sedikit sambil diaduk rata menggunakan spatula.
- Gilas adonan menggunakan rolling pin dan cetak sesuai selera.
- Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin, beri olesan dan taburi keju cheddar parut.
- Panggang dalam oven bersuhu 160'C selama 20-30 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan di atas colling rack baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.



Ketika dipanggang, aroma harumnya udah menyebar kemana-mana. Rasanya...jelas ngeju banget. Enak deh. Monggo untuk yang pengen nyobain juga, siapa tau bisa jadi alternatif resep kastengel. Kalau di rumahku, kastengel ini wajib ada saat lebaran, jadi diusahakan untuk bikin kastengel seenak mungkin. Next time dicobain juga yang versi full parmesan atau mix parmesan-edam. Kayanya sama enaknya deh ^_^

Kastengel yang menggunakan kuning telur tentunya berbeda tekstur dengan yang tanpa kuning telur. Kastengel ini cocok untuk yang menyukai kastengel yang empuk, sedangkan kastengel tanpa telur pasti disukai oleh yang menyukai kastengel yang renyah. Jadi...mau pakai resep yang mana hayoo??




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

26 komentar

komentar
Saturday, 13 July 2013 at 18:58:00 GMT+7 delete

Mba nina rajin banget yaaaa stp hari ada aja yang baru..... keren 2 lg top deh

Reply
avatar
Monday, 15 July 2013 at 23:10:00 GMT+7 delete

hihihihi...aslinya gak rajin lho mbak Isna, kadang nih foto sampai numpuk2 belum keedit ^_^
Nuhuuun ya mbak cantik

Reply
avatar
viola
Friday, 17 January 2014 at 05:43:00 GMT+7 delete

Kok terlalu lembut yaa resepnyaa... Mudah hancur :(

Reply
avatar
Tuesday, 21 January 2014 at 13:41:00 GMT+7 delete

menurut saya pas mbak, mungkin terlalu lama ngocoknya

Reply
avatar
Sunday, 23 February 2014 at 22:41:00 GMT+7 delete

hai mba nina..
kalo ga pakai keju edam bisa pakai keju cheddar ga? takaran penggantinya berapa ya mba?

dan untuk 1 resep ini jadi berapa toples ya kalo utk ukuran 500gr?

Reply
avatar
Monday, 24 February 2014 at 21:17:00 GMT+7 delete

Bisa mbak, cuma hasilnya beda ya, lebih ngeju yang pakai edam. Takarannya sama aja dengan takaran edam. Ini satu resep jadinya gak sampai 2 toples seingatku mbak

Reply
avatar
Wednesday, 7 May 2014 at 19:55:00 GMT+7 delete

Klo kuning telur nya 1 utk.1 resep kira2 tetep renyah? ..sya lebih suka yg keju banget dan renyah..

Reply
avatar
Wednesday, 7 May 2014 at 22:19:00 GMT+7 delete

kalau suka kastengel yang renyah bisa pakai resep eggless kastengel mbak. Tambahkan parmesan biar tambah ngeju

Reply
avatar
Saturday, 28 June 2014 at 11:53:00 GMT+7 delete

Mba nina kalau mengocok sebentar kira kira berapa menit ya? Aku biasanya sampai 15 menit apakah terlalu lama ?

Reply
avatar
Wednesday, 2 July 2014 at 17:18:00 GMT+7 delete

kelamaan mbak, cukup 2-3 menit aja asal tercampur rata

Reply
avatar
Thursday, 17 July 2014 at 10:51:00 GMT+7 delete

Mbak nina... makasaih resepnya saya sudah saya praktekin dgn sedikit modif n hasilnya baru 2 hari dah habis 1 toples sama suami katanya enakkk... senangnya

Reply
avatar
Monday, 11 May 2015 at 09:29:00 GMT+7 delete

Mbak Nina kmr aku coba yang eggless tp kata misua rasanya beda sm spt yg aku buat ... Akhirnya aku buat lg yg pakai kuning telur dan adu tambah pakai maizena sipaya kriusss kriuussss gitu mbak.. Kita2 supaya kokoh dan kriuussss kriuuusss apa sudah bener aku pakai maizena mbak ? Mksh mbak

Reply
avatar
Wednesday, 13 May 2015 at 20:58:00 GMT+7 delete

Halo mbak Nia, eggless kastengel memang beda teksturnya dengan yang memakai telur, ya itu bedanya jadi lebih kriuk.
Sudah benar, kalau pengen kastengel yang ngeprul tapi ada kriuknya bisa ditambahkan maizena

Reply
avatar
Wednesday, 17 June 2015 at 08:16:00 GMT+7 delete

Mks ya...meskipun baru mo coba manfaat bgt buat pemula ky saya..tq mba nina

Reply
avatar
Wednesday, 17 June 2015 at 21:19:00 GMT+7 delete

Mba mo tanya klo kastengel dalamnya msh basah knapa yah? Luarnya kering aja ko dan api oven ku set kecil

Reply
avatar
Wednesday, 17 June 2015 at 21:20:00 GMT+7 delete

Mba kalo kastengel dalamanya msh basah knp ya? Api oven ku set kecil aja..manggangnya jg lama..tp ko ttp basah

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 07:14:00 GMT+7 delete

Mbak Gita, berarti memang belum matang. Jangan berpatokan waktu pada resep ya karena karakter masing-masing oven beda

Reply
avatar
Anonymous
Sunday, 28 June 2015 at 16:34:00 GMT+7 delete

Saia bikin ini 2x.yg pertama full butter sukses berat.sesuai yg dipengenin.eh yg pas kedua campur margarin..gagal maning deh..gak mateng2 dlmnya sampe gosong...hiks

Reply
avatar
Monday, 29 June 2015 at 11:34:00 GMT+7 delete

Mbak Nina mau Tanya, kalo pake oven tangkring untuk kue kering, apa perlu dibawah rak paling bawah itu dikasih pasir? Makasih mbak

Reply
avatar
Monday, 29 June 2015 at 11:36:00 GMT+7 delete

Mbak Nina mau Tanya, kalo pake oven tangkring buat kue kering itu, apakah perlu dibawah rak paling bawah dikasih pasir? Makasih mbak

Reply
avatar
Monday, 29 June 2015 at 11:36:00 GMT+7 delete

Mbak Nina mau Tanya, kalo pake oven tangkring untuk kue kering, apa perlu dibawah rak paling bawah itu dikasih pasir? Makasih mbak

Reply
avatar
Sunday, 5 July 2015 at 20:09:00 GMT+7 delete

Mbak Rina...sebenarnya tergantung masing2 oven juga. dulu waktu masih pake otang untuk bikin kue kering, saya gak pernah kasih pasir karna panas oven saya sudah cukup rata

Reply
avatar
Thursday, 9 July 2015 at 11:02:00 GMT+7 delete

Hallo mbk klo nggak pakek butter pakek margarin aja takarannya jadi berapa ya ? Makasii

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 13 July 2015 at 22:41:00 GMT+7 delete

Mbak, kalau pakai maizena perbandingan dgn tepung terigunya gimana ya?

Reply
avatar
Thursday, 24 December 2015 at 07:54:00 GMT+7 delete

Mba maaf aku ikutan jawab,he....
Klo dari pengalaman aku itu yg bikin masih basah dlm nya kuning telor,jd mba ganti dgn kuning telor yg sudah di rebus,lalu hancurkan gilas sampai rata,dan masukkan ke adonan,di jamin dlm nya kering,dan rasanya pun enak

Reply
avatar